Kumpulan Cerita Dongeng Anak : Si Kancil Yang Usil Dan Pembohong Besar

Tags

Pada suatu hari di padang rumput yang terhampar hijau oleh rerumputan, hiduplah seekor kancil. Ia sangat gemar menjahili dan usil terhadap binatang lain.

Tidak hanya itu, sikancil juga sangat suka berbohong, bahkan akibat kebohongannya itu banyak binatang binatang penghuni padang rumput celaka dibuatnya.

Pada suatu hari si kancil berjalan jalan untuk mencari korban kesenangannya. Ia melihat segerombolan kawanan rusa yang sedang makan rumput.

Melihat kawanan rusa itu mulai niat jahatnya untuk menjahili.



"Nah, ada kumpulan rusa disana, aku akan kerjai pak rusa, tapi bagaimana caranya ya?" si kancil mulai berfikir keras dan tak lama kemudian muncul lah ide jahil di kepala si kancil.

"Ha.. ha.. ha... aku buat panik saja mereka dan pasti mereka akan lari saling bertubrukan karena ketakutan... ha.. ha.. ha..." benak si kancil.

Dan si kancil pun mulai melaksanankan ide nakalnya untuk mengerjai kawanan rusa. Ia mulai berlari menghampiri kawanan rusa itu dengan sembari berteriak " lari... lari... lari pak rusa... ada singa sedang mengamuk..."

Seketika itu juga kawanan rusa lari berhamburan tak beraturan, sampai ada salah satu anak rusa yang terjatuh kejurang.

Si kancil terlihat merasa puas melihat kawanan rusa lari terbirit birit.

Setelah menjahili kawanan rusa si kancil pun melanjutkan perjalanan kembali sembari mencari cari korban lainnya di padang rumput.

Tak lama Ia melihat keluarga pak kerbau dari arah kejauhan. Dan si kancil pun melakukan hal sama seperti apa yang diperbuatnya kepada kawanan rusa.

"Lari... cepat lari... lari pak kerbau, ada singa mengamuk," teriak si kancil sambil berlari.

Dan sontak saja kerbau kerbau pun berlarian, sampai ada salah satu kerbau betina yang sedang hamil mengalami keguguran. Duka si kerbau telah menjadi suka cita bagi si kancil yang nakal.

Pada hari berikutnya pak rusa bertemu dengan pak kerbau, mereka berdua menceritakan kejadian yang mereka alami saat kemarin.

Selagi mereka bercerita membahas kejadian yang mereka alami kemarin, yang disebsbkan oleh ulah si kancil. Tiba tiba terdengar suara teriakan si kancil dari arah kejauhan meminta tolong.

"Tolong .. tolong .. tolong aku, aku dikejar pak singa, tolong .. pak singa mengamuk," teriak si kancil meminta tolong.

Tapi semua binatang binatang di padang rumput itu sudah tidak perduli lagi dengan si kancil, karena mereka sering di jahili dan dibohongi olehnya.

Dan dengan sekuat tenaga si kancil berusaha berlari menghindar dari kejaran pak singa yang sedang lapar.

Akan tetapi apalah daya, singa berlari lebih cepat dari si kancil. Dan akhirnya si kancil pun disergap dan dilahap oleh singa.



Pesan Moral :
Jangan suka jahil, usil dan berbohong kepada orang lain. Kalau suka berbohong nanti yang rugi diri kita sendiri.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon