Adsense

Cara Membuat Kartu Ucapan Natal dan Tahun Baru Yang Unik Dengan Photoshop

Halo dunia, dalam hitungan jam kita akan memasuki Tahun Baru 2011. Selamat Tahun Baru ya..?, semoga karunia dan rahmat Allah SWT akan selalu dilimpahkan kepada kita sekalian. Amin.. Tidak terasa kita akan menyongsong awal tahun baru 2011 yang akan di nantikan seluruh umat manusia di dunia.

Dulu kita muda sudah semakin beranjak tua, usia kita semakin bertambah dan bagiamanakah dengan pemikiran kita? yang dulu kekanak-kanakan, apakah sudah dewasa? tidak bisa di pungkiri lagi pertanyaan-pertanyaan seperti ini selalu muncul dalam benak kita masing-masing ketika kita berintropeksi diri. Membaca benak dan hati kita selama setahun yang telah kita lalui. Dalam selintas kita berontak dan berfikir sejenak sudahkah diri kita dewasa? Hmmm...

Jelang Tahun Baru 2011 ini, aku ingin membagikan sedikit Tips dan Tutorial Photoshop sederhana, yakni Cara Membuat Kartu Ucapan Natal dan Tahun Baru Yang Unik Dengan Photoshop seperti pada gambar di bawah ini :


Unik dan sederhana bukan? Selain digunakan sebagai Kartu Ucapan, desain ini cocok juga untuk dijadikan wallpaper komputer kita. Makin penasaran? Yuk ikuti tutorialnya.


Langkah 1
Buatlah dokumen baru dengan ukuran 800 x 600 pixel dan isi dengan warna hitam.



Langkah 2
Sekarang kita akan membuat salju abstrak pada gambar. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan Pen Tool. Namun sebelum kita memulainya, kita harus mengubah beberapa nilai yang ditetapkan dari Brush Tool yang akan kita gunakan nantinya. Pilih Brush Tool, size 15 pixels dan opacity 61%.



Masih pada langkah 2, Kemudian klik tombol "Toggle Palette brushes" pada Options Bar untuk membuka jendela brush preset atau ke Windows > Brushes. Di sini kita dapat melihat beberapa preset. ubahlah seperti gambar dibawah :




Langkah 3
Set warna foreground dengan warna putih (#ffffff). Buat layer baru, setelah itu pilih Pen Tool (Anda perlu memastikan bahwa Anda bekerja dengan Paths bukan Shape Layers). Kemudian gambar satu garis lurus menggunakan path :



Langkah 4
Klik pada titik awal untuk menutup path. Kemudian klik kanan dan pilih Stroke Path:



Sebuah kotak dialog kecil akan muncul seperti pada screenshot dibawah. Pilih Brush dan centang Simulate Pressure. Hal ini penting karena akan memberikan ujung baris Anda meruncing yang akan membuatnya rock!


Hasilnya akan seperti ini :



Langkah 5
Jika semua langkah di atas sukses tanpa halangan, kita lanjutkan ke langkah 5. Klik kanan dan pilih Delete Path. Kemudian tambahkan baris lagi dengan cara yang sama hingga penuh memenuhi layer.



Langkah 6
Anda dapat mengubah ukuran kuas, sehingga gambar akan terlihat lebih menarik:



Langkah 7
Gandakan layer (Ctrl + J) dan apply Filter >> Blur >> Gaussian Blur dengan parameter berikut :




Langkah 8
Kita telah selesai menciptakan salju pada langkah 7 di atas, mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya. Buat layer baru di atas, kemudian pilih Gradient Tool dan isi layer ini dengan gradien linier Spectrum (ini adalah salah satu standar gradien Photoshop).



Setelah kita mengganti mode layer menjadi Soft, lihatlah perubahan yang terjadi.



Langkah 9
Sebelum kita mulai menambahkan teks, kita harus membuat latar belakang menjadi 2 bagian, satu terang dan yang satunya agak gelap. Untuk efek ini, pilih Rectangular Marquee Tool untuk membuat seleksi sama dengan screenshot di bawah ini dan isi area yang dipilih dengan warna hitam untuk gradien linier transparan pada layer baru.




Langkah 10
Hapus seleksi tadi dengan Ctrl + D. Sekarang saatnya kita menambahkan teks. Klik Horizontal Type Tool dan tulis beberapa teks dengan warna putih di dua baris. Untuk tutorial Photoshop ini menggunakan font Arial (30 pt, Normal, Hitam, Crisp) font yang merupakan salah satu font standar Windows.



Langkah 11
Kemudian kita harus menambahkan tahun, tapi kita modifikasi dengan memasukkannya ke dalam sebuah kotak kecil. Gunakan the Rounded Rectangle Tool (Mode: Shape layers, Radius: 5px) untuk membuat kotak kecil di atas teks dengan warna putih juga.



Langkah 12
Setelah itu pilih Horizontal Type Tool lagi dan tambahkan tahun dengan font yang sama (Warna: Hitam, Size: 16 pt, Hitam, Crisp).



Langkah 13
Sekali lagi tambahkan satu baris teks, namun sedikit ke bawah. Tapi sebelum Anda mulai menulis teks, ubah preset seperti gambar di bawah:



Langkah 14
Sekarang Anda tinggal menambahkan satu baris teks :



Langkah 15
Ubah opacity untuk layer menjadi 40%.



Langkah Terakhir
Kita hampir selesai membuat kartu ucapan. Satu hal terakhir yang kita harus lakukan yaitu, menambahkan sedikit lingkaran kecil putih. Pilih Brush Tool (Opacity: 20%) dan hard round brush untuk menambahkan lingkaran dengan ukuran yang berbeda ke kanvas kartu ucapan.



Terlihat keren, bukan? Kartu tampak luar biasa.... Anda dapat mengirim kartu ini ke saudara, teman dan kerabat, dengan harapan mereka akan senang mendapatkan kartu ini dari Anda!


Semoga Bermanfaat

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Semoga di tahun yang baru ini kita semua mendapatkan berkah yang baru juga ..

    BalasHapus
  2. Blog dan artikelnya bagus juga, komentar juga ya di blog saya www.when-who-what.com

    BalasHapus
  3. selamat tahun baru.
    habis ngucapin selamt kok ndak ada postingan nya lagi.

    BalasHapus
  4. Udah tahun baru nih,
    apa kabar?

    BalasHapus
  5. semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya

    BalasHapus
  6. gk trasa udh stengah thun brjalan, dn ntar lagi bkalan tahun baru lagi heheh :D
    salam kenal.

    BalasHapus
  7. Good blog, useful information..keep sharing information similar to this,..i hope to see some good posts and topics which are helpful..

    BalasHapus

  8. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    BalasHapus

  9. thank you very much gan on information that has been posted, I am personally very impressed with your article I wait for the next update ^^
    Obat Amandel Yang Sudah Bengkak Dan Parah

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa