Adsense

Membuat Otomatis Update Tahun Copyright Menggunakan PHP Untuk Website

Disemua website, copyright pada bagian bawah halaman web menjadi sebuah informasi penting dan menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah website. Beberapa software yang Anda download atau gunakan, mungkin sudah menangani hal ini secara otomatis. Namun jika Anda membangun website sendiri dari nol, maka Anda perlu memberi perhatian terhadap masalah ini.

Konsep copyright memang terkesan sederhana. Saking sederhananya, maka hal sekecil ini terkadang luput dari perhatian. Seringkali saat membangun website, masalah copyright ini menjadi hal yang paling akhir ditambahkan, dan akhirnya terlupakan, terutama pada tahun yang disertakan dalam informasi copyright.

Contoh Copyrigth beserta tahunnya :
Copyright © 2023 Blog Anak Bangsa. All rights reserved.

Penyematan tahun pada copyright seringkali diabaikan. Saking semangatnya bikin konten, percantik tampilan website, sampai optimasi kecepatan load website, hal itu sampai terlupakan. Memiliki tahun copyright yang tidak update, membuat website Anda terlihat tidak aktif atau terkesan tidak dikelola dengan baik. Untuk itu tahun copyright bisa dimodifikasi dan dibuat tahunnya diperbarui secara otomatis setiap pergantian tahun.

Membuat tahun copyright yang bisa update secara otomatis sangatlah mudah menggunakan skrip PHP. Hanya butuh skrip sederhana untuk melakukannya. Teknik ini berbeda dengan yang diterapkan di blogger ya? Untuk tahun copyright di Blog, dapat Anda baca di artikel : Cara Praktis Menyembunyikan Credit Link yang Aman di Footer Blogspot

Intinya, mengganti tahun copyright mengikuti tahun berjalan menjadi hal yang cukup penting demi keberlangsungan hidup website. Sesuatu yang kecil namun jangan diabaikan.

Langkah-langkah membuat tahun copyright otomatis menggunakan PHP, adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah variabel $tanggal, yang berisi time stamp saat ini dari server dengan menggunakan fungsi time().
    <?php
    $tanggal = time () ;
    

  2. Kemudian, buatlah variabel $tahun, dengan menggunakan fungsi date() agar timestamp tadi bisa dibaca oleh pengunjung dengan menggunakan parameter Y yang berfungsi untuk menerjemahkan time stamp yang menampilkan tahun sekarang dalam bentuk 4 digit angka.
    $tahun= date("Y",$tanggal);
    

  3. Terakhir, tampilkan copyright dengan perintah echo()
    echo "Copyright @ " . $tahun;
    

  4. Lalu tutup kode dengan :
    ?>
    


Untuk lebih memahaminya, susunan skrip php untuk menampilkan tahun copyright yang ditulis secara lengkap adalah sebagai berikut :

<?php
$tanggal = time () ;
$tahun= date("Y",$tanggal);
echo "Copyright @ " . $tahun;
?>

Jika Anda ingin menampilkan tahun awal dibangunnya website, maka pada langkah ketiga diatas, ditambahkan tahun awal dibangunnya website secara manual. Misalnya website dibangun mulai tahun 2021, sehingga kode skripnya menjadi :

echo "Copyright @ 2021 - " . $tahun;


Secara lengkapnya, adalah sebagai berikut :

<?php
$tanggal = time () ;
$tahun= date("Y",$tanggal);
echo "Copyright @ 2021 - " . $tahun;
?>

Selanjutnya, Anda bisa melakukan formating lebih lanjut pada kode skrip ini, misalnya mengatur ukuran font, perataan, warna dan lain sebagainya. Saran, sebaiknya kode skrip tersebut dibuat sebagai file terpisah, lalu menyertakannya pada setiap halaman website dengan menggunakan fungsi include () atau require (). Fungsi ini berguna untuk memanggil atau menyertakan kode dari file lain dan membuatnya sebagai bagian dari kode file yang sedang aktif.

Dengan cara ini, Anda dapat menyunting, mengganti huruf dan formatting lainnya, kapan saja Anda mau hanya dari satu file, dan secara otomatis akan diterapkan ke semua halaman website Anda.

Nah, itulah cara membuat tahun copyright secara otomatis terupdate menggunakan PHP untuk website Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar