Hari ini :


Fakta Unik Tentang Hewan

Alam punya begitu banyak makhluk hidup dan setiap makhluk hidup di dalamnya saling membutuhkan untuk menciptakan keseimbangan alam dan agar semua makhluk tetap bisa bertahan hidup. Dari sekian banyak makhluk hidup, terdapat keajaiban dan informasi unik tentang Hewan yang belum ditemukan. Tapi ada juga beberapa fakta yang sudah ditemukan, hanya saja kebanyakan dari kita belum mengetahuinya. Nah, silahkan simak aja beberapa fakta unik tentang binatang yang ada di bumi yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

    • Kecuali manusia dan monyet, semua mamalia buta warna.
    • Ayam Jantan tidak bisa berkokok jika mereka tidak dapat sepenuhnya memperpanjang leher mereka.
    • Kutu rambut sebenarnya lebih suka hidup di kulit kepala yang bersih dari pada yang kotor.
    • Emu dan kanguru tidak dapat berjalan mundur.
    • Ikan hiu kehilangan gigi lebih dari 6000 buah setiap tahun, dan gigi barunya tumbuh dalam waktu 24 jam.
    • Nyamuk lebih suka anak-anak daripada orang dewasa.
    • Kambing mempunyai pupil mata segi empat.
    • Gajah hanya tidur 2 jam dalam sehari.
    • Kulit beruang kutub sebenarnya hitam. Bulunya berwarna bening, dan tampak putih di salju.
    • Berang-berang bisa menahan (tidak ber-)nafas di dalam air selama 45 menit.
    • Burung terkecil di dunia adalah humming bird, karena beratnya hanya 1 ons.
    • Yang bergaris-garis pada tubuh harimau bukan cuma bulunya, tetapi juga kulitnya.
    • Rusa kutub memakan lumut karena mengandung zat yang membuat tubuh mereka tidak membeku.
    • Pupil mata gurita berbentuk persegi panjang.
    • Burung pelatuk (ingat Woody Woodpecker?) dapat mematuk 20x per detik. Mereka tidak akan mengalami pusing, karena otaknya dilindungi bantalan udara (mirip airbag pada mobil jaman sekarang kali ya?).
    • Rahang kucing tidak bisa bergerak ke kiri dan ke kanan.
    • Landak punya sidik jari yang mirip manusia.
    • Seekor kucing memiliki 32 otot pada tiap telinga
    • Badak adalah binatang terkuat di dunia, karena dapat mengangkat beban yang 850x berat badannya (manusia aja paling cuma kuat membawa 2x berat badannya ya?). Semut mampu mengangkat 50x berat badannya.
    • Kucing tidak bisa merasakan rasa manis.
    • Kadal (yang suka memangsa serangga memakai lidahnya) memiliki lidah sepanjang tubuhnya. Kedua matanya dapat melihat dua objek yang berbeda dan sama-sama fokusnya.
    • Sapi tidak punya gigi atas.
    • Buaya tidak bisa menjulurkan lidah.
    • Semut bulldog hitam dari Australia adalah semut paling berbahaya di dunia, karena dapat menyengat dan menggigit pada saat bersamaan dan keduanya mengandung racun mematikan (dan sudah ada korban manusia).
    • 80% dari seluruh binatang di dunia adalah serangga.
    • Untuk setiap orang di Bumi, terdapat 200 juta serangga.
    • Lalat meloncat mundur saat akan terbang.
    • Kucing rumah benci bau lemon dan semua yang berbau sitrus.
    • Armadillo, sloth, dan opossum (semuanya sejenis tupai) menghabiskan 80% waktu hidupnya untuk tidur (enak bener ya?). Musang juga mirip, karena tidur 20 jam sehari. Sedang seekor siput bisa tidur selama 3 tahun.
    • Beberapa jenis cacing pita akan memakan dirinya sendiri jika kelaparan.
    • Gajah dapat mencium aroma air sejauh 3 mil (1 km lebih).
    • Lobster dapat hidup selama 100 tahun.
    • Jantung landak berdenyut 300x dalam semenit, sedang jantung ikan paus biru hanya berdenyut 6x semenit.
    • Semut selalu jatuh miring ke kanan jika diberi racun serangga.
    • Masih ikan paus biru: suaranya paling keras dibanding binatang lainnya, dan lidahnya cukup lebar sehingga dapat untuk berdiri 50 orang.
    • Di Amerika, ada lebih banyak sapi dibanding manusia.
    • Bintang laut tidak mempunyai otak (lah, kenapa kita sering mengumpat "otak udang" ya?).
    • Tikus beranak pinak sangat cepat dan dalam waktu 18 bulan, dua tikus dapat memiliki lebih dari 1 juta keturunan.
    • Tanduk badak terbuat dari rambutnya yang mengeras.
    • Ikan emas dapat mengingat hanya sekitar 2-3 detik saja (yah, lebih baik dibanding bintang laut ya?)
    • Tikus dan kuda tidak bisa muntah.
    • Kalajengking bisa dibunuh dengan menyiramnya dengan cuka atau minuman keras, mereka akan murka dan menyengat dirinya sendiri.
    • Tanduk badak terbuat dari rambutnya yang mengeras.
    • Kentut sapi termasuk penyebab utama global warming.
    • Lebih banyak orang mati karena tak sengaja menelan gabus botol sampanye dibanding karena sengatan laba-laba beracun.
    • Hamster sangat suka makan jangkrik.
    • Lebih banyak orang mati karena sengatan lebah dibanding karena gigitan ular.
    • Jumlah serangga di dunia ini ada sebanyak 200juta kali jumlah manusia.
    • Hiu tidak dapat terkena penyakit kanker.
    • Kucing berkeringat melalui telapak kakinya (terutama saat mendengar gonggongan anjing).
    • Saking panjangnya lidah seekor jerapah (21 inci), sehingga mereka dapat membersihkan telinganya dengan lidahnya.
    • Kucing bisa membuat lebih dari 100 bunyi vokal, anjing hanya bisa sekitar 10
    • Sama-sama tanpa air, Jerapah dan Tikus dapat hidup lebih lama dibanding unta.
    • Seekor kecoa dapat hidup selama 9 hari tanpa kepala. Kecoa juga merupakan binatang yang tahan terhadap radiasi, sehingga kalau ada perang nuklir, kecoalah yang paling banyak selamat.
    • Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang.
    • Seekor semut dapat mengangkat barang yang berbobot 50x berat badannya, dan menarik barang yang beratnya 30x berat badannya.
    • Seekor singa bisa berhubungan kelamin 50 kali dalam sehari.
    • Domba tidurnya mendengkur.
    • Mesir kuno mempercayai mengkonsumsi anak tikus goreng akan menyembuhkan sakit gigi.
    • Babi dapat menikmati orgasme selama 30 menit (tau deh ngukurnya bagaimana).
    • Seekor kucing betina bisa melahirkan 20.736 anak kucing dalam empat tahun (waduh, efektif banget to ya hubungan badannya?).
    • Semua beruang kutub kidal.
    • Makhluk hidup yang menikmati seks hanyalah lumba-lumba dan manusia (lha bagaimana dengan babi tadi?).
    • Gigi berang-berang tak pernah berhenti tumbuh.
    • Ubur-ubur terdiri dari 95% air dan tidak memiliki otak, jantung, tulang, atau mata sesungguhnya.
    • Hyena lebih didominasi kaum betinanya. Bahkan klitoris mereka berukuran sangat menonjol, dan dapat berereksi. Sialnya lagi, hal ini ditujukan untuk menakut-nakuti hyena jantan! (Lah, terus ML sama siapa dong kalau cowoknya ditakut-takuti dan diusir?)
    • Kelelawar selalu terbang ke kiri setelah keluar dari dalam gua.
    • Gajah adalah satu-satunya binatang yang tidak dapat melompat.
    • Sapi dapat berjalan menaiki tangga, tapi tidak menuruninya.
    • Tulang kuda lebih banyak 18 buah dari tulang manusia.
    • Beruang dewasa dapat lari secepat kuda.
    • Seekor Babon bernama ‘Jackie’ menjadi prajurit resmi dalam angkatan bersenjata Afrika Selatan pada Perang Dunia I.
    • Ayam bisa terbang tidak lebih dari 13 detik.
    • Seekor siput dapat tidur tiga tahun lamanya.
    • Usia capung hanya 24 jam.
    • Ayam yang sudah terpenggal lehernya masih mampu lari sepanjang lapangan bola sebelum benar-benar mati.
    • Kupu-kupu merasakan makanan dengan kakinya.
    • Kupu-kupu melihat dengan 12000 mata.
    • Mata burung unta lebih besar daripada otaknya.
    • Kata "butterfly" berasal dari kata "flutterby".
    • Jika kita memelihara ikan mas dalam ruangan yang gelap, warnanya akan berubah putih.
    • Ikan mas yang bunting disebut ‘twit’.
    • Macan adalah anggota terbesar dalam keluarga kucing.
    • Kulit Zebra adalah putih yang bergaris hitam.
    • Babi tidak dapat berkeringat karena tidak punya kelenjar keringat. Mereka berlumur lumpur untuk mendinginkan kulitnya.
    • Kuda Nil kentut lewat mulut.
    • Paus abu-abu sebenarnya tidak berwarna abu-abu. Warna paus abu-abu adalah hitam.
    • Pinguin hanya ada di kutub selatan, dan tidak bisa menyeberangi equator. Tidak ada penguin di mana pun di bagian belahan utara bumi, kecuali di kebun binatang.
    • Jaguar takut pada anjing.
    • Lumba-lumba berenang dalam lingkaran saat mereka tidur, dengan satu mata terbuka melihat kearah area luar lingkaran untuk berjaga-jaga dari predator. Setelah beberapa jangka waktu tertentu, mereka berbalik dan berenang ke arah yang berlawanan dengan mata satunya yang terbuka.
    • Kodok tidak memiliki gigi, namun katak memilikinya. Kodok kulitnya kasar.
    • Katak harus menutup mata mereka untuk menelan.
    • Jangkrik mendengar melalui lutut mereka.
    • Penguin adalah burung yang tidak bisa terbang tapi bisa berenang.
    • Koala punya dua jempol.
    • Cheetah bisa mencapai kecepatan hingga tujuh puluh dua kilometer per jam hanya dalam waktu dua detik.
    • Hiu dapat melakukan perjalanan hingga enam puluh empat kilometer per jam.
    • Nyamuk memiliki gigi.
    • Kotoran dinosaurus disebut dengan koprolit.
    • Beberapa dinosaurus berukuran kecil seperti ayam.
    • Ukuran Otak tupai kurang lebih sebesar ukuran kenari.
    • Lumba-lumba melompat keluar dari air untuk menghemat energi. Hal ini lebih mudah untuk bergerak melalui udara daripada melalui air.
    • Ikan dan ular tidak memiliki kelopak mata.
    • Tikus adalah mamalia yang paling umum di Amerika Serikat.
    • Beruang kutub adalah satu-satunya beruang yang memiliki rambut di telapak kakinya. Hal ini berfungsi untuk melindungi kaki hewan dari kondisi dingin dan mencegah tergelincir di atas es.
    • Udang berenang secara mundur.
    • Bayi paus biru berukuran sekitar 7.6 meter panjangnya pada saat lahir.
    • Bayi jerapah pada saat lahir berukuran 1.8 meter tingginya.
    • Kuda dapat tidur sambil berdiri.
    • Anjing tidak memiliki apendiks (lebihan pada usus perut).
    • Terdapat lebih dari 980 spesies kelelawar.
    • Diperkirakan 80 persen dari makhluk di Bumi memiliki enam kaki.
    • Ikan datar berenang ke arah samping.
    • Banyak hamster yang hanya berkedip dengan satu mata pada suatu waktu.
    • Terdapat lebih dari tiga ratus spesies burung beo.


    Anda memiliki informasi unik tentang hewan-hewan? Yuk berbagi dalam kolom komentar.

    Poskan Komentar

    0 komentar:

    Post a Comment

    Stop SPAM Comments