12 April 2009

SERBA - SERBI PEMILU 2009

Pemilihan Umum Anggota Legislatif sudah berlalu dan meninggalkan kenangan - kenangan yang tak akan mungkin dilupakan begitu saja. Baik bagi Caleg yang sudah dipastikan mendapatkan kursi empuk, apalagi bagi Caleg yang mission failed, pasti tahun ini dirasakan bagai neraka yang membara. Pelaksanaan Pemilu 2009 banyak meninggalkan kenangan bagi rakyat indonesia karena sistemnya yang baru yakni contreng - mencontreng, Rakyat pun mendapatkan Pengalaman baru, pengetahuan baru, informasi baru, hal - hal baru yang unik dan terkadang aneh. Sebagiannya aku rangkum dari berbagai sumber dan di artikelkan dalam Serba Serbi Pemilu 2009 ini.


Review Baligho Kontestan Pemilu

Pengen lihat kembali seperti apa para Caleg menyampaikan pesan - pesan kepada masyarakat lewat baligho? Silahkan kunjungi situs http://janganbikinmalu2009.com. Banyak ragam deh gaya mereka (Caleg, red) dalam menyampaikan visi misi demi memenangkan simpati masyarakat. Khusus, warga DKI, daftar janji calegnya dapat langsung di download di situs tersebut. Silahkan klik di sini untuk download.

Siapa Caleg Tertua??

Caleg (DPR) tertua sesuai dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) adalah Kustan Basri dari Partai Golkar. Mantan rektor Universitas Lambung Mangkurat ini dilahirkan 17 Agustus 1935 atau berusia 73 tahun. Kustan masuk dalam no urut 5 Dapil Kalsel I. Setelah Kustan ada Sabam Sirait dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) yang lahir 13 Oktober 1936. Sabam Sirait berlaga di Dapil Kalimantan Tengah.

Parpol bercaleg terbanyak

Partai Demokrat (PD) menjadi parpol yang memiliki Daftar Caleg Tetap (DCT) terbanyak pada Pemilu 2009. Jumlah DCT PD sebanyak 666 caleg. Jumlah ini lebih besar dibanding 2 partai kawakan Golkar (638) dan PDIP (628).

Siapa Caleg Paling Intelek?

Caleg Partai Damai Sejahtera, Nomor Urur 4 Dapil 3 DKI Jakarta. Bernama lengkap Drs. Aggi Tjetje, SKed, SH, SS, SE, SIP, MA, MM, CAAE. Wah.. semua titel diborong. bagi-bagi dong pak.. hiecckkss. Pria kelahiran Balikpapan Kalimantan Timur ini selain caleg dari PDS, berprofesi sebagai Rektor / Penasihat Hukum / Konsultan Bisnis / Ketua Yayasan / Ketua Koperasi / Pimpinan Perusahaan. Ngga percaya? Silahkan Anda kunjungi situsnya di http://www.aggytjetje.com/

Caleg Modal terkecil

Hanya bermodalkan 10 Juta untuk kampanye. Mulai hanya memilih titik tertentu untuk memasang poster dan spanduk, sampai berdialog dengan masyarakat daerah tempatnya menjadi Caleg. Tapi siapa yang ngga kenal Tere, Artis negeri ini, Caleg nomor 3 Jawa Barat untuk wilayah Bandung dan Bandung Barat dari partai Demokrat.

Pemilu di Bandung pakai Bilik Kardus

Ini adalah sebuah sejarah baru bagi pemilu Indonesia. Gagal mengadakan bilik suara yang layak, KPU Jawa Barat akan menyiasati dengan membuat bilik karton. Anehnya lagi, lembaga yang menguras uang negara untuk hajatan ini membebankan pembuatan bilik kardus ini kepada masyarakat.

Pria Bangladesh Masuk dalam DPT Pemilu 2009

Meski berstatus sebagai warna negara asing (WNA), Mohammad Tobi (32), pria asal Bangladesh bisa masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Bahkan sejak tahun 2004 lalu, dia sudah ikut memilih para pemimpin di Indonesia, seperti pemilihan presiden atau gubernur Jawa Timur. Laki-laki yang tinggal selama enam tahun di Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang itu bisa masuk dalam DPT karena mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jember. Lalu bagiamana Tobi bisa mengantongi KTP? Tobi mengaku mendapatkan KTP sejak tahun 2002 lalu

Benarkah Pemilu ini tolol?

Fakta dari sebuah 'kepedulian' yang benar - benar tolol. Siapa sih sebenarnya yang tolol. Klik satu kali di gambarnya untuk memperbesar dan klik dua kali untuk memperkecil kembali gambarnya.


Pemilihan kali ini adalah pemilihan secara cerdas dengan menggunakan sistem centang atau contreng. Bayangkan keterbelakangan bangsa ini. Dari seluruh dunia tinggal dua negara yang menggunakan sistem coblos dalam pemilihan umum, yakni Kamboja dan Indonesia. Maukah Anda di katakan bangsa yang terbelakang?

Contreng Berhadiah

Klik satu kali di gambarnya untuk memperbesar dan klik dua kali untuk memperkecil kembali gambarnya


Fakta dari sebagian rakyat indonesia yang nuraninya hancur. Kreatif sih kreatif.. Tapi kalo di tunggangi oleh para kontestan pemilu atau celah ini di masuki oleh para caleg gimana? Sanki Money Politic sangat jelas. Sanksinya diatur dalam pasal 274 UU Pemilu No 10 Tahun 2008. Bagi pelakunya diancam hukuman pidana minimal enam bulan dan maksimal 24 bulan, ditambah membayar denda maksimal enam juta rupiah.

Jadwal Agenda KPU selanjutnya

AGENDATANGGAL
Penetapan hasil pemilu19 April 2009 (KPU Kab/Kota), 24 April 2009 (KPU Provinsi), 9 Mei 2009 (KPU)
Pengajuan permohonan pembatalan hasil perolehan suara ke mahkamah konstitusi10 - 12 Mei 2009
Penetapan perolehan kursi15 - 17 Mei 2009 (DPRD Kab/Kota), 17 - 18 Mei 2009 (DPRD Provinsi), 19 - 20 Mei 2009 (DPR dan DPD)
Penetapan perolehan kursi15 - 17 Mei 2009 (DPRD Kab/Kota), 17 - 18 Mei 2009 (DPRD Provinsi), 19 - 20 Mei 2009 (DPR dan DPD)
Penetapan dan pengumuman calon terpilih17 - 18 Mei 2009 (DPRD Kab/Kota), 19 - 20 Mei 2009 (DPRD Provinsi), 21 - 24 Mei 2009 (DPR dan DPD)
Pemberitahuan kepada calon terpilih19 - 24 Mei 2009 (DPRD Kab/Kota), 21 - 28 Mei 2009 (DPRD Provinsi), 25 Mei - 4 Juni 2009 (DPR dan DPD)
Peresmian keanggotaanJuni 2009 (DPRD Kab/Kota), Juli, Agustus 2009 (DPRD Provinsi), September 2009 (DPR dan DPD)
Pengucapan sumpah / janjiJuli 2009 (DPRD Kab/Kota), Agustus 2009 (DPRD Provinsi), 1 Oktober 2009 (DPR dan DPD)


Quickcount Hasil Pemilu 2009

Pengen memantau hasil pemilu 9 April 2009 terupdate? silahkan Anda kunjungi situs - situs berikut. Klik banner - banner di bawah ini







upppsss...!! wah.. jadi kayak reporter nih.. Segala macam diberitakan dalam artikel gado - gado. . Dengan harapan semoga ini bermanfaat. Sorry, kalo ngga sempat menyertakan link - link berita. Langsung ketutup deh, jadi lupa ambil URL nya. yang pasti dari Paman Google nih.. Anda memiliki kabar terbaru dan terunik seputar pelaksanaan pemilu kemarin.. Silahkan berbagi disini. Aku tunggu ya..?

53 komentar:

Wah...wah..
Mantap nih tulisannya....
Tapi emang sih,
PEMILU tahun ini kurang efektif...
Terlalu banyak yang dipilih dan terlalu besar surat suaranya...
Bikin pusing...
Hehe

udah di back link bro..
tengs ya..
cek ajah.. :)

To : Wildan
siiippppp.. cek di sini ya..?

Wah lengkap banget bro...
Ternyata ada caleg umur 73 tahun, dan ada yg gelarnya seabrek. Luar biasa

Pondokku

Full banget Mas ifoell tulisannya...

Fakta 2 yang menarik yaa...baru tahu lho...

Thaks to share...!

Mo interupsi nih...ada caleg dari parpol tertentu yg nggak pake modal sendiri lho...alias gratis yang penting orangnya kompatibel...!

wah kalau tere sih dia udah terkenal, jadi gak usah repot2 masang spanduk :D,, btw dia masuk legislatif gak ya kang ?

Kalau aja ada caleg membela komunitas blogger, pasti gue pilih...

keren juga nih...
terima kasih atas infonya cukup bikin terhibur hehe...

kemaren bingung waktu nyontreng, posternya kegedean... di contreng aja semuanya... :D

kami di Melbourne juga pake bilik kardus buat bilik pemilihan :) . Kalau bisa hemat kenapa boros uang negara...iya kan???

itu ada caleg yang gelarnya panjang banget yah?? beneran dapat dari sekolah tuh? hehehe

hehehe
mas kalo mau liat video kampanye lucu 2009 bisa ke blogq ya,,hehehehe

salam kenal!~!!!!

bos... anggota KPU yah.... atau Bawaslu... hehehehe.... lengkaaappeeee....

wah infonya lengkap...trims

sebegitu parahkan kecerdasan politik di negeri kita? tapi kita masih ada harapan ...hasil tawakal kepada Allah SWT saja karena Dia yang menentukan segalanya dari hasil usaha kita

Hahahha.. gila ntu tukang conteng sengaja bawa spidol buat nulis Pemilu Paling Tolol hyuuhhh... ada² aja....
keknya yang nulis GOLPUT hahahaha..

pemilu kali ini wah ribet banget

@ Sebuah Blog : kertas suaranya memang bikin risih... pelajaran berharga buat KPU....
@ Erik : Iya bro erik... ngga tahu faktor apa yang masih di lihat sehingga orang itu di anggap sanggup jadi caleg parpol
@ Ammadis : iya.. sebenarnya yang begitu harusnya dipilih.. ngga buang2 duit cari simpati masyarakat... but kebanyakan caleg bikin sensasi besar2an.. hambur2 duit..
@ JONK : ngga tahu jonk... beritanya hanya aku dapat dari situs aceh, kalo ngga salah http://rakyataceh.com
@ Seno Rasca : iya yah.. kalau ada Partai blogger pasti seruu..
@ Indra : hehehehehe.. kok gitu.. iya, ngga masalah sih banyak calegnya.. kan masing - masing dah tahu visi misi mereka.. but yang bikin risih kertas suaranya.. gede banget...
@ Indira : benar juga, but ini kan ada dana yg di poskan khusus oleh negara buat hajatan kemarin.. trus kalo pake kardus dan dana pembuatannnya hanya dari masyarakat, uang dari Pemerintah tadi ke mana..?? ke kantongnya KPU..? iya ngga..??
@ Bunda Atca : ngga tahu bunda... tanyakan saja sama si bapak itu.. hehehe.. bikin ngiler ya lihat titelnya... pengen minta satu..xixixiix
@ Kyra : Thx undangannya.. ok deh.. ke TKP.. salam kenal balik
@ Madhysta : BUkan kok... bukan bawaslu.. but masyarakat yang peduli perubahan.. ceileh.. peduli kok bilang2.. :-)
@ Riema Ziezie : Smoga ya..?? smoga deh ngga sia2 semuanya.. cos kesalahan pada tanggal 9 april lalu, akan kita tanggung akibatnya selama 5 tahun.. sanggup..?
@ Joo : dah golput tolol bener... satu ciri ngga peduli pada perubahan bangsa ini.. benar ngga sobat...
@ Bunga : memang ribet dan terkesan kayak ngga ada penelitian sebelumnya, maksudnya, ngga melihat situasi dan kondisi masyarakat indonesia. semoga ini menjadi pelajaran berharga buat KPU

hehehe..postingannya bikin ketawa..
tapi memang pemilu kali ini makin membuat orang cerdas..karena dibilik suara dia bisa menggambar macam-macam, sampe melukis diri sendiri disejajarin saya caleg hehehehhe...

Wah banyak banget fakta fakta yang berhasil dirangkum mas Ifoel, salut buat usahanya *two thumbs*

haha.. ada caleg yang minta balik karpet yang dah dkasi ke ibu2 pengajian.. kasian deh calegnya segitu desperadonya

ahhahahaha yang tolol yang nulis tuh... :D what he can do?

entah pemerentah atao mangsyarakat yg banyak maunya

partai dikit dibilang kaga demokratis
partai banyak dibilang ngerepotin

Lengkap sekali bos....yg menarik sih caleg yg gelarnya borongan,,....beli ijazah berapa biji dia tuh? wkwkwkwk...gak mungkin dah kuliah dapet gelar sebanyak itu..dapet 1 aja susah...

wow!
makasih yah udah mampir :)
yang pasti indonesia jangan jd yang terbelakang, centang/ contreng dengan penyuluhan intensif bisa dijalanin kok :)

Mantaf bang..asli mantaf bangeeed....
Thank's dah sharing dari yg informatif sampai yang konyol.

*Pemilu Tolol?* ah itu mah resiko pemilih dipegangin spidol..nulis deh..hehehehe..

wew.. banyak serba serbinya juga yah.. he..he..

Siapa DPT paling keren : Itik Bali
Siapa Caleg paling cihuyy : Itik Bali
Siapa pilih Itik Bali....berhadiah lho
menginap 5 hari 5 malem di rumahnya masing!

he..he

salam kenal ya..

Wah,, salut banget buat abang,, infonya ituloh

belum da post baru lagi nih ?....

sorry sobat baru muncul lagi so aq baru dari luar daerah and disana kagak ada koneksi internet……..
Tapi sekarang dah aq buat postingan baru……
jangan lupa singgah baca yah untuk menambah pengetahuan….

@ Mama HIlda : hahahah.. itu mah bukan cerdas namanya bunda.. hehehehe..
@ Lala : teng kyu.......
@ Ega : oh ya..?? hehehe.. kasian ya..? sangat memalukan..
@ Ipiet : iya bong... buah simalakama jadinya, dimakan salah, nagga di makan lebih salah... :-)
@ Saint : ngga tahu ya bro.. tanya aja sama si bapak itu.. ada link situsnya kok.. heheheh..
@ IKeys : sip.. smoga kedepan bisa lebih bak lagi.. Amin...
@ Xitalho : hehehe.. barangkali si pemilih kesal ngga dapat jatah dari caleg.. xixixixiix
@ hryh77 : :-) iya bro....
@ Itik bali : wah.. dapil mana non... heheheh.. Salam KEnal too...
@ Ayas : salut juga buat Anda... :-)
@ coy : blum nih.. sharian tadi sibuk di kebun.. :-)
@ Iwan : ok deh.. bro.. met datang kembali.. ntar aku berknjung ya..?

Top info nya foell ...kalo abang ikutan nyaleg masuk katagori caleg apa yach ..? hue he

pemilu yang rame ya.. pengamen aja ada yang ikut :)

kompit tenan kang... muantab postinganmu kali ini..

huwakaka.. saya terpingkal2 ketika membaca bab pemilu berhadiah itu lo.. hahaha..

eh, caranya biar biar diklik trus gambarnya jadi gedhe itu bagemana ya??

coba saya intip "view source"-nya

@ Ndop : Pake kode HTML bro... aku dah susun artikelnya but blum sempat post... nti deh malam ni or besok hari... lagi g enak badan nih.. :-) Silahkan lihat aja view sourcenya bro....

kadang gak tau mo bilang apa klo inget berbagai "kekacauan" yg terjadi....
padahal katanya banyak orang pinter di negeri ini
ntahlah....

To Nyante aza lae : saking pintarnya orang2 negeri ini,, jadi bingung menetukan siapa yang benar2 cerdas.. hehehe.. wong cerdasnya hanya di daulat oleh diri sendiri kok alias kelebihan PD... ngomong sana, ngomong sini.. parahnya lagi.. saling menjelek-jelekkan... teman sendiri pun sering di sikut malah di injak2.. betapa busuknya dunia politik di indonesia...

pemilu???? bodo amat......... aku gak pernah lau ikut nyoblossssssssss... setelah 3 kali pmilu..........

Terima kasih banyak atas segala infonya, salam sukses..
http://goo.gl/j7LG9C

Infonya sungguh sangat bermanfaat sekali, makasih yah gan..
http://goo.gl/4NLscu

terimakasih banyak atas informasinya
sagat bermanfaat sekali
saya tunggu informasi selanjutnya
semoga sukses

trimakasih atas infonya
salam kenal:)

Enak sekali pagi hari baca artikel Anda, karena infonya sesuai dengan yang saya cari, makasih buat infonya....

Infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjung balik.
http://goo.gl/RLZgVV
http://goo.gl/Qnehjm

Terima kasih banyak atas semua infonya..
http://goo.gl/5zJIpW

Matur nuhun kanggo infonya…
http://goo.gl/36SrUP

Thank for all infomration…
http://goo.gl/BLyBmN

Ini dia info yang saya cari…
http://goo.gl/eYB2Uc

Makasih banyak buat infonya….
http://goo.gl/Y99b98



Makasih banyak untuk infonya, sangat berkulitas...


http://goo.gl/3dtEm3
http://goo.gl/v5f3AO
http://goo.gl/e1jcvW
http://goo.gl/okCdnf
http://goo.gl/Qlkljw
http://goo.gl/IOCm5m
http://goo.gl/jQhXxp
http://goo.gl/MYzkNd
http://goo.gl/09riVk

Post a Comment

Informasikan ke Teman

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More