Adsense

Tips Mudah Mematikan Komputer Menggunakan Notepad Windows

Saat menggunakan komputer atau laptop berbasis Windows, maka akan ditemukan aplikasi yang berlogo buku catatan atau lebih dikenal dengan nama notepad, satu perangkat lunak dari Windows yang sudah mulai digunakan sejak Windows versi 1.0 di tahun 1985.

Aplikasi ini bisa dibilang sangat simple namun jarang digunakan. Padahal, ada banyak hal yang ternyata sangat terbantu dengan notepad ini dalam menyelesaikan pekerjaan, karena aplikasi default dari OS Windows ini memiliki multi fungsi, dari membuat catatan kecil, edit text, hingga menyimpan data coding sederhana berbentuk HTML.

Pernahkah Anda merasakan enggan atau malas untuk mematikan labtop atau komputer? Pasti pernah ya? Banyak fakta yang terjadi, orang selesai mengerjakan tugas kantor atau tugas kampus, komputer akan dibiarkan saja dalam keadaan hidup (on), padahal ada cara yang lebih praktis untuk membuat komputer Anda mati sesuai dengan waktu yang diinginkan dengan sekali klik.

Cara praktis ini menggunakan Aplikasi Notepad bawaan windows, mematikan perangkat komputer atau labtop dengan sekali klik. Kita dapat meng-otomatisasi proses shutdown komputer dengan perintah sederhana Windows di dalam Notepad. Teknik ini bisa menghemat beberapa langkah dalam mematikan komputer.

Bagaimana caranya? Ikuti Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka Notepad. Untuk menemukan Notepad dengan mengklik menu Start, lalu memilih "Programs" → "Accessories / Windows Accessories" → "Notepad". Bisa juga dengan cara mengetikkan notepad di kolom pencarian yang ada menu Start, lalu tekan Enter.
  2. Setelah Notepad terbuka, ketikkan perintah untuk mematikan computer

    .shutdown.exe -s

  3. Tambahkan timer dengan menggunakan flag -t. Secara default, proses mematikan computer tanpa tanda -t, akan menunda proses matinya komputer selama 30 detik. Timer ini bisa diubah dengan menambahkan flag -t, diikuti dengan lamanya waktu yang diinginkan.

    Contoh : Untuk membuat perintah shutdown dengan durasi waktu 60 detik, maka ketikkan :

    shutdown.exe -s -t 60
    .
    Untuk membuat perintah shutdown komputer dengan segera, maka ketikkan

    shutdown.exe -s -t 00

  4. Jika ingin menambahkan pesan yang dipersonalisasi ke pemberitahuan saat komputer shutdown, maka gunakan flag -c, lalu tambahkan pesan atau komentar yang akan ditampilkan. Pesan atau komentar harus diapit atau diisi diantara tanda kutip, maka menjadi

    shutdown.exe -s -t 60 -c "pesan"

    Contoh : Pesan yang diinginkan tampil saat shutdown komputer :

    shutdown.exe -s -t 60 -c “Komputer akan mati dalam waktu 60 detik. Selamat beristirahat”

  5. Klik "File" dan pilih "Save As". File harus disimpan sebagai file batch, yang dapat dieksekusi Windows untuk menjalankan perintah shutdown, maka harus disimpan dengan ekstention .bat, Contoh : shutdown.bat
  6. Selanjutnya mengubah jenis file, dengan cara klik menu drop-down “Save as type” dan pilih “All Files”;
  7. Simpan file di desktop. File otomatisasi shutdown computer dengan ekstensi .bat telah siap digunakan. Tampil dengan ikon yang berbeda dari file teks biasa.
  8. Jalankan file bat yang telah dibuat untuk menjalankan proses shutdown. Komputer akan shutdown sesuai dengan durasi waktu yang ditentukan. Ingat, sebelum menjalankan utilitas shutdown ini, pastikan semua dokumen atau file yang Anda kerjakan telah disimpan.

Update : 20 September 2016


Mematikan Komputer dan menampilkan pesan saat shutdown dengan menggunakan Notepad windows, boleh juga menggunakan kode sebagai berikut :

@echo off

msg * Computer will now shut down

shutdown -c “Selamat Istirahat.” –s

Simpan file dengan ekstensi .bat, contoh : "Shutdown.bat". Tutup Notepad, kemudian buka kembali untuk menjalankan otomatisasi shutdown.

Demikian tips singkat cara membuat file bat shutdown computer secara otomatis dengan menggunakan aplikasi Notepad bawaan Windows. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar