Mengenal Narkoba Lebih Dekat

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Semua istilah ini, baik "narkoba" atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis.


Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas,pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba.

BERHATI-HATILAH, penjual dan pengedar narkoba dapat mengelabui untuk menggunakan narkoba, tanpa disadari. Untuk memahami seperti apa narkoba, bagaimana bahaya dan dampak buruknya, beberapa pengetahuan yang perlu diketahui :

  • GANJA (marijuana, cimeng, gelek, hasis)
  • Bahaya dan dampak: sulit konsentrasi, gerakan lambat, gangguan persepsi dan berpikir, rendah keseimbangan, mudah marah, depresi dan paranoid, motivasi rendah dan susah dikendalikan. Gejala: mudah cemas, mudah murung, mudah tegang, dan mudah marah.
  • KOKAIN ( crack, daun koka, pasta koka)
  • Bahaya dan dampak: memacu detak jantung, perilaku agresif, gemetar, mudah tersinggung, pandangan kabur, halusinasi. Gejala: mudah marah, depresi, cemas, dan gelisah, jenuh, mudah muak, kehilangan gairah melakukan sesuatu.
  • ECSTASY (inex, cui iin, flash, dolar, flipper, hammer)
  • Bahaya dan dampak: sering mengatup rahang, gemetar yang berlebihan, kerusakan ginjal dan hati, kehilangan ingatan dalam jangka waktu lama, menggigil, berkeringat dan muntah, tidak mampu berpikir, melihat, dan menyelaraskan fungsi tubuh. Kematian dapat terjadi karena gangguan pembuluh darah jantung, dehidrasi, dan pecahnya pembuluh darah otak. Gejala: cemas, depresi, ketakutan, sulit tidur, kehilangan akal sehat dan kesadaran.
  • HEROIN (white, smeek, junk, serbuk putih, medicine, ubat)
  • Bahaya dan dampak: detak jantung lemah dan sesak napas, kerusakan paru-paru, ginjal dan hati, dungu dan kelelahan, sulit konsentrasi dan sulit BAB. Gejala; sulti tidur, mata dan hidung berair, mudah marah dan gelisah, kram tubuh, menggigil dan berkeringat, diare dan muntah.
  • SHABU ( ice, ubas, methamphetamine)
  • Bahaya dan dampak: merusak hati, gangguan fungsi hati dan ginjal, perilaku abnormal dengan bergoyang-goyang, berhalusinasi. Gejala: kelelahan dan lapar, cemas, depersi dna marah, susah tidur. Overdosis dapat menyebabkan kematian karena pecahnya pembuluh darah di otak.
  • INHALANTS ( bahan yang dihisap seperti lem, solvent)
  • Bahaya dan dampak: keruskan permanen otak, hati, dan ginjal, senderung mengalami pendarahan pada hidung, memar, kehilangan ingatan sulit melihat sesuatu secara jelas, kram, nyeri, dan batuk parah. Gejala; pusing, gemetar, sulit tidur. Hirupan mendadak dapat menyebabkan kematian dengan serangan jantung dan pecahnya pembuluh darah di otak.
  • KETAMINE (Vit K, Kitkat K, Spesial K)
  • Bahaya dan dampak: tidak dapat bergerak, gangguan persepsi, pendengaran, penglihatan, penciuman, sentuhan dan rasa. Halusinasi. Gejala: sulit tidur, kejenuhan, depresi, marah dan sering menguap.
  • LYSERGIDE LSD ( Acid, trips, blotters, tabs, stamp, black sesame, seed, micro)
  • Bahaya dan dampak: memacu detak jantung, napas dan temperatur tubuh, mati rasa, gangguan penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan dan rasa. Gejala: panik, paranoid, halusinasi.
  • ERIMIN-5 (nimetazepam)
  • Bahaya dan dampak: hilangnya kesadaran, gangguan berpikir, sulit bicara, bergerak, ketidakselarasan fungsi tubuh. Gejala; cemas dan gelisah, sulit tidur, keringat berlebihan, kejang, kram perut, histeris. Overdosis menyebabkan susah bernapas dan mengakibatkan kematian.



Sumber: Buku Saku Badan Narkotika Nasional

2 komentar


thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

Amin .....................
pengobatan gondok beracun alami


nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

Stop SPAM Comments
EmoticonEmoticon