Memang Beda! Gaya Hidup Orang Indonesia Yang Dianggap Unik Oleh Negara Lain

Tags

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam budaya. Dari sabang hingga merauke indonesia memiliki kebudayaan yang sangat unik yang tak dimiliki oleh negara lain. Selain budaya yang beragam ternyata masayarakat indonesia sendiri juga memiliki kebiasaan yang unik. Dan berikut adalah beberapa gaya hidup orang Indonesia yang dianggap unik oleh Negara lain.

Gaya Hidup Orang Indonesia Yang Dianggap Unik

Nah, inilah sederet kebiasaan msayarakat indonesia yang dianggap unik dan tak biasa oleh orang asing yang berkunjung.


1. Belum Makan Kalau Tidak Makan Nasi




Orang indonesia menganggap bahwa dirinya belum ‘makan’ jika belum menyantap nasi. Misalkan saja makan bakso, maka hal itu dianggap bahwa hanya makanan pendaping atau pengganjal perut dan bukan makanan utama.

Mengingat di indonesia termasuk 5 negara penghasil beras terbesar di dunia, maka tak heran jika sebagian besar masyarakat indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok.


2. Tisu Toilet Berubah Fungsi



Kebiasaan unik pertama yang biasanya dilakukan oleh masyarakat indonesia adalah menggunakan tisu toilet sebagai tisu makan. Hal ini kerap dilakukan oleh masayarakat kita karena mereka menganggap bahwa hal tersebut hal yang biasa dan tak ada masalah.

Namun ketika orang asing melihat kebiasaan unik orang indonesia ini pastinya akan melihat dengan rasa jijik, karena mereka belum terbiasa.


3. Kerokan



Kebiasaan unik orang indonesia yang kedua adalah kerokan. Bagi kalian yang belum pernah mendengar kata kerokan, pastinya akan terasa asing dengan kata ini.

Jadi, kerokan adalah sebuah aktivitas di mana ada seseorang yang mengalami keluhan seperti masuk angin dan orang tersebut percaya bisa sembuh dengan kerokan atau badannya di kerok dengan menggunakan koin dan bantuan balsam atau minyak angin.

Biasanya kerokan dilakukan di area punggung dan cara ini merupakan cara penyembuhan yang cukup unik, karena ketika seseorang selesai kerokan maka punggungnya akan dipenuhi dengan warna merah sesuai dengan arah kerokan tadi.

Masyarakat indonesia menganggap bahwa aktivitas kerokan cukup manjur untuk menghilangkan gejala masuk angin.


4. Membawa Banyak Barang Menggunakan Motor



Kebiasaan masyarakat indonesia keempat yang dipandang menggelikan bagi orang asing adalah seringnya membawa banyak barang dengan menggunakan sepedah motor.

Memang bagi yang tidak pernah melihat pemandangan seperti ini, maka akan bingung bagaimana bisa banyak barang bisa diangkut dalam satu sepeda motor.

Biasanya kebiasaan yang satu ini dilakukan masyarakat yang tidak memiliki mobil atau oleh mereka yang hendak mudik atau balik dari mudik. Bahkan, kebiasaan orang Indonesia menggunakan motor pun terkadang satu motor bisa ditunggangi lebih dari tiga orang.

Namun tentunya ini bukan merupakan prestasi yang membanggakan, karena pastinya resiko yang ditanggung tak sebanding dengan manfaatnya.


5. Minum Es pakai Kantong Plastik



Hidup di negara tropis, minuman dingin menjadi idaman bagi orang Indonesia. Apalagi saat udara sedang panas-panasnya tuh.

Ada kebiasaan unik orang Indonesia saat menikmati minuman dingin menggunakan es batu. Ya, minum menggunakan wadah kantong plastik plus sedotan.

Kebiasaan ini tentu sangat aneh dilihat mata para bule. Bagaimana tidak, biasanya mereka minum minuman cepat saji dengan kemasan cap, botol, dan kaleng. Mungkin di tempat asal bule tidak ada warung es pinggir jalan kali ya?


6. Jongkok Everywhere



Jongkok adalah hal yang sangat sulit dilakukan oleh bule. Bule sangat sulit berjongkok dalam jangka waktu yang lama.

Bule terheran-heran dengan orang Indonesia yang mampu berjongkok dalam waktu yang lama. Bahkan kloset kebanyakan kamar mandi di Indonesia adalah kloset jongkok.

Jongkok memang telah menjadi kebiasaan lama orang Indonesia. Mudah ditemui segerombolan orang di pinggir jalan nongkrong dengan berjongkok. Atau anak-anak bermain kelereng dengan berjongkok.


7. Pakai Jaket di Siang Bolong



Memiliki kulit sawo matang menjadi dambaan bagi para bule. Tak heran jika kamu sering melihat bule berjemur di taman atau pantai dengan pemandangan terbuka. Ada anggapan di kalangan bule, liburan belum lengkap tanpa jadi kulit belum cokelat.

Nah, di Indonesia memiliki kebiasaan memakai jaket di siang bolong. Hal ini biasa dilakukan karena orang Indonesia tak mau kulitnya semakin cokelat.

Kebiasaan unik ini yang terkadang membuat bule bertanya-tanya. Kenapa orang Indonesia memakai jaket di siang bolong, bukannya tambah panas? Atau kenapa orang Indonesia takut terkena sinar matahari?


8. Mandi Lebih Dari 1x Sehari



Kebiasaan unik orang indonesia selanjutnya adalah soal mandi. Orang indonesia sudah terbiasa mandi sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi hari dan pada waktu sore hari menjelang malam.

Dan bahkan tak sedikit masyarakat kita yang mandi di siang hari juga, sehingga jika di jumlah, dalam sehari bisa mencapai 3x mandi. Nah, walau ini merupakan hal biasa buat kita, namun buat orang asing, mandi diatas 1 kali sehari adalah hal yang aneh dan tak biasa.

Itulah beberapa gaya hidup orang Indonesia yang dianggap unik oleh negara lain. Dan tentunya masih banyak lagi kebiasaan lain selain kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan di atas.

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon