Kenali Penyebab Anak Susah Tidur Setiap Malam dan 5 Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Seringkali anak susah tidur malam, atau terbangun di malam hari saat Ibu sudah terlelap. Hal ini harus diatasi, karena anak-anak butuh waktu tidur yang cukup agar tumbuh kembang otaknya lebih optimal. Setidaknya, anak butuh 12 jam tidur sehari.

Anak susah tidur malam tentu mengkhawatirkan. Apalagi bila ia jadi rewel dan menangis sepanjang malam. Kurang tidur bisa menyebabkan perkembangan emosionalnya terganggu. Karena itu, perlu diketahui apa penyebab anak susah tidur malam. Berikut ulasannya seperti dilansir sahabatnestle :



1. Lapar

Pertumbuhan tubuh anak sangat pesat, baik fisik maupun emosionalnya. Karena itu, otaknya membutuhkan lebih banyak glukosa daripada orang dewasa. Glukosa ini didapatkan dari makanan-makanan yang berkarbohidrat. Jadi, bila anak susah tidur malam bisa jadi itu karena ia merasa lapar. Solusinya, berikan asupan makanan bergizi tinggi dan lengkapi dengan susu sebelum tidur. Bisa juga ditambah dengan camilan bergizi seperti roti gandum atau yogurt. Bila laparnya teratasi, tidak lagi anak susah tidur malam.


2. Mimpi Buruk

Anak-anak memiliki daya imajinatif yang tinggi, sehingga apa yang ia lakukan seharian mudah menempel di otaknya. Bisa dari tontonan atau bacaan. Bila anak sering menonton film-film seram atau bacaan yang penuh karakter monster, bisa jadi terbawa mimpi dan membuat anak susah tidur malam karena takut. Yang bisa Ibu lakukan adalah menjelaskan padanya bahwa semua itu tidak nyata, dan kurangi tontonan dan bacaan yang menyeramkan terutama sebelum tidur. Bila masih takut, bisa temani anak sebelum tidur lalu perlahan-lahan biasakan ia tidur sendiri.


3. Gelisah

Merasa gelisah atau cemas juga bisa jadi penyebab anak susah tidur malam. Bisa jadi ia gelisah karena tidak mengerti pekerjaan rumah yang diberikan sekolah, atau takut dimarahi Ibu. Solusinya, ajak anak berbicara mengenai ketakutannya dan apa yang membuatnya gelisah. Yakinkan pada si kecil bahwa Ibu akan selalu ada di sampingnya, sehingga ia tidak perlu takut. Berikan pelukan agar rasa gelisahnya hilang dan ia tidak lagi sulit tidur malam.


4. Kelelahan

Terlalu banyak aktifitas di siang hari juga bisa membuat anak susah tidur malam. Pastikan anak mendapat tidur siang untuk mencukupkan energinya di siang hari dan agar ia tidak susah tidur malam. Lakukan rutinitas agar anak terbiasa untuk tidur tepat waktu di malam hari.


5. Gangguan Kesehatan

Kadangkala anak susah tidur malam karena gangguan kesehatan, misalnya pada sistem pernapasan. Bila saluran pernapasannya terganggu, anak akan sulit bernapas sehingga membuatnya tidak bisa tidur. Bisa juga karena alergi, seperti alergi debu atau dingin yang menyebabkannya sulit tidur. Periksakan pada dokter bila anak sering mengeluh tidak bisa tidur di malam hari.


6. Menonton TV atau Main Games Sebelum Tidur

Anak susah tidur malam biasanya juga bisa karena terekspos pada televisi atau video games sebelum tidur. Tayangan tv atau permainan di komputer bisa membuatnya lupa waktu dan lupa bahwa sudah waktunya tidur. Berikan si kecil batasan waktu untuk menonton tv atau main games agar ia mendapatkan tidur yang cukup.


5 Kiat Hindari Anak Susah Tidur Malam

Anak yang cerdas dan aktif adalah anak yang mendapat asupan gizi tinggi serta istirahat yang cukup. Pola tidur malam yang teratur penting bagi anak-anak karena kecerdasan otaknya berkembang optimal ketika si kecil sedang tidur. Anak susah tidur malam cenderung lebih lambat perkembangannya daripada anak-anak yang memiliki waktu tidur cukup.

Penelitian dari University of London, menyatakan bahwa untuk menghindari anak susah tidur malam, perlu dilakukan rutinitas yang teratur agar pola kesehariannya tertata. Anak yang tidurnya teratur, merefleksikan kehidupan sehari-harinya yang juga teratur dan bisa meningkatkan kemampuan sosial dan kognitifnya.

Agar anak mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, ada kiat-kiatnya. Simak berikut ini:


1. Jadwal Tidur Teratur

Untuk menghindari anak susah tidur malam, buatlah jadwal tidur yang teratur untuknya. Misalnya pada siang hari pukul berapa ia tidur siang dan begitu juga untuk tidur malam. Rutinitas yang konsisten membantunya terbiasa untuk tidur malam.


2. Buat Rutinitas yang Menyenangkan

Agar anak mau cepat tidur, buatlah rutinitas tidur yang menyenangkan untuknya. Bisa dimulai dengan menyikat gigi bersama Ayah dan Ibu, lalu dilanjutkan dengan mencuci tangan dan kaki. Sebelum tidur, bacakan cerita pengantar tidur untuk membuat si kecil lebih rileks. Tutup dengan lagu yang lembut dan matikan lampu. Lakukan kebiasaan ini sehingga tidak lagi anak susah tidur malam.


3. Kamar yang Nyaman

Anak susah tidur malam biasanya karena lingkungan sekitarnya tidak mendukung untuknya lelap lebih cepat. Pastikan kamar anak nyaman agar ia bisa tidur dengan nyaman. Kamar anak-anak sebaiknya diwarnai dengan warna-warna lembut agar matanya bisa beristirahat. Lampu kamar sebaiknya tidak terlalu terang untuk membantunya beristirahat. Pastikan tempat tidurnya hangat dan seprai yang digunakan tidak kotor dan bau. Pakaikan piyama yang nyaman dan lembut untuk tidur yang lebih berkualitas.


4. Asupan Bergizi Sebelum Tidur

Kadangkala anak susah tidur malam karena ia lapar. Anak-anak memang membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak daripada orang dewasa. Sebelum tidur, cukupkan asupan makanan anak dengan makanan yang bergizi dan lengkapi dengan susu. Bila anak masih lapar, berikan camilan yang sehat.


5. Matikan Lampu dan Alat Elektronik

Nyala lampu dan alat-alat elektronik seperti televisi dan komputer bisa membuat anak susah tidur malam. Matanya terganggu oleh nyala lampu dan alat-alat elektronik tersebut. Matikan lampu atau nyalakan lampu yang lebih temaram di waktu tidur, serta pastikan semua gadget dan alat-alat elektronik di kamarnya tidak menyala saat ia tidur.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orang tua yang sering mengalami kesulitan saat mengatasi anak yang susah tidur malam.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon