Adsense

13 Trik Psikologi Sederhana Yang Dapat Diterapkan Untuk Menguasai Pikiran Orang Lain

Bolehkah kita mengendalikan pikiran orang lain? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, tergantung psikologi Anda. Disanubari hati kita yang paling dalam pasti pernah memiliki keinginan untuk mengendalikan orang lain, bahkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat, pasti kita pernah memiliki pikiran atau impian-impian seperti ini.

Sebenarnya mudah untuk membuat orang melakukan beberapa hal tanpa mereka sadar kalau Andalah yang membuat mereka melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup mempelajari 13 trik psikologi berikut ini.


Anda akan takjub betapa mudahnya menguasai pikiran orang lain. Tentu saja hal ini butuh latihan dan tingkat percaya diri yang tinggi, dan akan menjadi sedikit lebih sulit diterapkan pada orang yang memiliki mental kuat.


1. Membuat Orang Lain Setuju

Saat Anda mengajukan permintaan pada orang lain, buat mereka setuju denganmu dengan cukup menganggukkan kepala. Tindakan ini membuat mereka percaya bahwa apa yang Anda katakan itu benar dan bahwa mereka harus mengangguk "ya" juga. Ini memanipulasi pikirannya sebagai makhluk sosial.


2. Pengkondisian Kata

Ketika sedang melakukan percakapan dengan orang lain, pilih satu kata yang pernah ia ucapkan, lalu setiap ia mengucapkan kembali kata itu atau kata yang mirip dengan itu, tersenyumlah, anggukkan kepala, atau beri ia semacam afirmasi positif. Perhatikan perubahannya, di satu titik ia akan mulai mengulang kata tersebut terus menerus.


3. Trik Brokoli

Kamu ingin anak-anak mudah memakan sayur brokolinya? Coba minta mereka untuk memilih apakah mau makan 2 potong atau 5 potong brokoli. Dengan cara ini, pilihan mereka bukan pada mau atau tidak mau makan sayur, tapi pilihannya mau berapa banyak mereka makan brokoli.

Dengan memberi mereka pilihan antara lebih rendah dan lebih tinggi, kamu membuat mereka merasa bisa mendapatkan 'pilihan jahat' yang lebih sedikit diantara dua pilihan tadi. Trik ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, ini yang sering admin terapkan.. hehe...


4. Efek Zeigarnik

Pernah merasa ada lagu yang nyangkut di kepalamu? Pikirkan (atau nyanyikan) kalimat terakhir dari lagu tersebut. Pikiran kita cenderung akan terus memikirkan tentang tugas-tugas yang belum selesai, ini disebut sebagai Efek Zeigarnik. Dengan memikirkan akhir lagu, kamu memberikan sinyal ke otak bahwa tugasnya telah selesai, dan lagu tersebut tak lagi nyangkut di kepala.


5. Membangun Daya Tarik

Ketika bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, saat hendak berjabat tangan, pastikan tanganmu terasa hangat. Sebuah jabat tangan yang hangat akan lebih mengesankan dibanding tangan yang dingin.

Anda juga harus secara halus meniru postur dan tindakannya, karena itu akan membangun kepercayaan dan membuatnya merasa cocok denganmu.


6. Mendapatkan Informasi

Ingin teman bisa terbuka padamu? Bertanyalah padanya, buat kontak mata terus-menerus dan tetap diam selama beberapa detik. Ia akan 'dipaksa' untuk terus bicara, meskipun mungkin ia akan merasa sedikit jengkel, namun ia akan terus bicara.


7. Gunting, Kertas, Batu

Ingin jadi juara tak terkalahkan dalam permainan gunting, kertas, batu? Cukup tanyakan sebuah pertanyaan sebelum permainan dimulai. Jika kamu bertanya sesaat sebelum aba-aba 'gunting, kertas, batu' dimulai, mereka akan hampir selalu menjadi bertahan dan selalu memilih 'gunting'.


8. Aku Tahu Apa yang Kamu Pikirkan

Ingin meyakinkan anak-anak kalau Anda adalah seorang paranormal? Jika Anda melihat anak sedang berbuat nakal tanpa ia tahu terlihat olehmu, berpalinglah selama beberapa detik. Saat memunggunginya, panggil anak dan sebutkan tingkah nakalnya tanpa berpaling. Mereka akan yakin kalau Anda bisa membaca pikirannya.


9. Nasihat Orangtua

Ingin orang bisa memperhatikanmu dengan serius? Bilang padanya bahwa saran yang Anda sampaikan adalah saran yang diberikan Ayahmu. Orang akan cenderung lebih menerima dan percaya pada nasihat orangtua.


10. Konfrontasi

Jika Anda melihat seseorang akan mendebatmu dalam sebuah rapat, duduklah tepat bersebelahan dengannya. Ini akan menjadi situasi yang canggung untuk berbicara tajam atau menjadi agresif pada orang yang dekat dengannya. Tak ada orang yang mau duduk bersebelahan dengan orang yang baru saja dicercanya, ambil keuntungan dari situasi ini.


11. Menangkap Penguntit

Anda takut seseorang menguntitmu? Berpura-puralah menguap sambil melirik orang yang Anda curigai mengikutimu. Karena menguap itu menular, mereka akan otomatis menguap juga, dari situ Anda bisa pastikan orang tersebut memang sedang mengikuti Anda.


12. Membuka Jalan di Kerumunan Orang

Jalanmu terhalang oleh kerumunan orang? cukup lihat kearah tujuan Anda dan pandang terus seakan terbentuk garis lurus kearah yang dituju. Pada area yang sibuk, orang-orang biasanya memperhatikan orang lain untuk melihat kemana mereka bergerak agar tidak bertubrukan. Dengan melihat kearah tujuanmu, orang lain akan menjauhi jalur yang akan Anda lewati.


13. Memerintah orang lain tanpa ia sadari

Jika Anda ingin temanmu membawakan sesuatu untukmu, contoh, jika Anda baru saja membeli buku dan ingin temanmu yang membawanya, yang harus kamu lakukan adalah terus bicara sambil menyerahkan bungkusan buku tersebut kepadanya. Kebanyakan orang akan otomatis mengambil bungkusan tersebut tanpa berpikir. Meski begitu, beberapa orang mungkin akan menjadi bingung, dan hanya sedikit bahkan sangat jarang ada orang yang menolaknya. Trik ini disebut 'The Talk and Pile".


Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar