Adsense

Tips Berhemat Saat Liburan Pergantian Tahun, Mendapatkan Liburan yang Menyenangkan Tanpa Bikin Kantong Bolong

Liburan identik dengan menghabiskan banyak uang. Padalah, tidak juga demikian. Untuk mendapatkan liburan yang diinginkan, Anda pun bisa berhemat, seperti apa?

Ada 5 cara mengisi liburan akhir tahun ini dengan cara berhemat. Mengutip Skyscanner, berikut tips menghemat biaya saat berlibur.


1. Tentukan destinasi dan estimasi biaya

Hal paling utama dalam merencanakan keuangan untuk liburan adalah menentukan destinasi yang ingin dituju. Destinasi akan menentukan seberapa banyak Anda harus mengeluarkan uang. Jika Anda memiliki lebih dari satu destinasi impian yang ingin dituju, tidak masalah.



Tuliskan semuanya, hitung estimasi biaya perjalanannya, dan sesuaikan jadwal keberangkatan dengan kemampuan dan komitmen. Dalam perhitungan, pastikan Anda memasukkan tiket pesawat, biaya penginapan, estimasi pengeluaran harian untuk makan dan transport keliling kota, serta biaya darurat.


2. Target keberangkatan

Setelah menentukan destinasi yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menentukan jadwal keberangkatan. Mengapa jadwal keberangkatan penting? Karena hal ini akan menentukan keuangan Anda.

Misalnya, Anda memiliki target untuk berangkat ke Jepang selama 10 hari dan itu harus dihitung pengeluarannya. Untuk berhemat, Anda bisa memesan tiket satu tahun sebelumnya. Bahkan Anda bisa menabung untuk mendapatkan liburan yang diinginkan.

Misalnya Anda ingin berangkat pada September 2018 sebagai liburan musim gugur. Setelah berhitung, budget yang Anda butuhkan adalah Rp12 juta, sudah termasuk biaya tiket pesawat, hotel, dan biaya sehari-hari Anda di sana, maka persiapkan dana itu dengan cara menabung.

Jangan lupa, Anda harus membeli tiket pesawat dan memesan hotel terlebih dahulu di awal. Untuk berhemat, Anda bisa memanfaatkan berbagai promo maskapai dan kunjungi berbagai travel fair yang ada untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah.


3. Tabungan terpisah

Jangan pernah menggabungkan tabungan untuk kehidupan sehari-hari dengan tabungan untuk traveling. Umumnya, yang tersisa dari tabungan itu hanyalah niat, bukan uang untuk traveling. Jadi pastikan begitu tanggal gajian tiba, segera pindahkan “uang traveling” Anda dari perhitungan nomor 2 tadi ke tabungan khusus traveling Anda. Setelahnya, silahkan pakai uang Anda sesuai kebutuhan Anda.


4. Kartu kredit khusus traveling

Banyak pro-kontra dalam penggunaan kartu kredit. Tapi kartu kredit bisa memberikan manfaat lebih jika penggunaannya ditujukan untuk mengumpulkan poin, dan bukan untuk “meregangkan” dompet Anda, padahal Anda tidak punya sumber lebih untuk peregangan itu.

Daftarkan diri Anda ke salah satu penyedia kartu kredit yang memberikan manfaat lebih untuk penggemar traveling agar Anda bisa mengumpulkan mileage pesawat maupun hotel dari setiap transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit itu. Setelahnya, Anda bisa menggunakan mileage untuk memangkas biaya tiket pesawat maupun hotel Anda.

Jangan lupa, pastikan Anda selalu membayar dengan lunas penggunaan kartu kredit Anda setiap bulannya. Pastikan juga Anda menggunakan kartu kredit terbaik untuk traveler agar mileage yang Anda kumpulkan bisa memberikan manfaat maksimal.


5. Bergabung dengan OTA pemesanan hotel

Cara lain untuk memangkas biaya adalah dengan berlangganan ke situs pemesanan tiket pesawat atau hotel yang memberlakukan program loyalitas pelanggan. Artinya, Anda bisa mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang Anda lakukan, dan poin itu bisa digunakan untuk mengurangi biaya tiket pesawat maupun hotel Anda untuk liburan ke destinasi impian.

Jika Anda punya akun tersebut, saran kami adalah Anda bisa menjadi “travel agent” pribadi teman dan keluarga Anda ketika mereka ingin memesan tiket pesawat maupun hotel. Minta mereka untuk memesan tiket pesawat atau hotel lewat Anda, sehingga Anda bisa menambah poin lewat transaksi mereka. Hasilnya, poin Anda pun akan meningkat dengan lebih cepat ketimbang Anda hanya mengumpulkan poin dari transaksi Anda sendiri saja.

Posting Komentar

0 Komentar