Hari ini :


Lomba Poster Dan SMS Kampanye Teluk Tomini

Untuk menggugah kepedulian lingkungan, Program Teluk Tomini-SUSCLAM (Tomini Bay Sustainable Coastal Livelihoods and Management) menggelar lomba membuat poster dan SMS (short messages service, pesan singkat). Lomba ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pentingnya pelestarian sumberdaya alam di Teluk Tomini dan mengembangkan kreativitas serta semangat pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan bagi masyarakat luas. Kedua lomba ini terbuka untuk umum. Pemanfaatan sumberdaya pesisir yang tidak ramah lingkungan menjadi penyebab utama degradasi lingkungan Teluk Tomini.


Kegiatan yang merusak seperti penangkapan ikan dengan bom dan racun, pembabatan hutan mangroves, penambangan batu karang dan pembuangan limbah ke perairan teluk. Jika hal ini terus berlangsung tanpa adanya upaya-upaya perbaikan dan konservasi lingkungan, dikhawatirkan kondisi sumberdaya alam dan ekosistem Teluk Tomini tidak lagi dapat menunjang kehidupan masyarakat pesisir di masa mendatang.

Karena itu, Program Teluk Tomini menyelenggarakan lomba pesan kampanye melalui SMS. Pesan kampanye peduli lingkungan Teluk Tomini ini dapat dikirim ke: 9165. SMS paling lambat diterima tanggal 14 Maret 2010. Panjang SMS tidak lebih dari 15 kata.

Adapun lomba membuat poster, dilaksanakan di Gorontalo dan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Tema poster yang dilombakan adalah pengelolaan berkelanjutan ekosistem mangrove dan sumberdaya pesisir dan laut lainnya. Seperti kita ketahui, hutan mangrove atau hutan pasang surut tumbuh di pantai dan pulau-pulau kecil di beberapa lokasi di Teluk Tomini.

Dari tahun ke tahun, habitat mangrove mengalami degradasi baik akibat proses alami, maupun karena ulah manusia. Kerusakan mangrove karena pemanfaatan manusia yang mengabaikan aspek kelestarian jauh melebihi kerusakan dari proses alami. Bila hal ini terus berlangsung akan mengancam keseimbangan ekosistem sumberdaya pesisir dan laut.

Rahman mengatakan pemanfaatan hutan mangrove dan sumberdaya pesisir yang tidak ramah lingkungan terjadi salah satunya lantaran kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai manfaat mangrove dan sumberdaya pesisir bagi kelangsungan kehidupan. Sebagai salah satu ekosistem alam yang unik, mangrove berfungsi menjaga kestabilan ekosistem pantai termasuk menjaga kualitas perairan dan penghalang erosi dari gelombang dan angin.

Hutan Mangrove juga sangat bermanfaat bagi manusia, misalnya sebagai sumber rantai makanan, habitat bagi jenis-jenis komoditi komersial seperti udang dan kepiting, bahan obat-obatan, sumber pewarna dan pengawet, dan lain-lain. Pengelolaan dan pemanfaatan mangrove dengan memperhatikan kaidah ramah lingkungan merupakan prasyarat utama dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Teluk Tomini.

Lomba poster dan sms ini melibatkan Komunitas Pekerja Media Gorontalo,Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Boalemo dan Pohuwato, Kabupaten Bolaan Mongondow Selatan. Selain itu, Lembaga Pecinta Alam dan Petualangan (LPAP) El Capitan Indonesia Parigi, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan komponen lainnya.

INFO LOMBA SMS | klik disini
INFO LOMBA POSTER | klik disini




source : teluktomini.org

5 komentar:

  1. Everyone loves what you guys are usually up too. This kind of clever work and coverage!
    Keep up the wonderful works guys I've incorporated you guys to my blogroll.
    Feel free to visit my blog - candagoose

    ReplyDelete

  2. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    ReplyDelete

  3. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    ReplyDelete

  4. Thank you friend for the information very helpful at all .. !!
    Obat Polip kandung Empedu Yang Alami

    ReplyDelete

  5. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    ReplyDelete

Stop SPAM Comments