Membuat Bahan Ajar Elektronik Berbasis Web Offline

Bahan Ajar Elektronik sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi seorang Guru / Dosen, malah menjadi sebuah keharusan untuk dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan kondisi zaman. Ngomong-ngomong, Aku bukan seorang guru lho atau dosen perguruan tinggi, jadi gak terlalu paham dengan materi-materi yang sering diajarkan oleh seorang guru. Aku hanya ingin berbagi tips sederhana ini berdasarkan pengalaman dalam membuat presentase realisasi pekerjaan di kantorku. Tekniknya sangat mudah, sehingga aku berpikir bahwa ini sangat bagus untuk diterapkan dalam mengajar.

Mendengar kata Bahan Ajar Berbasis Web Offline, maka yang terlintas dipikiran seorang guru atau dosen adalah harus memiliki kemampuan dalam membuat website dan memahami bahasa pemograman.

Janganlah khawatir, syaratnya hanya satu kok. Mampu mengoperasikan program Microsoft Word. Karena software ini dirancang dengan menggunakan program Microsoft Word. Dengan menggunakan fasilitas hyperlink di Ms Word, Bahan Ajar Berbasis Web Offline yang sederhana dengan sangat mudah bisa dibuat.



Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut, klik gambar untuk melihat lebih detail :

  1. Buat sebuah file baru di Microsoft Word, dan beri nama Menu, sedangkan untuk nama pagenya (Page Title) isi dengan Menu Bahan Ajar atau nama lain sesuai selera Anda. Simpan dengan format html, yaitu dengan memilih Save As type >> web page.


  2. Ketika disimpan, bentuknya akan seperti gambar dibawah ini :


  3. Dilanjutkan dengan membuat tombol - tombol Menu dengan cara menambahkan tabel dengan komposisi 1 baris dan 6 kolom atau kolomnya disesuai dengan kebutuhan menu yang akan ditampilkan. Kemudian beri warna dan isi nama kolom sesuai dengan menu yang akan dibuat. Hilangkan garis tepi tabel dan letakkan tabel tersebut di tengah halaman.

  4. Buat lagi satu tabel dibawahnya dengan komposisi 1 baris dan 1 kolom


  5. Isi Materi untuk Menu Utama (Halaman depan), biasanya menyajikan keterangan singkat bahan yang akan diajarkan atau di presentasekan, serta petunjuk-petunjuknya.

  6. Setelah selesai melakukan langkah 1 sampai dengan langkah 5, simpanlah file ini.
  7. Setelah disimpan (Ctlr +S), simpan lagi filenya dengan perintah Save As, beri nama Bab I, Page Titlenya juga diganti dengan Bab I


  8. Edit isi halaman, misalnya isi dengan Materi Bab I dan simpan
  9. Ulangi proses pada langkah 7 dan langkah 8, sehingga anda memiliki 6 file berekstensi htm, yaitu : Menu Bahan Ajar.htm dengan page titlenya Menu Utama, Bab1.htm dengan page titlenya Bab I, Bab 2.htm dengan page titlenya Bab II, Bab 3.htm dengan page titlenya Bab III, Rangkuman.htm dengan page titlenya Rangkuman, dan Soal Latihan.htm dengan page titlenya Soal Latihan.


  10. Langkah selanjutnya adalah membuat agar halaman yang kita buat satu per satu tadi bisa terhubung melalui link yang akan kita masukkan di masing-masing tombol menu.
  11. Buka file Menu Bahan Ajar dengan cara pilih file, klik kanan lalu open with dan pilih Microsoft Office Word, maka file Menu Bahan Ajar siap diedit.

  12. Arsir atau Blok kata Bab I pada tombol menu, kemudian klik kanan, pilih hyperlink. Bisa juga dengan cara setelah kata Bab I diblok, pilih menu insert, pilih hyperlink


  13. Akan keluar kotak dialog hyperlink dan pilih Existing File or Web Page, klik Current Folder dan pilih file Bab I, lalu klik OK.

  14. Selanjutnya lakukan langkah 11 dan langkah 12 dengan mengarsir kata Bab II dan diberi link ke file Bab II, Kata Bab III diberi link ke file Bab III, kata Rangkuman diberi link ke file Rangkuman, kata Soal Latihan diberi link ke file Soal Latihan, dan kata Menu Bahan Ajar diberi link ke file Menu Bahan Ajar. Kemudian Simpan (Ctrl+S).
  15. Kemudian bukalah file Bab I dan lakukan seperti pada langkah 10 sampai dengan langkah 13. Demikian juga dengan file Bab II, Bab III, Rangkuman, dan Soal Latihan. Pastikan semua tombol menu di masing - masing file sudah berfungsi dan berganti warna Biru.
  16. Jika semuanya sudah anda lakukan, berarti Bahan Ajar Elektronik Berbasis Web Offline telah selesai. Tinggal melakukan uji coba dengan mengklik 2 kali pada file Menu Bahan Ajar, kemudian klik pada Bab I yang sudah diberi hyperlink, kembali lagi ke Menu, klik pada Bab II dan seterusnya, sampai Anda yakin semua halaman sudah terhubung.

Semoga artikel ini bermanfaat buat guru / dosen dalam rangka mencerdaskan Anak Bangsa. Salam Blogger

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon