Sering Sakit-Sakitan? Ayo Kenali 4 Rahasia Dokter Agar Kita Tak Mudah Jatuh Sakit

Setiap hari dokter bertugas memeriksakan dan merawat orang sakit. Pernahkah terlintas di benak Anda, apa yang kiranya para dokter lakukan agar tak ikut sakit?

Sesungguhnya ada banyak pencegahan yang dilakukan para dokter agar tak ikut sakit.

Berikut empat hal yang dokter lakukan untuk mencegah dirinya agar tak mudah jatuh sakit, seperti disampaikan dokter keluarga asal New Jersey, Amerika Serikat, Robert Pedowitz mengutip Everyday Health.



1. Cuci tangan sebelum menyentuh suatu benda

Dokter rajin mencuci tangan menggunakan sabun disinfektan sebelum bersentuhan dengan pasien atau alat kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pasien terpapar kuman dan menyebarkan kuman ke tempat lain.

Nah, walau Anda bukan dokter, tak ada salahnya meniru kebiasaan mereka yang rajin cuci tangan.

2. Selalu membawa hand sanitizer

Dokter selalu membawa pembersih tangan berbasis alkohol seperti hand sanitizer. Ini adalah cara tepat membunuh kuman di saat-saat dibutuhkan.


3. Vaksin flu setiap tahun

Masih belum banyak yang tahu tentang vaksin flu. Jika pun tahu, banyak yang mengira ini adalah vaksin untuk anak-anak atau lansia. Padahal orang muda dan pekerja juga membutuhkannya.

Di Amerika Serikat, Advisory Committee on Immunizations Practices (ACIP) dari CDC merekomendasikan para dokter dan tenaga medis lainnya untuk rutin vaksin flu setahun sekali.

Vaksin flu dapat membantu mencegah seseorang terkena flu. Jika pun terkena tidak akan berlangsung parah dan lama.


4. Jalani gaya hidup sehat

Faktor utama yang membuat seseorang sehat adalah nutrisi, olahraga, tidur, dan tingkat stres rendah. Penting bagi semuanya untuk tahu bagaimana mengelola itu semua.

Memang, bila Anda mengikuti empat langkah tersebut bukan garansi tidak bakal sakit di musim penghujan ini. Paling tidak gaya hidup sehat mengurangi risiko sakit.

Semoga bermanfaat

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon