Aplikasi Chatting Mobile

Instant Messaging (IM) alias chatting cukup populer di kalangan pengguna ponsel dan PC. Layanan pesan teks instan berbasis jaringan internet ini bahkan seringkali jadi tonggak awal bagi penikmat teknologi seluler untuk mencicipi dunia maya. Beberapa diantaranya yaitu IRC, Yahoo Messenger dan MSN Messenger. Bersosialisasi lewat layanan chatting diponsel pun bisa menjadi keasyikan tersendiri. Tak sekedar memperoleh banyak teman serta info baru, tapi biaya yang dikeluarkan pun terhitung sangat murah. Jauh berbeda dengan beban tarif yang dikenakan bila memakai layanan SMS Operator.


Wajar saja mengingat tarif chatting hanya berdasarkan kapasitas data yang di upload atau di download selama koneksi internet. Sebagai gambaran, tarif GRPS operator rata - rata Rp.5,-/kb. Bahkan ada yang hanya sebesar Rp.1,-/kb.

Banyak Aplikasi chatting untuk ponsel ditawarkan pihak pengembang di pasaran. Meskipun mayoritas gratis, tapi tak semuanya pas dengan selera. tergantung dari masing - masing pengguna. Pasalnya, ada yang terkesan 'njlimet' dalam proses instalasi maupun pemakaiannya. Disini, Aku sajikan 10 (sepuluh) Aplikasi chatting terbaik dan menarik yang bisa jadi pilihan. Tinggal Anda pilih dan sesuaikan dengan selera dan kompatibilitas ponsel Anda. Gratis nih....

1. eBuddy v1.0

Tampilan Aplikasi ini sederhana namun menarik. Paduan warna latarnya atraktif, dengan icon - icon full warna yang tak kalah apik. eBuddy v1.0 ini bisa mengalokasikan hasil foto kamera ponsel menjadi avatar display. Gambar foto ini pun bisa langsung dikirimkan ke teman chat.

Aplikasi ini kompatibel dengan layanan IM MSN, Yahoo!, AIM, ICQ, Google Talk dan Facebook. Platformnya java (J2ME), yang kompatibel di hampir semua ponsel berteknologi java. termasuk pula BlackBerry.

Untuk mencobanya, Silahkan Download Aplikasinya di sini atau ke alamat http://m.ebuddy.com atau http://get.ebuddy.com. Dari Ponsel, dapat pula melalui wap.getjar.com, pilih quick download dan masukkan kode 17291. Bila telah terunduh instal di ponsel, Silahkan jalankan.

2. Nimbuzz

Sedikit berbeda dengan eBuddy, Nimbuzz memiliki beberapa fitur yang terbilang lebih canggih. selain mengakomodasi pengiriman pesan teks instan, layanan ini bisa dipakai melakukan panggilan internasional sesama pengguna. Fasilitas ini optimal untuk Symbian maupun Windows Mobile.

Untuk chatting, Nimbuzz menyediakan fasilitas 'Buzz' layaknya di YM messenger PC. Berkirim foto, file, voice pun bisa. Juga dilengkapi kemampuan berbagi lokasi dengan teman chat. Nimbuzz juga menyediakan fitur phonebook untuk membackup daftar kontak.

Untuk mendapatkannya, silahkan download aplikasinya di sini atau kunjungi http://www.nimbuzz.com atau quick download di wap.getjar.com, dengan kode download 26137.

3. YehBa

Aplikasi chatting ini terbilang baru. Namun kemajuannya terukur pesat, dimana fasilitasnya makin lengkap. YehBa memiliki versi java (J2ME) dan symbian. Untuk versi java bisa di download di sini atau kunjungi http://m.yehba.com/. Atau bisa pula di wap.getjar.com, via fasilitas quick download dengan kode download 6433.

Beberapa fiturnya bisa mendukung mobile blogging, antarmuka intuitif dan user friendly serta minim bandwith. Jadi tak banyak menyedot data. Untuk memulainya, set 'add IM' dengan profil Yahoo!, bila diinginkan memakai Yahoo Massenger.

4. Mxit v5.7.2

Aplikasi chatting ini mamiliki panduan bahasa indonesia saat proses downloadnya. Jadi memudahkan calon penggunanya. Aplikasi ini dapat anda download di sini atau Kinjungi http://www.mxit.com atau download melalui ponsel dengan alamat http://www.mxit.com/wap. Mxit berinteraktif dengan banyak platform chatting online lain, seperti MSN messenger, ICQ, AOL messenger dan Jabber. Kelebihan mxit dibanding dengan aplikasi messenger yang lain yakni lebih sedikit dalam akses transfer filenya. Alhasil biaya lebih murah.

5. shMessenger

Aplikasi chatting ini sementara masih optimal untuk mendukung layanan Yahoo Messenger. Tentu saja selain layanan shMessenger sendiri. Terlihat dari dukungan MSN dan GoogleTalk yang masih bersifat beta. Di situsnya, aplikasi ini terdiri dari macam - macam versi, yang dimodifikasi sesuai keypad. Ada numeric keypad, full keyboard, Sagem keypad, Motorola OS, dan Windows OS.

Fasilitas yang disediakan diantaranya emoticon (smiley), avatar foto untuk display dan lainnya. Aplikasi shMessenger dapat Anda download di sini atau mengunjungi situsnya di alamat http://www.shmessenger.ro

6. Mig33 v4.0

Aplikasi chatting asal negeri Kanguru ini tercatat populer sebagai aplikasi chat mobile. Fasilitas yang disediakannya tak jauh beda dengan aplikasi messenger lainnya. Selain kemudahan dalam melakukan mobile chat, aplikasi mg33 bisa dipakai berbagai file foto kamera (file foto sharing) atau pun VoIP dengan teman chat. Termasuk layanan email dan telepon internet.

Layanan IM yang didukungnya yaitu, MSN, Yahoo!, GoogleTalk dan AIM. Aplikasi Mig33 dapat Anda download di sini atau kunjungi situsnya di http://www.mig33.com

7. Slick

Aplikasi Instant Messenger kreasi Lonely Cat Games ini mendukung protokol ICQ, Yahoo!, AIM, MSN, GoogleTalk, Jabber. Fasilitas yang disediakan yakni teks messaging, emoticon, tanda peringatan (alert suara, backlight, getar, pop up), grup dan lain sebagainya. Untuk mengirim dan menerima file, downlowd file (link) pun bisa. Jadi fungsinya kompleks, tak sekedar untuk ngobrol (chat) teks semata.

aplikasi ini sementara tersedia untuk ponsel ber-OS symbian dan windows Mobile. Aplikasinya dapat Anda download di sini atau kunjungi langsung situsnya di http://www.lonelycatgames.com

8. Agile Messenger

Aplikasi ini relatif populer. Di situs downloadnya, Agile Messenger kompatibel untuk ponsel - ponsel Symbian Nokia, Sony Ericsson dan POnsel ber-OS Windows Mobile serta PocketPC. Aplikasinya download di sini atau kunjungi situsnya di http://www.agilemobile.com

Untuk versi java, Agile Messenger memiliki versi beta, yang bisa Anda download di alamat http://www.agilemobile.com/j2me. Asyknya, Agile Messenger menyediakan fitur 'traffic counter', yang akan menginformasikan jumlah data yang terkirim / di terima.

9. EQO

Selain menyediakan fasilitas pesan teks instan, aplikasi ini dapat dipakai untuk bertelepon murah via VoIP. Aplikasi ini mendukung IM favorit seperti MSN, AIM, Yahoo!, GoogleTalk, ICQ, Jabber, QQ.

Kelebihan lain dari EQO yakni bisa dipakai untuk multiple chat. Juga, mampu memperlihatkan phonebook kontak / teman chat yang online dalam satu hamparan layar. Aplikasi EQO dapat Anda download di sini atau kunjungi situsnya : http://www.eqo.com, EQO bisa didownload melalui ponsel di wap.getjar.com, >> quick download, dengan kode download 32315.

10. Morange V v5.0

Aplikasi ini merupakan versi 'lanjutan' dari Morange v5.0, Tampilan antarmukanya ekstra menarik. Selain menyajikan fasilitas teks messaging, Morange V menyuguhkan pula fitur social networking, mobile photo sharing, mobile sayings, dan prakiraan cuaca (global weather). Jadi akun facebook bisa pula disinkronkan dengan Morange V.

Termasuk pula fitur push email dan web surfing. Aplikasi java (J2ME) ini dapat Anda pelajari di situsnya http://www.morangev.com atua di download langsung dari ponsel di alamat wap.getjar.com, >> quick download, dengan kode download 30381

Menarik ngga aplikasi - aplikasi chatting for mobile di atas.. Silahkan Anda coba. Gratis dot com. ngga pake bayar.. he..he.. Selain ke sepuluh Aplikasi Chatting tersebut ada yang lain ngga..? Bagi dong informasinya. Selamat berchating ria adn Have Fun!!!

Source: Tabloid PULSA, milik Karyadie SASAK Celluler Marisa


47 komentar

nice info mas...lengkap infonya

weh asik dong, kayaknya seru juga kalau bisa chatting di HP, mauuuuuuuuuuuuu

wahh info bagus kang..jadi pengen nyoba yang lain..
langsung ke Tkp ahh

whuaaaaa,.....whuaaa,...nggak bisa nyoba...!!!

@ David : Teng kyu.. ngga pingin nyoba ya bang..??
@ Wirati : di ambil deh smuanya.. Gratissss... tisssss... alias ngga pake bayar...
@ Atca : Monggo Bunda...
@ Brigadista : Mangnya kenapa friend.. POnsel kamu knapa... hehehehe..

saya baru pake ebuddy he..h.e. blum pernah nyoba nyang ntuh. kapan2 nyoba kalo hpku dah beres, sekarang lagi error hpku hue...he..kebanyakan buat transfer data yang ukurannya terlalu besar.

eh iya saya juga pake ebuddy bang ifoel, tapi kalo untuk browser saya seneng pakai opera mini, karena otomatis semuanya jadi rss..

@ Seno : Smoga deh HPnya bisa secepatnya di perbaiki ya Mas.. heheh...
@ mama Hilda : oh gitu ya..?? kalo aku pake YMTiny, lupa di review disini, cos ngga Top2 amat..hehehe..

wah, hp saya belumbisa utk chatting nih. mesti beli dulu. mau sumbang gak? he he he....

@ Fanny Fredlina : Hehehe... ntar aja y.. nti aku kirim...xixix becanda

saya ogah chat saat di kantor pakai PC..ada kasus hasil IM-an kita di lacak and di print-out ..
akibatnya teman sekantorku harus resign... hiks

@ Bunda : Iya BUnda, makanya pake ponsel, tinggal di pilih aja yang pas buat Ponsel Bunda

sippp lengkap deh,, e-budy emang yahud...

@ Fitriansyah : Pakai App eBuddy ya..? Met berchating ria ya..?

wah lengkap banget, banyak yang lom nyoba...

wuiiiih mantab post-nya.... :thumbsup:

lengkap euy review nya...anna sih suka nyari2 aplikasi hp di wap.getjar.com paling lengkap...

@ Suryaden : Silahkan di coba2 bang.. mumpung lagi gratis.. hehehe..
@ Bang Ir : Kaya jamu sido muncul ya..?? Komplit.. hehehe
@ Indra PA : he.he.he.he..thx
@ Miss Anna : memang di sini paling lengkap mba...

ni pamer HP tau pamer apaan nih......
mau dong....????

Makasih infonya, kalau saya biasa pake ebuddy.

Infonya komplit nih.

keren infonya nih,
kapa-kapan nyoba dah,
sekarang masih angot-angotan

Waduh, belum bisa nyoba nih, biasa... HP saya masih jadul. :D

@ Katobengke : Pamer HP..?? ngga kok.. :-) nih berbagi App Chat Mobile bro...
@ Mascayo : angot - angotan tuh apa mascayo... ngga ngerti..hehehe..
@ Tongkonan : Hari gini.. ywdah..bookmark aja dulu.. kali aja bulan depan bisa beli HP baru.. Amin..100x
@ Brigadista : Do'anya sama dengaan do'a tuk Tongkonan.. Amin deh... smoga bisa cepat ganti HP :-)

waduh...kalo saya, jarang pake aplikasi begituan (bukannya malas ato sombong tapi, hape saya memang ngga punya fasilitas yang mendukung,hihihi)

@ Ivana : heheheeheh.. kirain memang malas beneran.. hehehehe

aku pake yang eBuddy mas, klo pake yang nimbuzz suka tiba2 aplikasinya ketutup >,<...

@ Krucial : Oh.. gitu ya...?? terserah mau pake yg mana yang penting bisa berchating ria deh..

lengkap banget bro...
btw mana nih yg paling oce

@ Nyante Aza lae : Semuanya OK kok, tinggal di sesuaikan dengan Ponsel Anda bro... Met berchating ria....

aq mau pake apaan yah so HP aq ajah kagak bermerek..heheh....
jadi malu deh mau komen....

kok ndak ada yamee ya?

khan yamee juga bagus...

makasih infonya foell, mo nyoba yang Slick dulu nih ...

Very interesting article, i have bookmarked your blog for future referrence.

sebetulnya pake opera mini juga bisa buat chatting via ha pe, hanya kalo pake opera mini kita lambat banget nerimanya..

@ Katobengke : ngga bermerk gimana, hehehe.. semua Hp bermerk kok.. tipenya ja yg beda...
@ Ndop : oh ya..?? thx infonya.. bisa di donlot di mana bang...
@ abang : monggo mas............
@ boy : pliss.. teng kyu...
@ mama Hilda : gitu ya bunda.... ywdh, ganti aja dgn pilihan2 diatas kalo nerimanya lemot banget..heh...he..he..

kalo saya sekarang udah pake ebuddy aja sama shmessanger... kalo slick gak stabil sering mati dah gitu hasil percakapan di chating kesimpen di memori telp bikin penuh aja..

@ Mba Lyla : oh gitu ya..? Thankx atas infonya ya mba....

baca-baca aja deh.... HP gw yg bisa kek getu masih pesen di pabriknya ..lom dikirim-kirim bang ifoel.

Terima kasih Mas Ifoeel atas Infonya , kalau saya pake whizzper, ga ada yah di daftar atas?

@ Pengin Ngeblog : pabrik mana mesannya bang.... heehehe...
@ TBG : whizzper..?? thx infonya, baru aku tahu bang....

Ok makash bos! Tp bingung nih mo pilih yg mana! Tp pernah make' lupa! Ada im yg support smua icon style juga cantik! Tp apa ya? Bos tau g? Mohon pencerahan!

makasih bos, saya memang lagi cari2 aplikasi mobile chat yang bagus


thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

Amin .....................
pengobatan gondok beracun alami



nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon