Hari ini :


Kasih Ibu Tiada Duanya

Alkisah di sebuah desa, ada seorang ibu yang sudah tua, hidup berdua dengan anak satu-satunya. Suaminya sudah lama meninggal karena sakit. Sang ibu sering meratapi nasibnya memikirkan anaknya yang mempunyai tabiat sangat buruk yaitu suka mencuri, berjudi, mabuk, dan melakukan tindakan-tindakan negatif lainnya. Ia selalu berdoa memohon, “Tuhan, tolong sadarkan anak yang kusayangi ini, supaya tidak berbuat dosa lagi. Aku sudah tua dan ingin menyaksikan dia bertobat sebelum aku mati. Tetapi, si anak semakin larut dengan perbuatan jahatnya.


Suatu hari, dia dibawa kehadapan raja untuk diadili setelah tertangkap lagi saat mencuri dan melakukan kekerasan di rumah penduduk desa. Perbuatan jahat yang telah dilakukan berkali-kali, membawanya dijatuhi hukuman pancung. Diumumkan ke seluruh desa, hukuman akan dilakukan di depan rakyat desa keesokan harinya, tepat pada saat lonceng berdentang menandakan pukul enam pagi.

Berita hukuman itu membuat si ibu menangis sedih. Doa pengampunan terus dikumandangkannya sambil dengan langkah tertatih dia mendatangi raja untuk memohon anaknya jangan dihukum mati. Tapi keputusan tidak bisa dirubah! Dengan hati hancur, ibu tua kembali ke rumah.

Keesokan harinya, di tempat yang sudah ditentukan, rakyat telah berkumpul di lapangan pancung. Sang algojo tampak bersiap dan si anak pun pasrah menyesali nasib dan menangis saat terbayang wajah ibunya yang sudah tua.

Detik-detik yang dinantikan akhirnya tiba. Namun setelah lewat lima menit dari pukul 06.00, lonceng belum berdentang. Suasana pun mulai berisik. Petugas lonceng pun kebingungan karena sudah sejak tadi dia menarik tali lonceng tapi suara dentangnya tidak ada. Saat mereka semua sedang bingung, tiba-tiba dari tali lonceng itu mengalir darah. Seluruh hadirin berdebar-debar menanti, apa gerangan yang terjadi? Ternyata di dalam lonceng ditemui tubuh si ibu tua dengan kepala hancur berlumuran darah. Dia memeluk bandul dan menggantikannya dengan kepalanya membentur di dinding lonceng.

Si ibu mengorbankan diri untuk anaknya. Malam harinya dia bersusah payah memanjat dan mengikatkan dirinya ke bandul di dalam lonceng, agar lonceng tidak pernah berdentang demi menghindari hukuman pancung anaknya.

Semua orang yang menyaksikan kejadian itu tertunduk dan meneteskan air mata. Sementara si anak meraung-raung menyaksikan tubuh ibunya terbujur bersimbah darah. Penyesalan selalu datang terlambat!

MARILAH MERENUNG

Kasih ibu kepada anaknya sungguh tiada taranya. Betapapun jahat si anak, seorang ibu rela berkorban dan akan tetap mengasihi sepenuh hidupnya. Maka selagi ibu kita masih hidup, kita layak melayani, menghormati, mengasihi, dan mencintainya. Perlu kita sadari pula suatu hari nanti, kitapun akan menjadi orang tua dari anak-anak kita, yang pasti kita pun ingin dihormati, dicintai dan dilayani sebagaimana layaknya sebagai orang tua.

Beruntunglah mereka yang masih memiliki Ibu..... Apakah orangtua kita sudah makan atau belum? Apakah orangtua kita sudah bahagia atau belum? Apakah ini benar? Kalau ya, coba kita renungkan lagi. Saat kita masih mempunyai kesempatan untuk membalas budi orangtua, lakukanlah yang terbaik. Jangan sampai ada kata "menyesal" di kemudian hari. Bagi yang telah ditinggalkan Ibu, kapan terakhir kali kita kirimkan do'a untuk beliau..?

SELAMAT HARI IBU
22 DESEMBER 2008


Story from here
Picture from here

48 komentar:

  1. wah, keren banget mas ifoel. benar-2 menyentuh. pengorbanan seorang ibu yang tanpa mengharapkan sesuatu kecuali anaknya tersadar. Saya merinding bacanya bro.

    ReplyDelete
  2. Jika kita bertanya tentang sesuatu yang abadi, maka jawabannya adalah KASIH IBU ...

    Jika kita bertanya tentang Keikhlasan, maka jawabannya adalah KASIH IBU ...

    Jika kita bertanya tentang belaian yang maha bijak, maka jawabannya adalah KASIH IBU ...

    Tapi jika kita bertanya tentang sesuatu yang paling menakutkan, maka jawabannya adalah MURKA IBU ...!!!

    jadi ingat ibu saya jauh di Kalimantan sana ..
    Sembah sujud ananda ...semoga ibu sehat ..

    ReplyDelete
  3. memang tiada duanya kasih sayang seorang ibu
    tiada tanding tiada banding

    salam kenal...

    ReplyDelete
  4. kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak panjang galah. i love you mom.

    ReplyDelete
  5. ibu, daku kangen dengan engkauuuuuuuuuuuuuuu :(

    ReplyDelete
  6. 100% setuju
    bahkan saat anak anaknya sudah bisa hidup sendiri, Ibu g pernah minta apa apa

    ReplyDelete
  7. Di dunia ini mungkin hanya ibu yang tulus kasih sayangnya. Beliau hanya memberi tanpa mengharapkan balas. Baik atau jahat kita tetap beliau sayang, tetap beliau perhatikan, tetap beliau didik.
    Selamat hari ibu, semoga semua ibu di Indonesia dapat merasakan kebahagiaan ini.

    ReplyDelete
  8. aduh aku terharu nih
    jadi nangis nieh
    aku punya kenangan khusus dgn ibu, main ke blogku yah

    ReplyDelete
  9. Ibu takkan pernah mati dalam ingatan, terlalu berharga jika kita tukar ingatan itu dengan hanya semangkuk kacang merah..thanks bang sudah merefleksi arti penting seorang ibu untuk kita semua

    ReplyDelete
  10. semua ibunda pemaaf. meski anaknya suka menjengkelkan.
    semua ibunda ikhlas, meski sendirinya belum makan
    semua ibunda sayang pada anaknya
    alhamdulillah masih bisa sering berjumpa dengan ibunda.
    wah wah jadi mendadak mellow ...

    ReplyDelete
  11. kasih ibu kepada beta,
    tak terhingga sepanjang masa
    hanya memberi tak harap kembali
    bagai sang surya menyinari dunia....
    SELAMAT HARI IBU....

    ReplyDelete
  12. selamat hari ibu buat semua para ibu di dunia...
    pengorbananmu takkan pernah bisa kami balas...

    tengkyu

    ReplyDelete
  13. wah... mas ifoell.. ceritanya bikin aku inget sama ibuku :( semoga ibuku sehat2 aja deh :(

    ReplyDelete
  14. mas postinganmu membuatku berurai airmata
    semoga kelak aq bs menjadi ibu yang menghasilkan generasi robbani,amin
    selamat hari ibu :)

    ReplyDelete
  15. Aq banyak salah pd ibuku..seandainya beliau dekat dgnku kuingin jg mohon maaf..ku hanya bs ktemuan wkt lebaran doank...hik..hik..Kasih ibu spanjang masa..maaf ibuuuu...

    ReplyDelete
  16. ceritanya sedih banget mas ifoel aku ingat ama ibu di kampung

    ReplyDelete
  17. tidak ada kata-kata yang cocok untuk mengungkapkan perasaan saya setelah membaca postingan ini.
    Thx!

    ReplyDelete
  18. *mbrebes mili*

    anak kenthir, aku benci sama anak itu,
    baru liat ibunya bersimbah darah baru nangis,
    jangan dekati narkoba dan minuman keras,

    smoga ibu itu dimaafkan kesalahanya...

    ReplyDelete
  19. SELAMAT HARI IBU...
    Saya ngga bisa komentar, ikut terharu...

    ReplyDelete
  20. Kadang kita baru merasakan Cinta kasih seorang Ibu kepada kita Pada saat mereka telah meninggal kan kita semua.. Everyday is Mother's Day..

    ReplyDelete
  21. duh, sangat manis ceritanya. Jadi mau menyenangkan mama lebih sering lagi nih

    ReplyDelete
  22. Semoga semua anak didunia selalu menyayangi ibunya ya..

    ReplyDelete
  23. wah, ilustrasi postingannya jadi bikin inget emak neh..hikzz :(

    ReplyDelete
  24. Ya Tuhan..berikanlah kepada ibuku umur yang panjang, jauhkanlah bliau dari segala macam kesulitan, tanamkanlah slalu kebahagian di hatinya. Amin Yaa Robbal Alamin

    ReplyDelete
  25. waduhhhhhhhhhh mengharukan ceritanya bos......

    MET HARI IBU SEMUANYa

    ReplyDelete
  26. ndak bisa mbayangin bagemana kalo saya melihat sendiri kejadian di atas...

    fiuh... sesek di dada ini...

    ReplyDelete
  27. Kapan ya ada "Hari Ayah" di Indo? Karena aku juga mo bilang sayang, cinta, dan ucapan terima kasih ke Papahku juga..

    Anyway, nitip ucapan "Selamat Hari Ibu" utk semua ibu di Indonesia ya Foel.. Aku gak sempet posting karena gak enak badan hiks..

    ReplyDelete
  28. bener-bener tiada duanya

    seorang ibu bagi anaknya,,,

    ReplyDelete
  29. kasih ibu sepanjang msa ga ada matinya..

    ReplyDelete
  30. selamat hari ibu ya mas telat nih ngucapinnya :)

    ReplyDelete
  31. wah..ceritanya mengharukan sekali...

    ReplyDelete
  32. Maafkan aku ibu, aku belum sempat membahagiakan mu selama hidup ....! Kini engkau telah tiada, dan aku pun tak dapat membahagiakan mu...? Semoga doa ku dapat membahagikan mu di akhirat kelak, AMAIN, AMIN , YAROBBAL'ALAMIN

    ReplyDelete
  33. Mom is the best pokonya.. :)

    nice posting Foel..

    ReplyDelete
  34. ngebacanya jadi inget ama ibu...nih, aku terharu....kang tukeran link ya, linknya aku add di tempat aku, link balik yah kang

    ReplyDelete
  35. mengharukan...
    selamat hari ibu

    ReplyDelete
  36. saya terharu, sedih ingat ibu saya juga

    ReplyDelete

  37. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    ReplyDelete

  38. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    ReplyDelete


  39. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    ReplyDelete

Stop SPAM Comments