5 Cara Baru Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang sangat umum dan kronis yang mempengaruhi orang di seluruh dunia. Penderita diabetes biasanya mengalami kenaikan gula darah yang pada akhirnya memicu komplikasi kesehatan. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh seseorang dan dapat menjadi penyebab awal terjadinya komplikasi penyakit pada tubuh, sekaligus memungkinkan penderita diabetes lebih rentan untuk terkena sakit jantung, stroke maupun sakit lainnya.

Saat ini, berdasarkan data dari WHO, Indonesia menempati posisi lima besar sebagai penderita diabetes terbanyak di Dunia. Hal itu menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat indonesia akan penyakit diabetes serta akibat yang ditimbulkan masih minim.

Diabetes juga disebut sebagai penyakit gaya hidup untuk alasan yang baik. Resiko terkena gangguan gula darah berkurang drastis jika Anda melakukan diet yang sehat, berolahraga dan mengontrol tekanan darah Anda, berat badan dan kolestrol. Berikut beberapa cara baru berdasarkan penelitian baru untuk mencegah diabetes seperti yang dilansir aarp.

  1. Sarapan Setiap Hari

    Makan sesuatu, apa pun dalam waktu dua atau tiga jam, setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes, menurut penelitian baru. "Kami menduga konsistensi makan setiap hari membantu mengendalikan nafsu makan dan asupan kalori, yang membantu mencegah penurunan berat badan," kata penulis Andrew Odegaard, rekan penelitian di University of Minnessota. Jangan memilih makanan sehat jika memungkinkan. Diantara pilihan terbaik untuk Anda antara lain, persik dan nektar. Buah-buahan batu ini memiliki senyawa bioaktif yang dapat membantu mencegah obesitas yang berhubungan dengan diabetes dan penyakit jantung, menurut ilmu terobosan yang dipresentasikan pada Agustus 2012, pada meeting America Chemical Society.

  2. Meningkatkan Waktu Tidur

    Kurang tidur dari jam enam malam dikaitkan dengan 60 persen lebih tinggi dari diabetes, hasil studi dari Boston Area Community Health Pre-Diabetes. Ketika Anda kurang tidur, nafsu makan yang mengatur hormon pergi dan rusak sedikit. Dalam sebuah studi University of Chicago. Peserta mengidam untuk memakan makanan manis dan asin, seperti kue dan kripik kentang, melonjak hingga 45 persen setelah tidak tidur selama dua malam, karena penurunan hormon leptin dan peningkatan dalam ghrelin, memicu nafsu makan.

    Kurang tidur juga menyebabkan lonjakan hormon kortisol, yang meningkatkan kadar insulin dan menyebabakan ketidakseimbangan gula darah. "Strategi untuk mendapatkan tidur malam yang lebih panjang yaitu dengan tidak menonton TV, menggunakan komputer dan smartphone," kata Piccolo Rebbeca, seorang biostatistican di New England Research Institutes di Watertown, Mass.

    Jika Anda sudah menderita diabetes, penelitian baru menujukan bahwa mendapatkan perawatan akibat apnea tidur (gangguan tidur) dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah. Setelah makan, orang-orang dengan apnea tidur yang parah memiliki tingkat glukosa darah hampir dua kali lebih tinggi dari seperti yang mereka lakukan tanpa syarat.

  3. Makan Buah dan Sayuran

    Penelitian baru menemukan, mereka yang makan buah-buahan dan sayuran setiap minggu, biasanya enam porsi sehari, memiliki risiko 21 persen lebih rendah terkena risiko diabetes selama 11 tahun dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit biasanya hanya dua porsi sehari.

    Penelitian lain yang terkait diet teratur termasuk daging olahan seperti hotdog, sosis dan makan siang dengan daging setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko 63 persen lebih tinggi daripada mereka yang makan kurang dari dua kali sebulan.

    "Alasannya mungkin bahwa banyak makanan daging yang diawetkan terkait dengan berat badan yang lebih besar. dan tingkat obesitas yang lebih tinggi," kata penulis Amanda M. Freets, peneliti senior di Unit Penelitian Kesehatan Kardiovaskular di University of Washington di Seattle.

    Apa yang harus Anda makan? Dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes.

  4. Berhenti Merokok

    Menurut sebuah penelitian dari konferensi American Diabetes Association di Philadelphia pada bulan Juni, perokok yang berhenti merokok mengurangi risiko diabetes dengan yang bukan perokok dalam waktu 10 tahun.

    "Studi kami menemukan bahwa selama Anda tidak memakai lebih dari 10 kilogram, manfaat dari berhenti lebih besar daripada risiko kenaikan berat badan moderat, "kata ketua peneliti Karen Margolis, MD, profesor kedokteran di University of Minnesota Medical School.

  5. Latihan Aerobik

    Latihan aerobik secara teratur membantu mencegah diabetes dalam berbagai cara. Ini membuat Anda langsing, membantu mengontrol kadar kolestrol dan tekanan darah dan mengatur produksi insulin.

    Berjalan adalah cara termudah untuk memulai, tetapi jika Anda baru pemula untuk latihan kebugaran jasmani dan tidak siap untuk 10.000 langkah per hari, sebuah studi yang dilakukan oleh tim Fretts di University of Washington menunjukan bahwa menambahkan 3.500 langkah per hari dikaitkan dengan 29 persen lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang berjalan kurang dari jumlah tersebut. Sebuah penelitian baru dalam Journal of American Medical Association juga menemukan bahwa latihan beban dikaitkan juga.




Referensi : www.blazerracing.blogspot.com

18 komentar

Selamat dan sukses !
Semoga selalu dimudahkan jalannya.
Dan yang pasti beranjangsana dan bersilaturrahmi merupakan pembuka pintu rezeki.

Jadilah kaya raya, karena kaya raya akan membuat lebih mudah beribadah.

Terimakasih banyak, support dan simpati buat blogger seputar diabetes.

Den ady

Terima kasih atas artikelnya. Baru tau saya kurang tidur juga bisa menyebabkan diabetes...
Mulai saat ini saya akan lebih teratur.

Akan saya share di facebook saya, trims!

Wah... mesti jaga-jaga nih... Makasih banyak artikel nya.. Semoga masyarakat Indonesia makin awas dengan gejala diabetes sehingga bisa di tangani sejak dini..


Obat jerawat akibat kurang tidur
Thanks for sharing the information may be useful
always success


Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
Obat polip kandung empedu tanpa operasi


Thank you friend for the information very helpful at all .. !!
Obat Polip kandung Empedu Yang Alami


thank you very much gan on information that has been posted, I am personally very impressed with your article I wait for the next update ^^
Obat Amandel Yang Sudah Bengkak Dan Parah







it's amazing article I was reading thank you for the information may be worship goodness author
Cara mengobati infeksi saluran kencing pada ibu hamil secara alami







because you have to share information about your experince article I say thank you, and we wait for further information ^^

Cara mengobati TBC pada wanita hamil secara alami

This information is what I am searching for. Thank for sharing it. I will bookmark this article, thank you again! kunjungi website selanjutnya

This information is what I am searching for. Thank for sharing it. I will bookmark this article, thank you again! kunjungi website selanjutnya

Berjalan adalah cara termudah untuk memulai, tetapi jika Anda baru pemula untuk latihan kebugaran jasmani dan tidak siap untuk 10.000 langkah per hari, sebuah studi yang dilakukan oleh tim Fretts di University of Washington menunjukan bahwa menambahkan 3.500 langkah per hari dikaitkan dengan 29 persen lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang berjalan kurang dari jumlah tersebut. Sebuah penelitian baru dalam rudi Journal of American Medical Association juga menemukan bahwa latihan beban dikaitkan juga.

Menurut sebuah penelitian dari konferensi American Diabetes Association di Philadelphia pada bulan Juni, perokok yang berhenti merokok mengurangi risiko diabetes dengan yang bukan perokok dalam waktu 10 tahun rudi.

"Studi kami menemukan bahwa selama Anda tidak memakai lebih dari 10 kilogram, manfaat dari berhenti lebih besar daripada risiko kenaikan berat badan moderat, "kata ketua peneliti Karen Margolis, MD, profesor kedokteran di University of Minnesota Medical School ardi.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon