Membuat Kartu Ucapan Natal Sederhana Dengan Photoshop

Tak terasa sebentar lagi Natal dan tahun baru 2013, apa neh yang anda persiapkan untuk menyambut datangnya tahun baru 2013 dan khususnya Buat umat kristiani yang merayakan natal tahun ini. Kali ini ada sedikit tips dan cara membuat kartu ucapan natal sederhana menggunakan Adobe Photoshop. Membuat Kartu Ucapan Natal di photoshop ini tutorialnya mungkin akan panjang, jadi anda harus sabar mengikutinya, semoga penjelasan yang diberikan mudah dimengerti.

Langsung Saja ya? Ada beberapa point inti dalam membuat kartu ucapan natal ini, yaitu :
  • Membuat halaman kerja
  • Membuat background gradasi
  • Membuat Background Salju
  • Membuat Objek Salju
  • Membuat Daratan Salju
  • Membuat Boneka Salju
  • Membuat Pohon Natal
  • Membuat Bintang dan
  • Membuat teks Ucapan

MEMBUAT HALAMAN KERJA

Klik file > New atau tekan Ctrl + N, isi pengaturan ukuran sesuai selera. Aku menggunakan ukuran Width = 20 cm dan Height = 15 cm



MEMBUAT BACKGROUND GRADASI

Background Gradasinya tergantung selera Anda. Aku memilih desain Kartu Natal kali ini warna biru ke hitam.


Klik Gradient Tool (tanda no 1), jika di layar monitor anda tidak terlihat anda cari icon Paint Bucket Tool. Klik tahan icon tersebut maka akan terlihat Gradien tool.

Kemudian klik Edit Gradient Tool di bagian atas (tanda no 2 pada gambar di atas). Setelah muncul jendela Gradient Editor, buatlah pengaturan warna seperti gambar di bawah.


Untuk merubah warnanya anda klik 2 kali kotak kecil sudut kanan bawah (warna biru) pada gambar di atas, kemudian pilih warna biru agak kegelapan, jika sudah klik OK

Jika jendela Gradient Editor anda sudah tertutup lihat pada bagian atas, kemudian pilih Radial Gradient, lihat pengaturannya pada gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar)


Sekarang saatnya mewarnai backround layer anda, masih menggunakan gradient tool, tarik garis dari sisi pojok kiri atas ke arah pojok kanan bawah. Caranya Klik tahan, kemudian drag ke arah kanan bawah layar kerja. Jika anda melakukannya dengan benar maka hasilnya seperti berikut:



MEMBUAT BACKGROUND SALJU

Langkah selanjutnya membuat background salju yang terlihat berjatuhan dengan menggunakan filter di photoshop. Buat layer baru caranya tekan Shift + Ctrl + N, beri nama Salju, kemudian klik OK

Warnai layer Salju dengan warna hitam, anda bisa menggunakan Paint Bucket Tool untuk mewarnainya. Bingung cara mewarnainya? Lihat gambar berikut.


Sekarang saatnya memberikan efek pada layer Salju. Pada menu bar pilih Filter >> Noise >> Add Noise. Dengan pengaturan sebagai berikut :
  • Amount = 300%
  • Distribution = Gaussian
  • Centang Monocrhomatic
  • Klik Ok.


Kemudian klik Filter > Sketch > Pilih Plaster.


Lakukan pengaturan sebagai berikut :
  • Image balance = 28
  • Smoothness = 9
  • light pilih Top
  • Klik ok.

Masih tetap pada Layer Salju, sekarang kita akan merubah Blend Modenya, klik tulisan normal pada tab layer kemudian pilih Screen, pada opacity ubah menjadi 50%, perhatikan gambar berikut:



MEMBUAT OBJEK SALJU

Anda bisa menambahkan objek salju dengan tekstur yang lebih asli menggunakan Custom Shape Tool, ikuti langkahnya sebagai berikut.

Buat layer baru dengan menekan Ctrl + Shift + N isi nama Efek Salju. Klik icon Custom Shape Tool


Pada bagian atas, klik gambar yang ada di sebelah tulisan Shape > klik icon segitiga kecil yang ada di sebelah kanan > pilih Nature, perhatikan gambar berikut


Klik dua kali (double click) icon salju yang ada tanda panah merah.


Pada area kerja Klik tahan drag untuk menampilkan icon salju tersebut, buat ukuran yang kecil saja. Klik kanan menggunakan Path Selection Tool path icon salju > pilih Make Selection > Feather 0 px > klik OK.

Beri warna putih menggunakan Paint Bucket, kemudian atur opacitynya menjadi 50% atau sesuaikan warnanya dengan background salju. Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan hasil seleksi.

Copy layer efek salju dengan cara tekan Crtl + J letakkan di sembarang tempat secara acak, dan lakukan beberapa kali sehingga didapatkan hasil seperti berikut:



MEMBUAT DARATAN SALJU

Langkah selanjutnya, membuat daratan salju. Buat Layer Baru tekan Ctrl + Shift + N beri nama Daratan Salju. Klik Brush tool dan buat objek gambar daratan sesuai seleramu. Contoh :


Tetap pada layer daratan salju, sekarang saatnya memberikan efek shadow dan glow pada daratan salju yang kita buat.

Klik icon fx pada tab layer > pilih Inner Shadow, isikan pengaturannya sesuai dengan gambar berikut:


Setelah selesai, klik lagi Outer Glow yang tepat di bawah Inner shadow, kemudian lakukan pengaturan seperti gambar di bawah


Jika anda sudah melakukannya dengan benar, klik OK, maka hasilnya seperti gambar berikut:



MEMBUAT BONEKA SALJU

Sekarang saatnya kita membuat objek boneka salju untuk menghiasi kartu ucapan natal yang sedang kita buat. Untuk pertama kita akan membuat badan dari boneka salju yang kemudian di ikuti dengan kepala, mata dan hidung.

1. Badan Boneka Salju

Buat layer baru tekan Ctrl + Shift + N, beri nama Boneka Salju. Buat lingkaran menggunakan Eliptical Marquee Tool. Agar lingkarannya proposional tekan Shift saat membuatnya.


Beri warna putih dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Sebelumnya pastikan warna foreground anda sudah berwarna putih. Langkah selanjutnya, copy efek dari layer daratan salju. Pilih layer daratan salju > klik kanan > Klik Copy Layer Style.

Kemudian pilih lagi layer Boneka salju, Klik kanan pada layer boneka salju > Paste Layer Style. Tetap pada layer Boneka Salju, sekarang tekan Ctrl + J untuk mengcopy layer Boneka Salju, sehingga namanya akan otomatis menjadi Boneka Salju Copy

2. Kepala Boneka Salju

Pilih layer Boneka Salju Copy, kemudian pada menu bar klik Edit > Free Transform atau shortcutnya tekan Ctrl + T.

Pindahkan layer Boneka Salju Copy sedikit ke atas, kemudian kecilkan ukurannya dengan cara klik pada titik pojok kotak transfom ke arah dalam (tekan shift agar ukurannya tetap proposional), perhatikan gambar berikut. Hasilnya:


3. Mata Boneka Salju

Sekarang membuat mata boneka salju. Buat layer baru tekan Ctrl + Shift + N, isi nama Mata Boneka Salju. Buat kembali lingkaran dengan menggunakan Eliptical Marquee Tool, kemudian beri warna hitam, langkahnya sama dengan membuat badan dari boneka salju.

Buat ukurannya jauh lebih kecil dan sesuaikan dengan kepala boneka saljunya. Kemudian copy layer Mata Boneka salju dengan cara Ctrl + J, layer hasil copy tersebut akan otomatis namanya menjadi Mata Boneka Salju Copy. Pindahkan layer Mata Boneka Salju Copy ke sebelah layer Mata Boneka Salju. Selesai.

4. Membuat Hdung Boneka Salju

Tahap terakhir dari membuat boneka salju adalah membuat hidungnya. Seperti biasa buat layer baru tekan Ctrl + Shift + N, isi nama Hidung Boneka Salju.

Buat path menggunakan Pen Tool pada layer hidung boneka salju. Klik kanan > Make Selection > Feather 0 px. Kemudian beri warna orange, perhatikan gambar berikut



Tetap pada layer Hidung Boneka Salju, sekarang kita akan memberikan efek Bevel and Embsos, caranya: Klik icon fx pada tab layer > pilih Bevel and Emboss.

Jika jendela layer stye muncul langsung klik OK, pengaturannya biarkan secara default. Untuk membuat boneka salju cukup sampai disini. Lanjut ke lainnya ya..?


MEMBUAT POHON NATAL

Untuk membuat Objek pohon natal sangat mudah, caranya sama seperti membuat objek efek salju, kita hanya memanfaatkan tool dan objek yang sudah di sediakan oleh Adobe Photoshop, gak perlu susah – susah bikin sendiri.

Buat layer baru, tekan Ctrl + Shift + N, isi nama Pohon Natal. Klik icon Custom Shape Tool

Pada bagian atas, klik gambar yang ada di sebelah tulisan Shape > klik icon segitiga kecil yang ada di sebelah kanan > pilih Nature > pilih gambar Pohon Natal


Klik dua kali (double click) icon pohon natal yang ada di bagian pojok kiri atas (Tanda Panah). Berikan warna hijau gelap pada pohon natal ini, caranya sama seperti membuat objek efek salju, coba balik lagi ke atas untuk melihat caranya.


Sekarang kita akan memberi sedikit style pada pohon natal tersebut. Klik icon fx pada tab layer > pilih Bevel and Emboss. Berikan pengaturan seperti gambar di bawah ini...


Yang perlu di perhatikan disini adalah pengisian Gloss Contour nya, klik gambar segitiga kecil di sebelah tulisan Gloss Contour kemudian pilih objek seperti gambar dibawah ini


Langkah selanjutnya, kita akan memberi sedikit efek butiran salju pada Pohon Natal, caranya klik Outer Glow > isikan pengaturannya seperti gambar di bawah (Klik untuk memperbesar gambar). Pastikan semua pengaturannya sama seperti gambar di atas, lalu klik OK.



MEMBUAT OBJEK BINTANG

Selanjutnya kita akan membuat objek bintang yang letaknya tepat di bagian atas pohon natal, yang fungsinya untuk menghiasi pohon tersebut.

Langsung saja buat layer baru, Tekan Ctrl + Shift + N, beri nama Bintang. Caranya sama seperti membuat objek Pohon Natal, Klik icon Custom Shape Tool. Pada bagian atas, klik gambar yang ada di sebelah tulisan Shape > klik icon segitiga kecil yang ada di selebelah kanan > pilih Shapes


Beri warna kuning, kemudian letakkan pada bagian atas pohon natal. Selanjutnya kita akan memberikan efek glow pada bintang tersebut. Klik icon fx pada tab layer > Outer Glow


Lalu, Klik OK. Selesai.


MEMBUAT TEKS KARTU UCAPAN

Terakhir yang perlu anda lakukan adalah memberikan teks pada kartu ucapan natal anda, terserah anda mau isikan ucapan apa. Caranya menggunakan Horizontal Type Tool. Klik pada layar kerja > Isikan teks > kalau sudah selesai tekan ctrl + Enter

Selesailah sudah Tips Membuat Kartu Ucapan Natal Sederhana dengan Photoshop. Nih Hasil akhir kartunya...


Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat ya..?? Salam Blogger...



16 komentar


thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

Amin .....................
pengobatan gondok beracun alami


Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
Obat polip kandung empedu tanpa operasi


Thank you friend for the information very helpful at all .. !!
Obat Polip kandung Empedu Yang Alami


thank you very much gan on information that has been posted, I am personally very impressed with your article I wait for the next update ^^
Obat Amandel Yang Sudah Bengkak Dan Parah







it's amazing article I was reading thank you for the information may be worship goodness author
Cara mengobati infeksi saluran kencing pada ibu hamil secara alami




because you have to share information about your experince article I say thank you, and we wait for further information ^^

Cara mengobati TBC pada wanita hamil secara alami




because you have to share information about your experince article I say thank you, and we wait for further information ^^

Cara mengobati TBC pada wanita hamil secara alami

mantabhh gannn.... Kalo perlu file ucapan syukuran silahkan mampir. Tinggal print. Wassalam.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon