Hari ini :

Kelebihan Wordpress Dibanding Blogspot


Dunia blogging tak dapat lepas dari dua platform engine terbesar yang kita kenal selama ini. Blogspot dan Wordpress. Dan tulisan ini bukan bermaksud untuk mengadu domba atau memilih yang terbaik di antara keduanya. Tapi sebagai pengguna dari kedua platform ini, (Blogspot untuk Blog Anak Bangsa dan Wordpress untuk Visit Gorontalo), Akhirnya aku dapat menentukan kelebihan - kelebihan serta kekurangan dari Blogspot dan Wordpress. Sebenarnya artikel seperti ini banyak sekali di temukan dimana - mana dan mungkin juga sudah basi, tapi mengapa Aku suka menulis artikel ini? Karena persoalan di atas tadi, kedua mesin ini sangat membooming di dunia blogging di banding yang lain.


Saking membooming, aku ingin membagi pengalamanku seputar ngeblog di Blogspot dan Wordpress. Kalau membahas soal keunggulan wordpress kayaknya ngga ada habisnya deh... Karena wordpress merupakan cms yang power full dan mempunyai berjuta keunggulan dibanding yang lain. Dan bagi yang master, keunggulan wordpress bisa di maksimalkan semaksimal mungkin. Dan kayaknya keunggulan blogspot ngga bakal ada apa apanya di banding keunggulan wordpress makanya wordpress lebih cepat ke index search engine dibanding blogspot

Berikut keunggulan Wordpress di banding Blogspot, sesuai dengan pengalamanku selama ngeblog.

  • Di Wordpress, Anda dapat membuat halaman page yang tidak termasuk dalam daftar postingan. Dan menu ini tidak ditemukan di blogspot. Kalaupun ada di blogspot, itu merupakan halaman posting yang di modifikasi dan dijadikan page di blog oleh usernya. Kalau di Wordpress halaman page dan postingan terpisah.
  • Wordpress dilengkapi akismet atau spamfree, yakni plugin untuk memblokir komentar spam. Dijamin aman dari spam, kecuali akismet atau spamfree di wordpress tidak di aktifkan.
  • Mengedit HTML di Wordpress sangatlah mudah, karena di halaman tema, masing - masing bagian, misal header, footer, sidebar tampilannya tidak seperti yang ada di blogspot yang masih tergabung ketika Anda mengedit HTML.
  • Read more yang lebih mudah, tanpa membubuhi atau mengedit lagi script java/html seperti yang ada di blogspot.
  • Wordpress di dukung oleh ribuan plugin untuk mendukung kinerja blog. Bahkan banyak master yang berpendapat, kekuatan wordpress terletak pada pluginnya.
  • Wordpress dilengkapi auto ping, jadi setiap mempublish post baru wordpress akan secara otomatis melakukan ping, memberitahukan layanan penyedia ping bahwa ada postingan terbaru
  • Comment Friendly, pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting. Bagi Anda yang suka dikomentarin, wordpress cocok untuk Anda. Sekarangpun sebenarnya juga sudah ada thema dari blogspot yang kolom komentarnya di bawah postingan, akan tetapi masih akan melakukan pengeditan jika temanya tidak mendukung komentar langsung di bawah artikel. Kalau masalah komentar, Wordpress lebih unggul.
  • Tema yang disediakan banyak. Anda tinggal memilih saja sesuai dengan selera Anda.
  • Wodpress dapat di gunakan atau di instal di hosting sendiri lewat control panel, sedangkan blogspot hanya dapat mengganti domainnya saja, dengan tetap menggunakan google sebagai hosting.
  • Permalink yang seo friendly dan sesuka hati. Untuk pemakai wordpress dengan hosting sendiri bisa menyeting permalink sesuai dengan keinginan, tidak seperti di blogspot, yang paten dan tidak dapat di ubah - ubah.
  • Dapat digunakan lebih dari satu orang. Platform blog ini bisa dikelola oleh beberapa orang dengan berbagai kewenangan. Seperti administrator, editor, author dan contributor. Walaupun di blogspot pun telah dapat menambahkan lebih dari satu penulis, cara registrasinya yang beda. Di wordpress lebih mudah dibanding blogspot.
  • Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama, dibagian bawah) seluruh pemakai wordpress.com, apabila posting Anda cukup menarik Anda juga berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai wordpress.com. Untuk BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa. Pastikan Anda memilih Bahasa Indonesia pada saat mendaftar
  • Menurut sebagian blogger yang seneng blogwalking di Handphone (misal, lewat opera mini), mereka lebih senang komentar di blog ber-wordpress karena tidak terlalu ribet memberikan komentar
  • Worpress sangat cocok untuk para blogger pemula, yang belum paham dengan bahasa - bahasa HTML,
  • Gravatar/icon yang mudah tanpa mengupload ke file hosting dan kemudian membubuhi scriptnya.
  • Dapat dibuat offline, sehinga Anda tidak perlu koneksi internet. Dengan dibuat offline, menjadikan waktu dan biaya internet Anda menjadi lebih hemat.
  • Tersedianya fasilitas export dan import, sehingga Anda dapat mensinkronkan website yang Anda buat baik di online maupun offline.
  • Pengguna WordPress akan selalu mendapatkan update mesin, berupa pemutakhiran mesin wordpress ke versi terbaru.
  • Terakhir, rasakan sendiri deh bedanya menggunakan wordpress dan blogspot.

Tiada yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan Wordpress. Kekurangan wordpress pun banyak di banding blogspot. Salah satunya adalah javascript tidak berfungsi (disabled) artinya Anda tidak bisa memasang iklan apapun seperti AdSense, Adbrite, kalau di indonesia seperti KumpulBlogger. Tapi juga bisa pasang referal misalnya, ataupun kalau kita yang suka upload, yah di ziddu biar kita juga bisa dapat uang. tapi memang sepertinya Wodpress ini ditujukan untuk user yang bener - bener hobby ngeblog, tanpa ada niat untuk pasang iklan dan mencari tambahan penghasilan.



21 komentar:

  1. Saya koq masih setia ama Blogger ya?

    ReplyDelete
  2. kalu ane masih setia pake blogspot... hehehhee

    ReplyDelete
  3. >>Anthony & Vian : aku juga masih setia kok bang.. buktinya.. blog ini masih ter-up to date.. hehehe.. yang penting.. happy blogging aja.. Met week end....

    ReplyDelete
  4. asalamu alaikum...
    mowali ito mo tukar link???
    hima latya aa

    ReplyDelete
  5. >>Rifon: boleh.. boleh... mowali da'a juuu... nti di link back

    ReplyDelete
  6. Wordpress selain search engine friendly juga user friendly

    ReplyDelete
  7. Wah jadi bingung nih,pilih mana ya..?Salam kenal gan.

    ReplyDelete
  8. makin penasaran aja sama worpress,,,,

    ReplyDelete
  9. Artikel yang bagus. Saya sendiri lebih suka pake wordpress sih...

    ReplyDelete
  10. hehehe, baru bikin yang WP nya.. soalnya ane masih newby banget, salam kenla :)

    ReplyDelete
  11. ak bkin blog kan bwt nyari duit..hehehe
    klo migrasi ke wp gmaNa,?slmA ini ak msiH sEtia ama blogspot.Wp aja akU blm pRnah nyEntuh Gan,..ak bkin blog kan bwt nyari duit..hehehe
    klo migrasi ke wp gmaNa,?slmA ini ak msiH sEtia ama blogspot.Wp aja akU blm pRnah nyEntuh Gan,..

    ReplyDelete
  12. artikel yang bagus untuk menambah pengetahuan..
    makasih gan.. :)

    ReplyDelete
  13. malem mas, kalau mau pasang iklan di wordpress ada solusinya g mas?

    ReplyDelete
  14. WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal plugin untuk plugin lainya bisa anda temukan pada SEO Tools semua pluginnya gratis

    ReplyDelete
  15. Yang menjadi aneh adalah, wordpress yang dibahas lebih ke wordpress.org tapi yang kesimpulan bawah kok menjadi wordpress.com ? :D

    Salam Kenal he3

    ReplyDelete
  16. saya dulu pengguna wordpress skrg menggunakan blogspot, tp memang saya akui dibandingkan wordpress, blogspot ini lebih ribet. mungkin krn ga didukung dgn plugin, dan pengguna blogspot kudu hrs belajar bhs javascript walaupun dikit2. dan memang bener sekali artikel di wordpress lebih mudah terindex google ktmbg blogspot. aneh ini emang.. pdhl blogspot itu kan di bawah naungan google.

    wordpress memang ga mengizinkan penggunaan javascript, tp dlm prakteknya byk cara memasang javascript di wordpress. akhirnya blogspot ini seperti media latihan buat masuk ke wordpress. CMIIW.

    ReplyDelete

  17. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    ReplyDelete

  18. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    ReplyDelete

  19. Thank you friend for the information very helpful at all .. !!
    Obat Polip kandung Empedu Yang Alami

    ReplyDelete

  20. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    ReplyDelete

Stop SPAM Comments


Taruh content Tab 2 disini

Taruh content Tab 3 disini