Hari ini :


Alrernatif Angkot Serambi Madinah

Bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke Daerah Serambi Madinah, Gorontalo. Pasti belum mengenal dengan keberadaan kenderaan alternative masyarakat daerah ini. Apaan tuh.. (kedipkan mata sebelah.. kaya gayanya Bang Jaja Mihardja nih he..he..he.. ) ngelantur lagi deh.. ngga apa – apa kan? hitung – hitung buat nambah keywordnya mbah Google.. nyantai aja bro.. Kenderaan yang aku maksudkan diatas adalah Kenderaan BENTOR. Ciri - cirinya memiliki bentuk fisik setengah becak, setengah sepeda motor. Ban depan sepeda motor dikeluarkan. Lalu dicangkokkan badan becak yang sudah dimodifikasi, maka jadilah becak yang didorong oleh tenaga sepeda motor, bukan lagi dikayuh tenaga manusia.


Keberadaan Bentor di Kota Gorontalo yang sudah lebih dari tujuh tahun lebih ini berperan besar sebagai alat transportasi bagi warga kota berpenduduk sekitar 160.000 jiwa dengan luas wilayah 64,79 kilometer persegi. Alat transportasi ini sebenarnya lahir dari kreativitas para pemilik bengkel sepeda motor. Bentor tentu saja lebih cepat dibandingkan becak yang dikayuh manusia. Juga lebih efisien dibanding sepeda motor atau ojek yang muatannya terbatas.

Bahkan, bentor kini menjadi alat transportasi utama di kota Gorontalo. Tarif bentor umumnya Rp 2.000 per penumpang untuk jarak pendek dan menengah. Tarif jarak jauh tergantung negosiasi antara penumpang dan pengemudi bentor. Kalau dalam bentor ada dua penumpang jarak menengah, setiap orang masing-masing harus membayar Rp 2.000. Tapi kalau hanya ada seorang penumpang, meski jaraknya sama, penumpang itu cukup bayar Rp 2.000. Bentor bisa memuat sampai empat orang, termasuk pengemudi. Kalau terpaksa, ya... lima hingga enam penumpang pun bisa. Pengemudi bentor harus memakai helm pengaman seperti layaknya pengendara sepeda motor di jalan raya, dan tentu saja harus memiliki Surat Izin mengemudi dengan kategori SIM C. penghasilan pengemudi bentor bisa mencapai Rp 40.000 sampai Rp 60.000 per hari.

Hingga saat ini bentor di daerah Gorontalo semakin merajalela yang kini sudah mencapai kira – kira lebih dari 25.000 unit. Para pemilik bentor saling bersaing memodifikasi bentornya semenarik mungkin untuk mendapatkan minat penumpang. Berbagai assesories melengkapi penampilan mereka. Dari pemilihan jenis motor hingga perlengkapan jok dan audio yang sangat nyaman. Faktor penampilan bentor inilah yang kemudian menjadi pilihan utama bagi para penumpang yang sedang tidak terburu-buru, apalagi bagi anak sekolahan atau anak kuliahan. Bentor dengan tampilan bagus serta kualitas audio yang nyaman pasti akan langsung jadi pilihan utama.

Ongkos pembuatan bentor (di luar sepeda motor) Rp 2 juta. Kalau pasang saja hanya butuh satu hari. Tapi kalau memodifikasinya bisa sampai tiga hari. Secara garis besar bentor terbagi menjadi tiga kelas berdasarkan harga. Pertama bentor seharga Rp 2,25 juta (tanpa lampu di bemper), disusul kelas Rp 2,6 juta (bemper tebal tanpa lampu) dan bentor termahal seharga Rp 2,8 juta (dilengkapi bemper tebal berikut lampu layaknya mobil). Harga itu hanya kepala bentornya saja, tidak termasuk sepeda motor. Rata-rata sepeda motor yang digunakan adalah Honda (Fit X dan Revo).

Alasannya, klasik, irit dan onderdilnya gampang. Jadi kalau dihitung total biaya pembuatan bentor adalah Rp 13-14 jutaan, tergantung harga sepeda motornya. Penumpang depan, bila hujan terlindungi kaca plastik yang dapat dibuka tutup dengan mudah. Sayangnya para pembuat bentor tidak memusingkan soal safety. Contohnya, semua bentor yang beredar di Gorontalo tidak dilengkapi REM DEPAN. Bentor hanya menggunakan rem belakang motor yang berjenis drum brake. Bila dilengkapi rem depan cakram, harganya menjadi lebih sangat mahal. Orang ngga mau pesan.



Di sudut-sudut kota, bentor dengan berbagai merek motor berlalu lalang mengantar penumpang. Kehadiran bentor diakui warga Gorontalo sangat bermanfaat. Dulu warga Kota Gorontalo hanya bisa menggunakan angkutan kota. Kalau malam sudah tidak ada angkutan kota yang beroperasi, sementara kalau pakai ojek agak mahal tarifnya. Sekarang pakai bentor bisa kapan saja, dimana saja dan semauku. Kok, jadi iklannya Pro XL semauku, Jumlah bentor saat ini sudah sangat banyak sehingga sering menimbulkan kemacetan, terutama di jalan-jalan protokol dan kawasan sekitar pasar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo belakangan ini dibuat gemas. Sebagian besar bentor beroperasi dengan plat nomor hitam alias milik perseorangan sehingga bisa dibilang ilegal. Kendaraan roda tiga yang satu ini ternyata juga tidak mempunyai trayek yang jelas. Dengan kondisi demikian, bentor menjadi “raja” di hampir seluruh ruas jalan di Kota Gorontalo. Tiada hari tanpa pemandangan lalu lalang bentor.

Angkutan umum ‘tak resmi’ ini bisa menyeruak ke mana saja terserah permintaan calon penumpang. Dalam beberapa hal, angkutan bentor juga “terbang” hingga ke sejumlah wilayah di perbatasan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Di antaranya pengemudi bentor tersebut bahkan tampak beroperasi sebagian ruas Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Pemprov Gorontalo dengan Pemprov Sulut. Dari sisi ekonomi, bentor cukup banyak men-safety-kan periuk nasi warga Gorontalo. But disisi lain, menjadikan lalu lintas di daerah ini jadi semrawut dan kemacetan di sana sini. Sehingga pada akhirnya Pemerintah Provinsi Gorontalo mengeluarkan sebuah Perda No. 6 Tahun 2006 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Angkutan Kenderaan Bentor. Dengan harapan kedepan kenderaan alternatife masyarakat daerah ini akan mudah di tata dan diawasi keberadannya.

25 komentar:

  1. mm...sayang saya belum sempat ke gorontalo...

    ReplyDelete
  2. BENTORnya bahaya banget yah.. jd takut naik bentor :(

    ReplyDelete
  3. weeiich,...uniin,..uniik,..harusnya dikasih ke blog gendeng neeh,...he he he,..waah ternyata khasanah bangsa kita mantab sekali ya,..

    ReplyDelete
  4. hebat yah sampai ke propinsi sebelah, bisa2 go internasional nih :)

    ReplyDelete
  5. Unik bang...
    BTW saya juga baru tahu serambi Madinah, yang saya tahu selama ini serambi Mekkah

    ReplyDelete
  6. @ Erik : Iya Bang Erik, Aceh kita kenal dengan sebutan Kota Serambi Mekkah, trus Gorontalo Serambi madinah, cos Ciri kota ini bernuansa Islami dengan bersendikan Kitabullah...

    ReplyDelete
  7. wow unik , itu becak motor ya ?

    ReplyDelete
  8. @ Reza ; Benar Friend.. Cangkokan Becak sama sepeda motor...

    ReplyDelete
  9. wah lumayan juga penghasilan perharinya yah...

    pantesan bentor namanya..hehehe..cocok..body juga bohayy..wekekek

    ReplyDelete
  10. wuiih keren,bro. Tapi mahal bayarnya lha pake bensin

    ReplyDelete
  11. iyah tuh ... tarifnya pasti tarif ojek yah? atau malah tarif ojek ditambah becak ... :)

    ReplyDelete
  12. wah jai pengen makan woku ma binte ...nyam2

    ReplyDelete
  13. @ Blogger Addicter : Lumayan Man.. dapat mengatasi pengangguran di Provinsi Gorontalo
    @ BloGendeng : Iay bang, pake bensin (BBM)
    @ Keris : harganya tergantung nego antara penumpang dgn pengemudi bentor n di sesuaikan dengan jarak tempuhnya...

    ReplyDelete
  14. wah, motor-motornya malah di oprek gitu, gak keren lagi dah.
    yang bikin kagum itu atapnya. keren juga yah, motor ada atapnya hehehe

    ReplyDelete
  15. @ Bagus Pras : Pernah Ke Gorontalo ya..??
    @ Cumie : but ada penghasilannya walau motor2 nih g keren lagi.. he..he...

    ReplyDelete
  16. bentor... (becak naik motor?), kayaknya asyik ya, naik bentor... kapan ya ke gontor eh gorontalo. salam hangat Ifoel.

    ReplyDelete
  17. wah.,
    buat ikut kontes modifikasi motor aja tuh..
    bisa menang tuh...
    xiixixixi...

    ReplyDelete
  18. Hahaha..., tambah wawasan neh. Bentor? baru tau kendaraan jenis ini

    ReplyDelete
  19. @ KajianKomunikasi : Salam hangat kembali man...
    @ Bojes : he..he..he.. lo bisa aja..
    @ Destiny : oh ya..? g pngen coba naek bntor..? datang k Gtlo dong.. :-)

    ReplyDelete
  20. kayak becak di jawa skrg sudah mulai banyak mirip Bentor tp motornya lebih bagusan Bentor

    ReplyDelete
  21. wah, keren tuh kendaraannya .. :D bentor : becak bermotor :)

    ReplyDelete
  22. BENTOR gabungan becak dan motor yah? nggak berisik kaya bajaj bajuri kan? :D

    ReplyDelete
  23. @ Mba Lyla : :-) oh ya..?
    @ Permanaj : he..he.. benar friend
    @ 1nd1r4 : g kok... naek situ adem bnget deh pkoknya... mau coba..?? he..he..

    ReplyDelete
  24. kuereen bro betorna. Di t4 kmi (Sumut) mirip2 jg sih betorna, cm mmg lebih gaul yg di Grtl, slain itu perbedaan sm betor kami, tandemnya disamping..

    ReplyDelete


  25. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    ReplyDelete

Stop SPAM Comments