Wisdom Qurban For Blogger

Idul Qurban yang merupakan kegiatan religi umat muslim terbesar kedua, secara garis besar dapat juga di artikan sebagai momentum untuk menumbuhsuburkan rasa kasih sayang di antara sesama. Menumbuhkan rasa rela berkorban dan rasa keikhlasan. Dan tentunya hari ini juga ada hikmah tersendiri buat teman – teman blogger se – Nusantara.
Hikmah penting yang mendasar yang dapat kita petik dari Idul Kurban ini, diantaranya adalah Pendekatan diri atau taqarrub kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah dilimpahkan-Nya yang jumlahnya demikian banyak, sehingga tak seorangpun dapat menghitungnya. Momentum menyambungkan tali silaturahmi, melatih kepekaan, empati, dan mengikis kebencian di hati. Saling ikhlas dalam memberi dan menerima nikmat Allah SWT.


Ketika kita diberi nikmat oleh Allah SWT, apakah berupa harta, jabatan, keluarga dan waktu sekaligus dalam hidup ini, apakah kita pernah mengorbankannya? Janganlah terlalu terbebani dengan kata “Kurban”. Apalagi buat blogger yang belum ada penghasilan tetap. He.he.he.. atau yang masih skul. Apa salahnya di coba saja berkorban sesuatu yang bisa kita jangkau. Misal, berkorban untuk menyisihkan waktunya. Berkorban waktu tuk blogwalking demi silaturahmi yang ikhlas? Korban waktu demi berbagi ilmu dan kebaikan antar sesama blogger. Iya ngga.? Kan berkorban juga namanya… Untuk menulis sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Menulis apa saja yang mengandung Hikmah. Dengan ngeblog bebas dan bisa menulis apa saja, namun dari tulisan atau artikel yang Anda buat alangkah lebih bijak kalau di selipkan tips atau trik, pengalaman pribadi atau kejadian yang bisa dijadikan hikmah, dijadikan renungan bagi diri sendiri dan orang lain.

Ngga perlu terlalu jauh berpikir, tuk mengorbankan sesuatu yang nilainya tinggi dan muluk – muluk. Walaupun hanya kecil saja nilainya, tapi dikerjakan dengan ikhlas, mudah – mudahan Allah ridho, karena dalam ajaran islam, tidak ada yang sulit, semua dipermudah, tapi salah lagi kalo di mudah – mudah kan.

Banyak cara dan langkah dalam berkurban, dengan menulis tips dan trik serta artikel pencerahan yang sangat membantu sesama pun sudah cukup. Contohnya seperti Pondoknya Bang Erik dan Mas Seno yang mengulas banyak cerita motivasi., Blognya Gadis Rantau, Ulie, uNieQ dan Elfira, banyak perjalanan hidup yang bisa dipelajari disini. Tips belajar SEO dari Archiles, tips photoshop dan trik membuat header dari Babeh, Kuliner dan cerita berbagi rasa yang ditawarkan oleh Diarynya Mba Lyla dan Cebong. Kios Informasi, Tips Keluarga, Search Money, Bisnis, Blog Tips agar awet muda, segar, bugar dan tetap cantik. Blog Humor dan Aneh serta 1001 tips dan trik yang bisa bermanfaat dan membuat hidup orang lain lebih bersemangat, bergairah, lebih mensyukuri nikmat, lebih positif dan semakin percaya diri.

Jadi berbagi rasa dan sharing pendapat, menyiapkan Waktu Untuk Blogwalking juga termasuk kurban kecil – kecilan ala blogger. Semakin sibuk kadang semakin tidak ada waktu untuk jalan jalan ke blog tetangga, ini bagian dari proses silaturahmi yang tentu akan memperbanyak wawasan, menambah ilmu, pengalaman, banyak teman, dan efeknya akan banyak trafik. MET IDUL ADHA 10 Djulhizah 1429 H


52 komentar

Eih terima kasih Mas Ifoel. Ada namaku he..he.., Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H.

Memaknai hari raya idul adha implementasinya dalam dunia blog. Saya setuju sama Mas Ifoel. Qurban adalan usaha, usaha untuk mendapatkan rahmat dan pahala. Usaha untuk berbagi kebahagiaan ke sesama. Jadi pada dasarnya berkurban adalah untuk mencari. Mencari ridho Allah. Mencari kedamaian dan mengurangi sedikit kesenjangan sosial.

Blogwalking juga adalah salah satu bentuk usaha. Yang manfaatnya kita juga paham semuanya. Good post Mas Ifoel. Salam.

Wah hari kurban tlah tiba....

waktunya membuat sate maz Ifoel....
hehehe

@ Seno : Selamat Id Adha 1429 H
@ Kokoh : doyan sate juga ya..?? hehe.. Me Id Adha

Met Idlu kurban bro..besok sholat Ied deh..mayan bisa makan daging..heheheh

@ Septian : Yo'i bang... Met idul kurban juga ya..??

wew, pas kesini, ke absen...., banyak cara mendorong supaya trafik naik, salah satunya bener seperti ini. btw, semoga qta lebih tawadhu dan bisa ikhlas dalam berkorban... selamat idul qurban 1429 h.

Yahhh, gak ada nama saya di artikel ini, huix huix.....


anyway, met idul adha bagi yg merayakannya ya... :)

indahnya berbagi, met idul adha, berbagi dalam skala lebih besar lagi

Waduh, maaf terlambat datang. Tadi pagi komputerku rusak. Malem ini baru beres.

Wah ada nama saya di sini, makasih bung Ifoel. Met Iedul Adha ya. Mohon maaf lahir dan bathin.

Met tengah malem bang... Numpang blogwalk disini ya, hehehe...

Oiya, Sekedar mau kasi info aja, saya baru posting tentang bisnis online yg 100 % free tanpa dipungut biaya, siapatau belum tahu dan tertarik.. hehehe..

met Idul Adha 1929 H yaaaaa??

Selamat Idul Adha, mas Ifoel. Semoga ruh kurban dan pengurbanan senantiasa menjadi landasan hidup kita.
Termasuk dalam proses blogging.
Posting yang mencerahkan!

sepakat broth, blogwalking = kurban kecil2an

met idul adha juga broth

kata temanku hari ini banyak terjadi pembunuhan besar2an...he3..met idul adha ya mas

waaa, saya ghak kebagian ...

selamat merayakan iedul qurban mas ifoel.
memaknai iedul qurban adalah merenungkan betapa seorang bapak bernama Nabi Ibrahim a.s rela mengorbankan anak yg dinanti-nantinya sekian lama kok setelah ada malah harus disembelih. Karena keikhlasannya itulah Allah menggantikannya dengan seekor domba. Apakah teman2 bloggers rela berkorban demi orang yang amat dicintai?

nah selamat menyantap satai dan gulai ...ya

pencerahan dihari yang cerah.aku datang minta soto kambingny*gubrak!he..he..mana?mana?

Sayang sungguh sayang sikap berbagi itu hilang bila kurbannya telah habis, tetangga lapar pun tidak tau, sibuk saja naik haji puluhan kali ke makkah, padahal wajib cuma sekali lebih wajib memberi makan fakir miskin memakan apa yang kita makan pada saudara seagama dan lingkungan, malahnya sekarang kalau tidak ada kurban malah kita makan daging dan darah saudara sendiri dengan menggosip :D .

Thanks bang dah berkunjung ke tempat perdukunan awak :D

SLAMAT IDUL ADHA 1429 H.. Salam untuk keluarga. dan salam kenal ya.. .

@ Babeh : Yah babeh.. baru nongol.. Mei Id juga ya beh...
@ Slikers : Met Idul Adha juga.. oh ya..?? lansung ke TKP deh...
@ Cebong : Misalnya apa bong.. Duit.?? kamu ja yg duluan kasih duit ke aku ya..? xixixixixi..
@ Erik : barusan pondoknya yg ambruk, gantian lagi komputernya yg Error... sabar ya..??
@ uNieQ : Wellcome n Mei Id Dha juga...
@ Adeska : Setuju Banget bro...
@ Panda : bagi dong satenya...kkghkgkhkgkkk...
@ Artha : sama2...
@ Didit : Iya, pembunuhan massal dimana mana.. xixixixix
@ Adinata : :-)
@ Bunda : Selamat menyantap satenya juga ya bunda....
@ Kristina : ambil di lemari non..hehehe.. Met Id Adha ya..??
@ Medan Blogger : thanks for comment.. teng kyu...
@ Andi Lumut : Met Id Adha juga ya... Salam..
@ Alief ; sama2 sobat....

Sepertinya berkurban di era sekarang ini konteksnya boleh dikatakan lebih luas...tidak hanya menyangkut simbolis pemotongan hewan kurban saja.
Selamat Iedul Adha...semoga hari ini menjadi lebih bermakna.

waaah bener juga broo,..butuh pengorbanan juga buat itu,..

mat idul adha mas, satenya mana?
semoga persahabatan tak lekat oleh waktu
amin

setuju, setuju....
idul kurban sebaiknya hanya dijadikan momentum awal untuk tindakan keseharian selanjutnya. hingga nantinya bisa lebih bisa 'berkurban' dan ikhlas dalam berbagi dengan sesama.

met idul adha bagi yang merayakannya

met Idhul Adha yak!

iya nih.blakangan gwa sibuk banget.
jadi udah jarang blogging.
hehe...

Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H

@ Yopan Prihadi : Benar bang.. Met Id Adha juga ya..??
@ Brigadista : ya iya lah.. masa ya iya dong.. hehe
@ Awi : Met Berkurban juga....
@ Wirati : Saenya di lemari tuh.. di ambil sendrir aja ya..?? xixixixixixi
@ Goenoeng : Setuju juga bang..
@ Roni : teng kyu.....
@ 88th : Teng kyu.. gpp Mas.. enjot aja..
@ Budi :Met Id Adha 1429 H......

berkorban dihubungkan dg kegiatan ngeblog? now that's something new!

met idul adha

sekarang masih bau-bau daging kambing niiiii, ...

met hari idul adha buat temen blogger muslim...sapa yg mao rendang padang,lamak bana

wah telat yah..
met idul adha juga mas..

Celamat hari qurban mas iful ^_^

mas iful ada di gorontalo ya..

he..he.. bisa aja nih... kurban waktu buat blogging gitu ya... wakakak...
siip deh bro...

selamat Idul Adha 1429 H

Met idul adha juga ya?
Kapan makan-makan satenya?
Hehehe...

@ Nita : Iya.. ngga boleh ya..??
@ INdra Putu : hehe... minta sate dong..khkhkgkgkg
@ David : Bagi2 dong.....
@ Belajar ngeblog : Gpp..teng kyu...
@ gellY : Yo'i..why..??
@ Busby SEO Test : Sip22 deh boss...
@ Hawee : Met Id Adha 1429 H too....
@ Edi Psw : di rumah masing - masing aja deh.. hehhehehe

Aduh kalu gitu Whienda salah ya! Gara-gara ngeblog malah nyokab yng jadi korban. Tiap pagi ngebangunin dan bikin sarapan. Matiik aku. berdosa, nih!

Mari kita ambil hikmahnya...agar menjadi pelajaran bagi kehidupan kita di dunia ini.

maap mas telat ngucapin selamat hari raya Idul Adha 1429 H...

Slamat hari raya idul adha 1429 h, maaf lahir dan bathin..
eh..klo g salah sudah ya bro..gpp deh 2 x, btw namaku g ada..hiks..

@ Whilenda : hehehe.. tu kategori korban apa ya..??
@ Zulfahri : setuju bro....
@ Fina : bagi dong....
@ Lyla : Gpp... Met Id Adha juga ya mba...
@ Nyante aza lae : Met Id Adha 1429 H too....

setuju...yuk saling berbagi informasi sebagai pengikat diantara kita...apapun itu infonya pasti tetap berguna bagi sahabat yg lain karena sesungguhnya setiap manusia itu "uniq"

happy lebaran qurban day.....qurban hyukkkk


thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

Amin .....................
pengobatan gondok beracun alami


thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

Amin .....................
pengobatan gondok beracun alami



nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon