Adsense

Mengecilkan Ukuran File Word Langsung dari Word atau Secara Online

Microsoft Word merupakan tools office terpopuler hingga kini. Selain tampilan yang sangat bersahabat, perangkat lunak yang dirilis pada tahun 1983 ini memiliki konsep What You See is What You Get. Artinya, apa yang terlihat juga akan sama dengan apa yang didapatkan, input yang dimasukkan akan sama dengan output yang dihasilkan.

File word sebagai pengolah kata ini tidak hanya berisi kumpulan kata-kata saja melainkan gambar, grafik, tabel dan lainnya juga. Hal itu membuat ukuran file itu sendiri akan menjadi besar dan menyebabkan ukuran dokumen Microsoft Word menjadi besar dan bahkan bisa mencapai lebih dari 10 MB, sehingga memakan banyak ruang kosong yang ada dalam penyimpanan Anda.

Selain penyimpanan, ukuran file Microsoft Word yang besar penggunaannya juga akan terbatas apabila ada pembatasan ukuran maksimum berkas yang dapat diupload di situs tertentu.

Nah, untuk itu perlu disiasati dengan cara mengecilkan file word tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya. Adapun aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Word itu sendiri atau dengan bantuan website secara online.


Cara Mengecilkan Ukuran File Word Menggunakan Microsoft Word

Pada cara pertama ini, Anda tidak perlu menghapus apapun, baik itu halaman maupun tulisan. Dengan menggunakan fitur compress images di semua versi Microsoft Word (2003, 2007, 2010, 2013, dan 2016) Anda hanya akan mengecilkan file gambar yang sudah anda masukkan ke dalam dokumen Word. Cara mengecilkan file word ini dengan memanfaatkan fitur kompres gambar pada aplikasi Microsoft Word.

Cara selengkapnya sudah pernah dipublikasikan di Artikel : Kompres File Gambar Menggunakan Microsoft Word


Cara Mengecilkan Ukuran File Word Menggunakan Aplikasi atau Online Tools

Ada juga cara memperkecil ukuran file word menggunakan website yang menyediakan layanan mengompres berkas Word. Terdapat banyak website di mesin pencarian Google, dan banyak dari mereka adalah layanan berbayar atau harus berlangganan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa website yang direkomendasikan dan memiliki pelayanan yang GRATIS.

1. Youcompress

Youcompress adalah website yang menyediakan layanan untuk membantu mengecilkan berkas Word. Anda tidak perlu lagi memasang program dan hasilnya juga tanpa watermark.
  1. Buka web browser Anda dan akses Youcompres; Visit a Link
  2. Lalu klik Select File;
  3. Tampil halaman pop up pencarian dokumen, Pilihlah dokumen dengan format file doc/docs/docm lalu klik Open
  4. Setelah itu, klik tombol Upload File & Compress
  5. Tunggu beberapa saat proses kompres dan Anda dapat mengunduh kembali berkas yang telah anda unggah dengan cara klik download. Maka Anda akan mendapatkan berkas yang telah diperkecil ukurannya.
2. Wecompress

Wecompress cara kerjanya mirip dengan Youcompress. Perbedaannya, pada Wecompress selain Microsoft Word Anda juga dapat mengompres ukuran berkas berupa file pdf, powerpoint, excel, dan bahkan file gambar seperti JPEG dan PNG.
  1. Buka web browser Anda dan akses Wecompress; Visit a Link
  2. Klik tanda + besar yang ada di tengah halaman website;
  3. Pilih dokumen Word yang Anda ingin kecilkan ukurannya dan klik Open;
  4. Tunggu beberapa saat proses kompres dan akan muncul tulisan file ready. Kemudian klik tombol Download;
Selesai, Anda akan mendapatkan berkas Microsoft Word dengan ukuran yang lebih kecil. Wecompress tersedia dalam versi Desktop jika file Anda berukuran sangat besar. Silakan klik link "Compress large file? Try Desktop". Akan tampil pop up seperti gambar dibawah.
Ternyata mudah bukan cara mengecilkan file word? Anda dapat memilih cara mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. File word yang awalnya memiliki ukuran yang besar akan menjadi kecil setelah dilakukan proses kompres terhadap file tersebut. Nah, permasalahan terhadap ukuran file word yang besar sudah teratasi dengan cara di atas. Sekian artikel mengenai cara mengecilkan file word. Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Posting Komentar

0 Komentar