Kulit Jeruk Bisa Dimakan? Inilah Manfaat Luar Biasa Dari Kulit Jeruk Yang Belum Anda Ketahui

Siapa sih yang gak seneng makan jeruk? Buahnya yang asam manis serta kaya vitamin C ini emang enak banget buat dimakan pas lagi nonton TV bareng keluarga.

Tapi biasanya habis dimakan, kulit jeruknya langsung dibuang? Jangan! Simpan kulit jerukmu karena banyak manfaat yang hanya bisa Anda dapatkan dari memakan kulit jeruk!

Kulit jeruk bisa dimakan?! Tentu saja bisa! Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya sebagaimana dilansir dari laman Healthdaily.



1. Sebagai penambah selera dalam bubur

Pertama-tama, kupas dulu kulit jeruk dan bersihkan dengan air bersih untuk mencegah kuman dan bakteri yang menempel pada kulit jeruk. Setelah itu, iris tipis-tipis.

Ketika memasak bubur, pakai api yang besar untuk mendidihkan bubur dan masukkan kulit jeruk ini ke dalamnya. Setelah itu, masak selama 20-40 menit dengan api sedang, dan bubur kulit jeruk ini pun siap dihidangkan!


2. Teh kulit jeruk untuk menghilangkan dahak

Pertama-tama, kupas kulit jeruk dan potong kecil-kecil. Kemudian jemur kulit jeruk ini di bawah sinar matahari hingga kering lalu simpan dalam sebuah toples.

Masukkan kulit jeruk ini pada teh panas ataupun air hangat setiap kali kamu ingin meminumnya. Selain menambah cita rasa dan wangi, kulit jeruk ini berguna untuk menghilangkan dahak. Beneran praktis banget deh pokoknya!

***

Selain untuk kesehatan, Kulit Jeruk punya manfaat lain yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-harimu.


3. Sebagai pupuk tanaman

Potong kecil kulit jeruk yang sudah dikupas, lalu masukkan ke dalam toples kaca. Setelah itu, masukkan air hingga penuh kemudian tutup toples kaca tersebut hingga rapat dan jemur di bawah sinar matahari hingga 3-5 hari. Jika setelah dibuka, ada bau asam yang keluar, maka pupuk dari kulit jeruk ini sudah siap untuk dipakai.

Kemudian dengan perbandingan air jeruk dan air putih 1:20 ini, siram tanamanmu secukupnya sebulan sekali. Dengan begitu, kamu bisa melihat tanamanmu akan tumbuh semakin subur.


4. Sebagai pengusir hama tanaman

Jeruk sendiri memiliki minyak esensial yang gak disenangi oleh banyak serangga. Jika kamu sering melihat ada semut, cacing ataupun serangga lainnya yang berada di tanah tanamanmu, kamu bisa menaruh irisan kulit jeruk ini ke dalam tanah tanamanmu. Dijamin deh, semut dan serangga lainnya pasti gak bakalan berani dekat-dekat lagi.

Kalau ada banyak serangga seperti ulat, lalat dan sebagainya yang senang hinggap di daun tanamanmu, jangan khawatir, ikuti tips untuk mengusir ulat dan lalat sebagai berikut : Blender kulit jeruk dengan air putih secara bersamaan. Kemudian masukkan ke dalam sebuah botol untuk menyemprot tanaman lalu semprotkan air kulit jeruk ini pada bagian yang sering dihinggapi serangga itu, dijamin habis disemprot serangga apapun gak berani hinggap lagi.


5. Penghilang bau

Seperti yang kita tahu, kulit jeruk memiliki baunya tersendiri dan bau yang dihasilkan oleh kulit jeruk ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau gak enak di kulkas ataupun toilet. Caranya cukup potong kulit jeruk ini dan jemur hingga kering di bawah sinar matahari, lalu taruh di kulkas ataupun toilet yang memiliki bau gak enak.

Jika microwave di rumahmu juga ada bau yang gak enak, kamu bisa memasukkan kulit jeruk ke dalam sebuah mangkuk dan panaskan dengan api kecil selama 1-2 menit.

Selain itu, kamu juga bisa menaruh kulit jeruk yang sudah dijemur kering ini ke dalam lemarimu yang bau apek. Selain menghilangkan bau apek, serangga ataupun kutu gak bakalan berani masuk ke dalam lemari.


6. Menghilangkan rasa pusing

Jika kamu sering mabuk darat ataupun laut, kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan rasa pusing. Caranya ambil kulit jeruk yang sudah dikupas dan taruh di bawah hidungmu. Setelah menghirup baunya, dijamin pusing di kepalamu juga bakalan hilang.


7. Penghilang noda membandel

Kamu bisa menggunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih ini untuk membersihkan noda membandel yang menempel pada wajan. Jika masih gak hilang, kamu bisa merebus kulit jeruk ini dan ditambah dengan baking soda, kemudian ambil kulit jeruk itu dan bersihkan kembali noda yang membandel.

***

Sudah tahu manfaat dari kulit jeruk? Mulai sekarang udah gak boleh buang kulit jeruk sembarangan ya? Manfaatnya terlalu banyak dan sayang untuk kamu lewatkan begitu saja! Yuk segera coba di rumah dan jangan lupa share artikel ini ke teman Anda.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon