Adsense

Cerita Rakyat Nusantara dari Gorontalo, Legenda Telapak Kaki Lahilote di Pantai Pohe

Pada zaman dahulu, di suatu tempat di tanah U Duluo Lo'u Limo Lo Pohite, hiduplah seorang pemuda bernama Lahilote. Perawakan tegap, badan tinggi besar dan suka berburu.

Dengan pekerjaan mengejar binatang buruan, ia sering moleleyangi (mengembara masuk keluar hutan). Angan-angannya tinggi, hatinya keras, kemauannya kuat, sehingga tak ada satu pun yang tidak dapat dilaksanakannya.

Di suatu pagi, Lahilote seperti biasanya keluar rumah, mengembara mencari binatang hutan. ia tiba-tiba di kejutkan oleh suara ribut-ribut. Suara itu kadang melemah, kadang keras. "suara apakah gerangan itu?" tanya Lahilote dalam hati.


Kemudian ia perlahan-lahan menuju ke tempat suara itu. Setelah tiba di tempat suara itu, lahilote lalu mengintip dari tempat yang jauh. Dilihatnya tujuh wanita sedang mandi di kolam, semuanya cantik jelita.

Selesai mandi, wanita-wanita itu kemudian memakai kembali pakaiannya dan segera terbang ke kayangan. Nyatalah baginya bahwa wanita yang dilihatnya itu adalah putri lo owabu (putri bidadari).

Setelah mengetahui bahwa putri-putri kayangan sering berdatangan mandi di kolam itu. Lahilote kemudian selalu datang dan mengintip untuk mencari tahu kapan mereka datang lagi. Tepat hari ke tujuh, tibalah nampak tujuh buah titik hitam dari angkasa, menuju kolam itu. lahilote pun bersembunyi di semak-semak dan belum menampakkan dirinya. Ia khawatir jangan sampai kepergok oleh mereka dan menyebabkan mereka takut. Lahilote tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Ia berupaya mencari akal untuk menahan salah seorang gadis dan akan mempersuntingnya.

Dengan kesaktiannya, Lahilote mengubah dirinya menjadi seekor ayam hutan jantan dan segera mencuri salah satu dari tujuh sayap yang di letakkan tadi dan membawanya pulang.

Lahilote menyembunyikan sayap itu di dalam lumbung padi. Kemudian ia kembali ke mata air untuk melihat apa yang telah terjadi. Ternyata bidadari-bidadari itu segera berangkat ke kayangan satu demi satu. Namun betapa sedihnya seorang bidadari yang di tinggal sendirian karena kehilangan sayapnya. Ia menangis tersedu-sedu.

Lahilote pun mendekati gadis itu dan mencoba merayunya. Gadis itu bernama Boilode Hulawa.

“Sudah jangan menangis. Mari kita cari sayapmu bersama-sama. Untuk malam ini, kamu menginap saja di gubukku,” Lahilote menawarkan bantuan.

Bidadari itu menuruti saran Lahilote. Akhirnya malam itu bidadari yang tertinggal oleh kawan-kawannya memilih menginap di gubuk Lahilote. Lahilote senang bukan kepalang, sedikit lagi keinginannya menikah dengan bidadari akan terwujud.

Lahilote berpura-pura membantu mencari sayap bidadari. Selama berbulan-bulan mereka berdua mencari pusaka bidadari yang bisa mengantarkannya terbang ke angkasa ini. Dan selama proses pencarian sayap itulah telah tumbuh rasa suka diantara Lahilote dan bidadari.

Mereka berdua saling jatuh cinta dan bersedia hidup bersama. Akhirnya keduanya pun menikah dan hidup bahagia. Bidadari itu telah lupa tujuan awal ia datang ke gubuk Lahilote adalah untuk menemukan sayapnya yang hilang, bukan menikah dengan Lahilote.

Setelah menikah, Lahilote setiap hari melaksanakan tugasnya sebagai petani dan berburu. Dia semakin giat bekerja mencari rotan di hutan. Sementara Lahilote bekerja di hutan, Boilode Hulawa, istrinya yang cantik menunggu di rumah. Kegiatan istrinya di rumah adalah memasak, mencuci baju dan membersihkan rumah. Bidadari itu sudah terbiasa melakukan pekerjaan manusia di bumi. Ia melakukan semua itu dengan ikhlas.

Setiap hari Boilode Hulawa mengerjakan pekerjaan yang berat, yang berbeda dengan kehidupan di kayangan. Ia pun menggunakan kesaktiannya sebagai putri kayangan, ia pun dapat memasak dengan satu butir padi bisa mencukupi makan dia dan suaminya, tanpa diketahui oleh suami.

Pada suatu hari, sang suami berpikir, " berapa bulan telah berlalu, aku diberi makan dengan secukupnya, tetapi apa sebabnya padi di lumbung tidak berkurang? dan mengapa pula isteriku tidak pernah menumbuk padi ketika akan memasak?". Demikian tanya Lahilote dalam hati.

Oleh karenanya timbullah niatnya untuk mengamati keadaan isterinya sehari-hari.

Pada suatu hari, Boilode menjerangakan periuk ke atas tungku untuk memasak nasi, ke dalam periuk itu di taruh oleh Boilode sebutir padi kemudian ditutupinya rapat-rapat. Sambil menunggu masak Boilode pergi kesumur untuk mencuci pakaian.

Kemudian Lahilote pun masuk ke dapur dan memeriksa periuk itu. Alangkah terkejutnya Lahilote melihat isinya. Hanyalah sebutir padi terendam di dalam air. Tahulah ia akan rahasia isterinya. Selesai mencuci pakaian, Boilode masuk ke dapur memeriksa nasi yang di masaknya. "Wuh...celaka. masih tetap sebutir padi?" katanya.

Ditunggunya beberapa saat juga tidak berubah. "Ah...mungkinkah suamiku sudah melihat isi periuk ini?" pikirnya. Sambil termenung, Boilode menyesali nasibnya, kini ia harus bekerja keras menumbuk padi.

Lama kelamaan padi itu semakin berkurang. Akhirnya, habislah padi di dalam lumbung itu. Saat Boilode mengambil padi yang terakhir, tampaklah olehnya sayapnya yang dulu hilang dan hal itu dirahasiakan dari suaminya.

Pada suatu waktu, Boilode Hulawa meminta suaminya untuk mencarikan ikan di laut. Lahilote pun segera berangkat ke laut. Boilode sengaja melakukan itu agar ia mempunyai waktu memperbaiki sayapnya dan segera kembali ke kayangan.

Sebelum berangkat, Boilode menemui lumbung padi dan selanjutnya berkata "Wahai lumbung! jangan sekali-kali anda memberi tahu suamiku bahwa sayapku yang engkau simpan telah aku ambil".

Kemudian ia menemui pintu, jendela, dapur, belanga, dan setiap perabot rumah tangga lainnya. Selanjutnya ia menemui tumbuh-tumbuhan, rumput-rumputan, pohon-pohonan untuk maksud yang sama. Kecuali di antara tumbuh-tumbuhan itu, Hutia Mala yang tidak di hubunginya.

Karena konon Hutia Mala atau rotan termasuk satu-satunya yang tidak mau di pengaruhi oleh siapapun. Setelah Boilode berpesan, berangkatlah ia terbang ke angkasa. Ia mengintip keadaan suaminya di pantai. Lahilote sedang tidur nyanyak di pantai. Ia kemudian meludahi suaminya itu dengan luwa lo pomama (air sirih pinang) yang kebetulan sedang di kunyahnya. Luwa tersebut jatuh tepat ke dada Lahilote.

Lahilote terbangun dan merasakan adanya air hangat di atas dadanya. Diperiksanya ternyata air itu adalah luwa lo pomama. "Apakah gerangan yang terjadi?" pikirnya.

Timbul kecurigaan, ketika di teliti lagi dan diciumnya ternyata baunya harum, seperti luwa yang biasa keluar dari mulut isterinya. Setelah meyakini hal tersebut ia merasa bahwa isterinya telah menemukan sayapnya dan pergi meninggalkan dirinya.

Lahilote pun bergegas kembali kerumahnya. Selama dalam perjalanan, Lahilote bertanya kepada batu, "wahai batu! tidakkah kau melihat isteriku, kemana ia pergi?". Batu menjawab sebagaimana yang dipesankan oleh Boilode Hulawa.

"Wahai Lahilote, aku tidak pernah melihat isterimu dan belum pernah mendengar kabar beritanya". Lahilote pun meneruskan perjalanannya. Ia menemui segala makhluk dan tumbuh-tumbuhan yang ada di sepanjang jalan untuk ditanyainya, tetapi semua menjawab tidak pernah melihat dan mendengar kabarnya.

Dengan hati kecewa Lahilote terus mencari jejak isterinya, ia bertanya kepada pintu, namun ia pun tidak memperoleh jawaban yang menggembirakan. Akhirnya Hutia Mala adalah pohon yang terakhir yang ia datangi.

"Wahai Hutia Mala! tidakkah kau melihat isteriku, kemana ia pergi?". Hutia Mala menjawab, "Wahai Lahilote!, aku melihat isterimu dan tahu dimana ia berada". Lahilote pun bertanya kembali, "Wahai Hutia Mala! bisakah kau memberi tahuku dimana ia berada dan mengantarku?".

"Ia telah kembali ke kayangan dan jika kau ingin ku antarkan maka penuhi tiga syarat dariku", jawab Hutia Mala.

Akhirnya Lahilote pun menerima tiga syarat tersebut. Setelah syarat itu terpenuhi, akhirnya Hutia Mala memenuhi janjinya untuk mengantarkan Lahilote ke kayangan. Sesampainya di kayangan, Lahilote melihat gadis-gadis yang sama cantiknya dengan isterinya. Sehingga sulit untuknya mencari isterinya satu di antara gadis-gadis itu.

Akhirnya Lahilote menemukan isterinya Boilode Hulawa. Namun, Boilode Hulawa tidak mengakui bahwa Lahilote adalah suaminya. Asal ada satu syarat, maka Lahilote akan di akuinya sebagai suami dan tinggal di kayangan.

Lahilote pun telah memenuhi syarat dari Boilode Hulawa. Mereka pun menjalin hubungan kembali di kayangan. Selama bertahun-tahun di kayangan, rambut Lahilote pun telah beruban dan di ketahui oleh isterinya.

Konon di dalam kayangan tidak boleh ada yang beruban karena uban adalah tanda-tanda penuaan. Kayangan adalah kehidupan yang abadi maka jika di temukan orang yang beruban berada di kayangan, maka akan segera di lempar ke bumi.

"Kalau begitu cabutlah ubanku ini dan bakarlah" seru Lahilote. "Itu akan lebih berbahaya, orang-orang yang berada di dalam kayangan akan mencium baunya" Sambung Boilode Hulawa.

"Jalan satu-satunya yaitu pergi ke bumi dengan rambut Boliode Hulawa yang akan di sambung-sambung. Lahilote pun mulai turun ke bumi dengan bergelantungan di rambut Boilode Hulawa. Namun belum sampai ke bumi, rambut Boilode Hulawa sudah habis dan ia menjadi gundul.

Sedangkam Lahilote masih melayang-layang di antara langit dan bumi, di hempas-hempaskan oleh angin ke seluruh penjuru mata angin. Rupanya cuaca berubah, langit kini mendung, tiba-tiba kilat memancarkan sinarnya, petir dan halilintar saling menyambar. Angin sejuk berubah menjadi angin topan menghempaskannya ke semua penjuru.

Dalam keadaan demikian, rambut tempat ia bergantung putus dan akhirnya Lahilote jatuh hancur terbelah di angkasa akibat terpaan petir dan angin topan.

ia terbelah dua, tubuh kanannya jatuh di kelurahan Pohe, sehingga telapak kakinya berbekas di atas batu yang ada di pinggir pantai tersebut. Sedangkan tubuh sebelah kirinya jatuh di pulao Boalemo Sulawesi Tengah dan meninggalkan telapak kakinya di sana.

Bekas tapak kaki pada batu yang terdapat pada dua tempat inilah yang salah satunya terletak di Pantai Pohe di sebut oleh orang Gorontalo dengan nama Botu Liodu.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. informasi & issue seputar dunia IT, Hardware & Software yang menarik & mungkin tidak anda dapatkan di media lain.

    coba aja di-browsing,.. banyak info menarik,..spt seting koneksi internet hp cdma dgn kabel data non-original, koneksi internet mobile,murah-meriah (Rp 1/KB) atw (Rp 75/mnt)....YM! multi user,.... freeware,... freegames,... dlsb

    kami cuma senang bagi2 info, siapa tahu bisa bermanfaat atw sharing2.. peace.thx

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa