Asal Usul dan Rahasia Dibalik Nama Google Apple Intel Yahoo! Microsoft

Di keseharian kita, sering menemukan bahkan menjadi pengguna setia dari berbagai merk perusahaan teknologi ternama, seperti Google, Apple, Intel, Yahoo!, Microsoft dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda bahwa dibalik nama perusahaan-perusahaan besar ini tersimpan kisah unik dan sejarah yang cukup panjang?

Nama-nama mereka pun punya riwayat tersendiri. Ya, ada arti, rahasia yang tersimpan dan mungkin sejarah tersendiri di balik nama-nama perusahaan teknologi besar itu. Apakah terkait nama pendirinya atau singkatan tertentu, berikut Blog Anak Bangsa akan menguraikannya secara singkat.

Google


Google adalah mesin pencari di Internet yang berbasis di Amerika Serikat. Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer di web dan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari melalui situsnya dan situs-situs web kliennya seperti American Online (AOL).

Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D dari salah satu universitas paling bergengsi di Amerika Serikat, Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin.

Pada awal tahun 1996 keduanya mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Page dan Brin memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka.

Mereka pun bekerja sama menciptakan mesin pencarian online yang menampilkan hasil sangat banyak dari berbagai situs dan ini menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka. Karenanya, mereka sepakat ingin menamainya sebagai Googol yang artinya adalah angka satu diikuti seratus buah nol, sebagai lambang pencarian sangat banyak.

Akan tetapi ketika mereka mendaftarkan proyek itu pada investor, terjadi kesalahan. Seorang investor menanamkan modal pada perusahaan Google, bukan Googol. Rupanya ia salah menyebut.

Namun Page dan Brin merasa nama Google lebih menarik. Jadilah mereka malah memakai nama tersebut untuk seterusnya hingga saat ini. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc. pada 7 September 1998.


Intel



Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya.

Intel didirikan di Mountain View, California pada tahun 1968. Pendirinya adalah Gordon E. Moore, Robert Noyce dan juga Arthur Rock yang menjadi investor pertamanya.

Moore dan Noyce awalnya ingin menamai perusahaan barunya itu sebagai Moore Noyce, gabungan nama mereka berdua. Namun setelah dipikir-pikir, nama itu dianggap tidak cocok menjadi sebutan sebuah perusahaan teknologi tersebut.

Alhasil, selama setahun mereka menggunakan NM Electronics yang adalah singkatan nama mereka. Sampai kemudian terbersit nama Integrated Electronics yang disingkat sebagai Intel.

Namun kala itu, Intel sudah menjadi hak cipta hotel bernama Intelco. Moore dan Noyce memutuskan membeli hak penggunaan nama Intel pada pengelola jaringan hotel tersebut. Perusahaan pun disebut sebagai Intel Corporation sampai sekarang.


Microsoft



Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer.

Bill Gates dan Paul Allen adalah dua sosok jenius yang merintis Microsoft. Dua sahabat sejak masih kecil yang menggemari pemrograman komputer dan berusaha membuat bisnis yang sukses dengan memanfaatkan kemampuan mereka.

Cikal bakal didirikannya Microsoft adalah pada tahun 1975, tepatnya pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Microsoft sendiri bukanlah nama tanpa arti. Kata ini adalah kepanjangan dari Microcomputers dan Software.

Pada awalnya, kata Microsoft ditulis secara terpisah. Jadi ketika itu ditulis sebagai Micro-soft. Namun pada tahun 1976, Allen dan Gates mendafarkan nama Microsoft sebagai kata tunggal, tidak dipisah lagi hingga populer dan digunakan sampai saat ini.


Apple



Apple adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi.

Apple didirikan pada tanggal 1 April 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

Ada berbagai cerita tentang dari mana nama Apple berasal. Namun yang paling sahih tampaknya berasal dari biografi resmi Steve Jobs karangan Walter Isaacson. Dalam buku yang terbit sesudah Jobs wafat itu, sang pendiri Apple berkata pada Isaacson bahwa pada zaman dulu dia mencoba berbagai variasi diet. Pernah dia hanya makan buah dan sayuran saja.

Apple menjadi salah satu kesukaan Jobs kala diet. Dia spontan memutuskan memakai nama Apple sepulang dari sebuah perkebunan Apple. Alasannya? Jobs memilih Apple karena nama ini dinilainya fun, bersemangat dan tidak mengintimidasi.

Yahoo!



Yahoo! adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari Yahoo! Search Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.

Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa.

Yahoo! didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk tanggal 2 Maret 1995. Kala itu, Jerry Yang dan David Filo menciptakan website yang bernama "Jerry's guide to the world wide web". Ini adalah cikal bakal Yahoo.

Pada bulan Maret 1994, website itu diubah namanya menjadi Yahoo!. Domain yahoo.com diciptakan pada 18 Januari 1995. Yahoo! adalah akronim "Yet Another Hierarchical Officious Oracle". Masing-masing kata punya maksud tersendiri. Istilah hierarkis menunjukkan bahwa database Yahoo disusun dalam berbagai sub kategori.


Demikianlah sejarah singkat dan asal usul serta rahasia dibalik nama Google, Apple, Intel, Yahoo! Microsoft. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita tentang perusahaan-perusahaan raksasa yang produknya sering kita gunakan sehari-hari.



Dirangkum dari berbagai sumber

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon