Menakjubkan, Ternyata Buah Tomat Memiliki Manfaat untuk Memperbaiki Kerusakan Paru-Paru

Tomat tak hanya baik untuk menjaga mata saja. Penemuan terbaru mengungkap bahwa tomat memiliki manfaat yang besar untuk paru-paru.

Diberitakan Independent, mengkonsumsi tomat dan apel bisa membantu memperbaiki kerusakan paru, khsusunya pada mantan perokok.

Studi tersebut mengungkapkan orang dewasa yang mengkonsumsi dua tomat dan lebih dari tiga porsi apel sehari menunjukkan penurunan fungsi paru yang lebih lambat dibandingkan mereka yang makan kurang dari satu di antaranya.

Kendati begitu, manfaat tersebut berlaku hanya untuk mereka yang mengkonsumsinya dalam kondisi segar. Adapun dalam bentuk alternatif olahan, tidak termasuk didalamnya.



Dalam penelitian, terungkap mantan perokok yang mengkonsumsi tomat dan buah-buahan, terutama apel, mengalami penurunan yang lebih lambat selama periode 10 tahun. Hal ini menunjukkan nutrisi yang ditemukan dalam makanan ini membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok.

"Studi kami menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah secara teratur dapat membantu menipiskan penurunan seiring bertambahnya usia, dan bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok," kata salah satu peneliti, Vanessa Garcia-Larsen. Seperti dilansir dari Sindonews.

Tidak hanya itu, tomat juga memiliki berbagai keampuhan lainnya. Seperti:


Jerawat berangsur hilang

Tomat mengandung antiinflamasi yang tinggi. Well, ini sangat membantu dalam permasalahan kulit seperti jerawat. Jika rutin, ini bisa menjadi pencegahan munculnya jerawat.


Membuat mata berbinar

Karena tomat yang sarat dengan karoten fitonutrien beta, lutein, dan zeaxanthin, kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan mata. Alhasil, mata lebih terlihat segar dan berbinar. Membuat mata Anda lebih indah.


Membantu turunkan berat badan

Tomat dapat menenangkan otot setelah Anda workout. Seperti yang telah diketahui, diet bukan hanya tentang asupan makanan yang sehat dan seimbang, olahraga juga menentukan efektivitas diet. Ketika rutin meminum jus tomat sehabis workout maka, Anda juga bisa kembali berlatih untuk membentuk tubuh ideal.

Nah, maka tidak ada salahnya mulai saat ini Anda rajin mengonsumi buah tomat. Bisa dimakan langsung atau agar lebih nikmat dibikin jus atau smoothie.

Simak resep yang disarikan dari buku "Makanan Balita untuk Tumbuh Sehat dan Cerdas' oleh Tuti Soenardi.


Bahan-bahan :
  • 5 bh tomat, seduh air panas, kupas kulit, potong-potong
  • 200 cc air masak
  • 500 cc jeruk manis
  • 6 sdm sirup vanili
  • Es batu kotak



Cara membuat :

1. Haluskan tomat dan air dengan blender, angkat.

2. Campur dengan air jeruk, beri sirup vanili, aduk, berikan es cube atau simpan sebentar dalam lemari es. Hidangkan.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon