Adsense

5 Tips Praktis Membuat Blog untuk Pemula

Anda suka menulis? Jika ya, berarti kita se-frekuensi. Selamat datang di Blog Anak Bangsa. Ini tulisanku yang kedua, setelah aku publikasikan alasanku, Mengapa Harus Ngeblog?

Menulis di blog dilakukan sebagai media penyaluran hobi atau menuangkan ide-ide yang ada kepala. Tapi tahukah Anda, dengan menulis di blog maka yang Anda dapatkan bisa lebih dari itu, lho!

Menulis termasuk hobi yang bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas, memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan berbahasa, hingga bisa membantu menurunkan tingkat stress.

Kalau Anda baru akan mulai menjadi blogger, yuk simak beberapa tips membuat blog di bawah ini, yang aku baca dari blog-blog para senior yang mengulas tentang blog, seperti di Kolom Tutorialnya Kang Rohman.

Berikut tips-tipsnya :

1. Tentukan konten yang ingin ditulis



Menentukan konten blog yang akan Anda tulis merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Kita harus menentukan terlebih dahulu topik-topik apa saja yang ingin kita tuangkan dalam blog sebagai passion atau minat kita.

Apakah spesifik blog yang akan dibangun nanti berisi dengan konten yang mereview hobby, tutorial komputer, perjalanan hidup atau memberikan informasi pengalaman-pengalaman terbaik yang pernah dilakukan dalam pengembangan diri.

Kalau membaca tips dari para senior blogger, jika ingin blog kita ramai pengunjungnya dan populer di halaman pencarian, maka kita menulis topik-topik yang popular dan unik-unik di blog. Alasannya sih, karena kalau memulai dengan topik yang kurang populer akan sulit menaikkan jumlah pengunjung blog.

Kata kuncinya, untuk memulai blog, harus fokus pada satu atau dua topik yang relevan, harus benar-benar jeli dalam memilih konten unik dan popular yang sesuai passion kita dan diminati banyak orang.

2. Tentukan nama dan domain blog



Langkah berikutnya merupakan lanjutan dari langkah pertama tadi, setelah kita menentukan topik, saatnya kita menentukan Nama dan domain blog. Mengapa ini sangat penting? Karena nama dan domain blog akan digunakan dalam waktu yang sangat lama. Artinya selama blog kita aktif, selama itu pula nama dan domain blog kita tersematkan. Seperti hal-hal lain dalam hidup, nama adalah hal penting karena akan digunakan selama mengarungi kehidupan.

Kita dapat menentukan nama dan domain blog berdasarkan topik yang telah ditentukan diawal tadi. Kan jadi lucu ketika nama dan domain blog kita A, namun isi atau artikel blog mengulas tentang B.

Contohnya, Nama dan domain blog kita, Kuliner Indonesia, domainnya kulinerkita[dot]blogspot[dot]com, lalu isinya mengulas atau mereview produk atau konten-konten tentang komputer dan smartphone. Jaka sambung bawa golok, gak nyambung bro...

Kata kuncinya, pertimbangkan baik-baik nama dan domain blog, karena penggunaannya jangka Panjang. Pakai nama blog dan domain yang unik dan mudah diingat oleh pembaca.

3. Pilih platform untuk blogging



Sebelum mulai menjadi Blogger, tentunya kita harus menentukan terlebih dahulu platform yang akan digunakan. Terdapat banyak pilihan platform blog yang bisa dipilih, mulai Blogspot, WordPress, Tumblr, dan masih banyak lagi. Pilih platform yang paling sesuai dan mudah untuk digunakan, dan tentunya banyak penggunanya lho.

Agar lebih maksimal dalam memilih platform, kita bisa membandingkan dengan cara melihat beberapa blog para senior dengan platform-platform yang digunakan, lalu pilih yang paling nyaman, mudah, dan menyenangkan untuk digunakan dalam sudut pandang Anda sebagai pembaca.

Kata kuncinya, yang pertama pilihlah platform blog yang sesuai dengan kemampuan kita dalam mengelolanya, yang kedua sesuaikan dengan passion kita. Jangan terbalik. Kalau minat yang diutamakan karena ketertarikan dengan tampilan (view) blog yang kita inginkan, tapi kemampuan dalam mengelolanya (baca: desain) kurang, maka dijamin blog kita akan redup bahkan akan melenyapkan semangat dalam ngeblog.

4 Pilih tema yang sesuai



Langkah keempat ini ada kaitannya dengan tips pada nomor 3. Tema atau tampilan blog merupakan hal pertama yang akan terlihat ketika pembaca mengunjungi blog kita. Pemilihan tema atau desain blog juga dapat mempengaruhi SEO.

Untuk itu, pilihlah tema blog yang membuat pembaca atau pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Kita dapat memilih tema yang sederhana namun tetap memberi kesan dengan navigasi blog yang mudah digunakan.

Memilih tema dengan banyak komponen akan membuat proses pemuatan laman blog menjadi lambat. Lambatnya akses ke blog, tentunya akan membuat pengunjung enggan menunggu dan memilih untuk mengunjungi blog lain yang menyajikan informasi yang sama.

Kata Kuncinya, pilihlah tema dengan tampilan blog yang sederhana, user friendly dan komponen atau menunya kurang di halaman utama. Semakin cepat akses ke blog kita, maka akan membuat pengunjung semakin nyaman berselancar di blog.

5. Konsisten menulis konten



Ada 2 fakta yang ingin aku ungkapkan sebelum memutuskan untuk memulai blog. Fakta yang pertama, jika ingin membuat blog, caranya sangat mudah. Fakta yang kedua, agar blog menjadi populer, sukses dan banyak diminati itu tidak mudah. Sukses dan tidaknya blog, ditentukan oleh konten dan konsistensi kita sebagai blogger untuk menulis.

Nah, Untuk menjadikan blog kita popular di halaman pencarian, maka harus konsisten dalam mengunggah tulisan dan artikel. Anda bisa membuat jadwal unggah konten dan topik yang ingin ditulis pada sebuah catatan khusus. Selain konsisten, dalam menulis artikel kita harus memperhatikan kata kunci, agar lebih efektif dalam SEO (Search Engine Optimization).

Kata kuncinya, menulis konten harus memperhatikan kualitas dibanding kuantitas, buat tulisan yang bagus dan menarik sesuai passion, dan berpusat pada kata kunci. Jika ingin membuat pembaca terlibat secara aktif melalui kolom komentar, mesin pencarian Google akan memperhatikan dan memberi peringkat pada blog kita untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian.

***

Nah, segini aja rangkuman tips untuk menjadi blogger pemula bagi yang baru ingin memulai blog. Semoga menjadi bahan referensi bagi Anda yang baru akan membuat blog. Aku pun masih belajar seni nge-blog dari para senior-senior blog.

Kata kunci yang terakhir untuk menjadi seorang blogger, harus sabar dan konsisten. Karena untuk menjadi seorang Blogger dengan banyak pembaca tentu tidak dapat diraih secara instan. Kontenmu sesuaikan dengan minatmu, Anda dapat belajar dasar-dasar menjadi seorang Blogger di blognya Kang Rohman, Kolom Tutorial Blogspot.

Sekian. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan renungan.

Posting Komentar

0 Komentar