Hari ini :


Tata Cara Mencontreng

Profil Partai Peserta Pemilu 2009 yang di artikelkan kemarin rasanya belum komplit kalau tidak di sertai sosialisasi tentang Tata Cara Mencontreng (Centang) Kertas Suara Pemilu 9 april 2009 mendatang. Masyarakat sudah tahu visi misi calonnya tapi ngga tahu tata cara mencontreng, hasilnya nol besar alias kertas suara bisa rusak. Walaupun sosialisasi ini agak terlambat, tapi saling mengingatkan adalah tugas kita sebagai warga Negara yang baik dalam menyukseskan pemilu 2009, demi kesinambungan bangsa ini kearah yang lebih baik lagi. Karena pemilu tanggal 9 April nanti mengkhawatirkan. Ya, itulah kata yang pantas untuk pelaksanaan pemilu 2009 mendatang. Dari hasil survei Indo Barometer yang dilakukan pada Februari lalu, berdasarkan hasil simulasi cara pencontrengan yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh provinsi, dari perkotaan sampai pedesaan, hasilnya 60 persen pemilih salah melakukan pencontrengan.


Hasil tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, mengingat pelaksanaan pemilu yang tinggal beberapa hari lagi. Padahal cara pencontrengan yang benar sangat berpengaruh terhadap hasil pemilu. Nah, maka dari itu sosialisasi Tata Cara mencontreng ini aku artikelkan kembali.

Dan di bawah ini adalah Tata Cara Mencontreng sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2009 yang disahkan di Jakarta pada tanggal 4 Maret 2009 oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prof. Dr. H.A. Hafiz Anshary Az, MA. Sekedar tambahan, untuk semua daerah kecuali DKI Jakarta nanti akan mendapatkan 4 Kertas Surat Suara, 1 DPRD Kabupaten / Kota, 1 DPRD Provinsi, 1 DPD, dan 1 DPR RI.

Cara Memilih yang benar dan sah, Contreng 1 kali pada nama calon atau nomor urut calon.


Contreng pada lambang atau nama partai.


dan menurut perpu No 13 tentang pemilu, maka diperbolehkan mencontreng lebih dari 1 kali, asalkan pada 1 partai yang sama. dan dianggap 1 suara.


Tapi mohonlah Anda bijak, demi melancarkan penghitungan CUKUP SATU KALI CONTRENG saja.

Untuk DPD contreng pada Gambar calon DPD anda. Sesuai Perpu No 13 Tahun 2009 Pasal 40 ayat 2 point c, pemberian tanda dilakukan hanya satu kali pada kolom yang memuat nomor urut, foto, dan nama salah satu calon Anggota DPD.


Lalu bagaimana jika contrengannya melebar? Surat suara tersebut tetap sah saja tetapi dilihat pembentukan sudut contrengannya



Bila kita lakukan flash back, sudah ada 3 perpu yang dikeluarkan oleh KPU berkenaan dengan Pedoman Teknis Tata Cara Penelitian, Verifikasi, Penetapan, dan Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2009. Semua perpu ini secara berurutan dapat dilihat sebagai berikut :

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 35 Tahun 2008
(61 halaman) | Download now


Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 03 Tahun 2009
(87 halaman) | Download now


Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2009
(95 halaman) Terbaru | Download now


Perubahan yang terjadi pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 03 Tahun ke Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2009 ada dilakukan penambahan keterangan dan beberapa perubahan aturan. Salah satu pasal yang mengalami perubahan adalah pasal 40 dan pasal 41. Pada pasal 40 ada perubahan aturan sedangkan pada pasal 41 ada penjelasan tambahan mengenai sah atau tidaknya surat suara pada pemilu 9 April nanti. Silahkan download Perpunya, biar kita ngga salah menggunakan hak kita pada tanggal 9 April nanti. Semoga Bermanfaat.

INGAT..!!! TAHU CALONNYA, TAHU PLATFORMNYA, TAHU DALAMNYA, PELAJARI VISI MISI MEREKA DI SINI. JADILAH PEMILIH YANG CERDAS



Footnote : Mohon MAAF buat sobat blogger yang nama serta fotonya aku jadikan alat peraga dalam artikel ini tanpa di konfirmasi terlebih dahulu. Sorry ya buat Mba Lyla, Erik, Miss Anna, Cebong Ipiet, JONK, Babeh, Bunda Atca. You all is My inspiration.

41 komentar:

  1. wah saya kok ngga masuk daftar contrengannya kang ifoel...hehe..thanks infonya ya..

    ReplyDelete
  2. wah.. saya akan contreng para caleg kita itu... hahaha

    ReplyDelete
  3. jiakakakakak.... kreatif buanggeeeet..
    ayo terus tunjukan gigimu mas ifoell... maksudnya bukan mas ifoell harus selalu nyengir (maaf) tapi kreatif mas ifoell harus selalu di update OK....

    Partai Inodonesia Crying dimana yak... padahal saya caleg urutan no.1 ...

    ReplyDelete
  4. Wah gambar siapa yang dicontreng itu?
    Maksih infonya bang Ifoel
    Top Post, kreatif bro

    ReplyDelete
  5. dq bakal nyontreng miss anna deh
    abis, gak nahan ngliat bibir n lidahnya
    wuakakakak

    ReplyDelete
  6. waduh yang nyontreng aja pusing giman yang ngitung suaranya tuh..?? bisa-bisa 2 hari 2 mlm gak tidur cuma buat nyari contrengan.. :D

    ReplyDelete
  7. biar kata cuman nyontreng...tapi bingung juga, habis nama partai n calegnya banyak bangettt

    ReplyDelete
  8. yaoloo.. bagus banget postingannya, eh eh eh, lah kok si cebong muncul di situh?? hahahaha... aku nyontreng cebong sajah.. hag hag hag...

    ReplyDelete
  9. Wueh,emang itu partai blogger yach?

    ReplyDelete
  10. besok aku milih "Partai Blogger Bersatu" saja lah. Nomor urut berapa, ya?

    ReplyDelete
  11. wekekekek.. partai blogger nomor urutnya berapa bang?...
    postingan sosialisasi pemilu soal contreng mencontreng yang amat sangat kreatif ... TOP BGT

    ReplyDelete
  12. jiahhhh, curang nih, saya gak kecontreng heheheheeh ...

    ah mau nambahin kumis di foto kang iful hehehehe

    ReplyDelete
  13. wah baru tw nih, bntr lagi tgl 9 juga, cz di net aja, makasih yah maz, klo kalian yang di contreng mnding pilih kalian dech...gk ngubar janji kyk caleg parpol, kalo kalian caleg blogger heheheh

    ReplyDelete
  14. Kalau partai Blogger ikut pemilu, kira-kira bisa menang lho...
    Bayangkan jumlah blogger se-Indonesia.

    ReplyDelete
  15. wah nice infonya bro...

    ng...mo nyonteng mba' anna ah ^^

    ReplyDelete
  16. weh, keren banget infonya euy, soale bener2 lom ngerti kumaha nyontreng teh? dicopas ah, mo dihapalin..., masi 2 hari lagiiii, BISA! eh, jangan lupa contreng gambarkuuuuuuu... wekekkek

    ReplyDelete
  17. mau contreng part apa ayooooooooooo.... :D
    contreng Partawi Indonesia Crying aja yak mas... jiakakakakakak

    ReplyDelete
  18. wah, ada tata caranya juga nih. ada buku petunjuk mencontreng gak? he he he

    ReplyDelete
  19. Cuma mau bilang, very good post! Isi artikelnya sangat membantu dalam pelaksanaan pemilu besok, kayaknya betul2 matang nih nulisnya.

    ReplyDelete
  20. Enak nyontreng yang mana yah? nomor 1 kali yee..:)

    ReplyDelete
  21. Bah calegnya orang-orang berbakat smua wkeekkeke...

    ReplyDelete
  22. kwkekwkekwe mosok jadi caleg..diriku kan cadok..calon kodok

    ReplyDelete
  23. wow!
    blog anak ini bermanfaat banget,,,apalagi Ortu saya ngga tw gimana contrengnya....Tanks yawH

    ReplyDelete
  24. Bingung Tentukan pilihan pada besok hari,...???
    berikut rumus mencari nomor urut partai yang sesuai dengan usia Anda...

    (USIA ANDA x 5 + 57 - 17 : 5 - USIA ANDA)

    Teruskan ke teman - teman dan keluarga Anda..
    Insya Allah bisa memperjuangkan kepentingan umat dan bangsa......

    ReplyDelete
  25. Thanks yah buat yang udah membaca artikel ini... Semoga bermanfaat...
    Sudahkah Anda menggunakan hak Anda dengan cerdas...???

    ReplyDelete
  26. saya dah nyontreng, sesuai petunjuk juragan ... :)

    ReplyDelete
  27. walah.....info yang bagus nih kang, tapi kok aku gag ada yah...huehehehehehehe

    ReplyDelete
  28. saya kemaren nggak nyontreng....
    ditempat kost aku satu blog nggak didata....

    ReplyDelete
  29. mencontreng tidak sulit ternyata yah

    ReplyDelete
  30. keren th yang caleg bloggernya,
    aku sih gak nyontreng, masih ilegal.
    ktp tangerang, sekarang di jakarta...hehe

    Yup !

    thx infonya, nanti klo aku nyalon jg lupa ya....hehe

    ReplyDelete

  31. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    ReplyDelete


  32. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    ReplyDelete

Stop SPAM Comments