Adsense

Membuat Halaman Portrait dan Landscape dalam Satu File Word

Edit dokumen di Microsoft Word kadang susah-susah gampang, ya? Dengan banyaknya fitur yang disediakan, set page layout Word bisa bikin dahi mengerut alias bingung. Termasuk Bagaimana Cara Membuat Halaman Potrait dan Landscape dalam satu file Word.

Sehingga Cara membuat halaman portrait dan landscape dalam satu file Word penting diketahui bagi Anda yang sedang menyusun laporan, tugas akhir atau skripsi. Sayang hal ini belum banyak diketahui orang.

Namun, tenang aja! Tutorial ini bakal membantu Anda set up halaman dokumen Word hingga berhasil membuat dua orientation dalam satu file. Bisa cepat, kok!

Cara Pertama Membuat Halaman Potrait dan Landscape Dalam Satu File Word

Membuat dua halaman berorientasi berbeda bisa dilakukan dengan memisah section keduanya. Selanjutnya, Anda harus mengatur posisinya, apakah potrait atau landscape.

Nah, supaya tak hanya membayangkannya, coba buka aplikasinya, lalu ikuti tahapan cara membuat halaman potrait dan landscape dalam satu file Word berikut:

  1. Buka dokumen Word seperti biasa melalui ‘File Explorer’ atau ‘Finder’. Bisa juga menjalankan aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu, lalu pilih ‘Open’ > klik file yang Anda edit. Jika belum punya, jalankan Microsoft Word > new document;
  2. Setelah terbuka, gulir dan letakkan kursor di lembar terakhir yang akan berbatasan dengan halaman beda orientasi. Misal, lembar yang di posisi kursor menjadi potrait, maka halaman selanjutnya diubah landscape;
  3. Di menu bar atas, pilih opsi ‘Page Layout’;
  4. Akan tampil beragam tools pengaturan halaman dokumen;
  5. Klik ‘Breaks’ atau ‘Pisahkan’ pada grup menu page layout;
  6. Akan muncul dropdown menu yang terdiri dari beberapa pilihan opsi breaks;
  7. Pilih ‘Next Break’ pada sub kategori section break untuk memisahkan pengaturan kedua halaman. Tahapan ini secara otomatis akan memunculkan halaman baru yang tampak tidak berbeda, tetapi sejatinya telah memiliki set up yang tidak terhubung dengan halaman sebelumnya;
  8. Arahkan atau Letakkan kursor di halaman baru;
  9. Kembali ke ‘Page Layout’ di menu bar atas;
  10. Klik ‘Orientation’ untuk mengubah bentuk halaman menjadi potrait atau landscape. Pilih orientasi sesuai keinginan;
  11. Selesai.

Dokumen Anda kini memiliki dua halaman berbeda. Jika pernah mengubah halaman Word menjadi dua orientasi berbeda, tetapi tidak berhasil, bisa jadi Anda melewatkan tahapan ‘Breaks’. Meski tidak terlihat, pengaturan pemisahan ini memiliki peran penting dalam membedakan fungsi antar halaman tersebut. Hasilnya, halaman selanjutnya tidak memiliki pengaturan yang sama dengan sebelumnya.

Ketika menerapkan untuk selanjutnya atau halaman yang lain, Anda bisa menambahkan banyak ‘Breaks’ untuk membuat orientasi berbeda di tiap halaman.


Cara Kedua Membuat Halaman Potrait dan Landscape Dalam Satu File Word

Tidak hanya merubah atau membedakan satu halaman saja, Anda juga bisa membuat atau mengaturnya untuk seluruh halaman selanjutnya. Misalnya, mulai halaman kedua atau ketiga hingga seterusnya memiliki orientasi landscape, sedangkan halaman sebelumnya berbentuk potrait.

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka dokumen Word yang akan dijadikan dua orientasi berbeda dalam satu file
  2. Letakkan kursor di halaman yang ingin Anda ubah orientation-nya
  3. Buka menu ‘Page Layout’ pada menu bar
  4. Jika Anda pengguna Microsoft Word versi Windows, maka Anda bisa membuka jendela page layout dengan klik tanda panah kecil di ujung grup menu;
  5. Pilih orientasi yang Anda inginkan pada jendela page layout;
  6. Atur opsi ‘Apply To’ menjadi ‘This Point Forward’;
  7. Selesai, dokumenmu memiliki dua orientasi berbeda dan pengaturannya tetap sama.
Nah, Cara membuka jendela page layout Microsoft Word versi MacOS yakni dengan memilih ‘Format’ di menu bar paling atas > klik ‘Dokumen’. Secara otomatis akan terbuka jendela baru yang mengatur page layout;

Untuk mengatur halaman seperti versi Windows, Anda perlu mengubah orientasi di halaman awal, lalu masuk ke page layout untuk menyesuaikan ‘Apply to’-nya. Begini caranya:
  1. Buka dokumen Word yang akan dijadikan dua orientasi berbeda;
  2. Letakkan kursor di halaman yang ingin Anda ubah orientation-nya;
  3. Buka jendela page layout dengan klik Format > Dokumen > Margin;
  4. Atur opsi ‘Apply To’ menjadi ‘This Point Forward’;
  5. Kembali ke menu ‘Page Layout’ di menu bar Microsoft Word;
  6. Pilih orientasi yang Anda inginkan pada kelompok grup page layout;
  7. Selesai, dokumenmu memiliki dua orientasi berbeda dan pengaturannya tetap sama.
Sebagai tambahan, Anda bisa menyesuaikan konten yang ada di halaman dengan orientasi berbeda tersebut. Misalnya, tabel di halaman landscape bisa panjang ke samping, tetapi begitu diubah menjadi potrait Anda perlu mengatur lagi tabel tersebut.

Nah, bagaimana? Cara membuat halaman potrait dan landscape dalam satu file Word cukup mudah, kan? Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar