Memaksimalkan Kamera Smartphone Untuk Aktivitas Fotografi Anda, Wajib Baca Bagi Anda Yang Suka Motret Pake Ponsel

Saat berbicara tentang fotografi, pasti yang terlintas di benak kita adalah mengenai jenis kamera apa yang akan kita gunakan. Dan kemudian kita akan berpikir untuk menggunakan kamera dslr atau mirrorless yang memiliki hasil kualitas gambar yang bagus.

Namun seiring dengan perjalanan waktu dan berkembangan akan teknologi, kamera yang memiliki hasil gambar yang bagus tidak hanya terbatas pada dslr atau mirrorless. Pasalnya kamera yang tertanam pada smartphone / ponsel pun saat ini kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Smartphone adalah alat yang selalu kita bawa kemana – kemana, bukan hanya karena fungsinya sebagai alat komunikasi namun juga karena ia memiliki kemampuan lainnya; pemutar mp3, GPS, perekam, organizer dan tentu saja kamera.



Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan berlanjut pada perkembangan pada kamera ponsel / smartphone tersebut, misalnya penambahan megapixels, kualitas lensa, dan penambahan flash, saat ini kamera ponsel / smartphone sudah sangat familiar dikalangan pecinta fotografi. Apalagi di barengi dengan berkembangnya media social khsus untuk menggunggah hasi foto ; Instagram.

Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera ponsel / smartphone ini masih tetap terbatas. Tidak hanya terbatas pada kualitas kamera yang tidak sejernih dslr atau mirrorless, namun juga mungkin beberapa cara kita masih belum maksimal dalam menggunakannya.

Berikut adalah tips - tips yang bisa anda pakai untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera ponsel / smarthphone anda :


1. Hindari penggunaan zoom, mendekatlah ke obyek foto

Salah satu kelemahan yang paling mendasar pada kamera ponsel adalah cenderung memperkecil objek foto. Jadi usahakanlah agar memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Zoom akan menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.


2. Pastikan cahaya yang menerangi obyek mencukupi

Kamera ponsel tidaklah sesensitif dan tidak dapat menangkap objek di dalam keremangan. Usahakan agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor.


3. Gunakan alat bantu untuk mendukung kestabilan ponsel (tripod)

Kestabilan sangat di butuhkan untuk menghasilkan gambar yang bagus. Usahakan tangan stabil saat mengambil gambar atau jika memungkinkan gunakanlah alat bantu seperti tripod, saat ini tripod juga telah tersedia untuk ukuran yang mendukung ponsel / smartphone


4. Baca tips tentang dasar – dasar fotografi

Meskipun hanya menggunakan kamera ponsel, pengetahuan dasar mengenai teknik fotografi dan turunannya, misalnya komposisi, frame, angle dan lain lain tetap menjadi point yang penting. Sebelum memulai memotret, usahakan untuk mempelajari dasar – dasar teknik foto tersebut. Namun disarankan untuk tidak terlalu terpaku pada peraturan tersebut. Tidak ada foto yang bagus atau jelek berdasarkan criteria tertentu, semuanya tergantung kreatifitas dan selera.


5. Cobalah memotret dari angle atau tempat yang tidak biasa

Foto yang diambil dari sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Untuk itu cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya mencoba mengambil foto dari sudut bawah atau sudut atas. Dukungan tempat yang menarik dan tidak biasa akan menghasilkan foto yang unik dan menarik pula.


6. Manfaatkan keadaan sekitar sebagai pendukung

Keterbatasan hasil foto dari kamera ponsel sebaiknya juga bias di akali dengan cara memanfaatkankan keadaan sekitar saat pengambilan foto, misalnya memanfaatkan cahaya matahari sesuai dengan kebutuhan arah cahaya, memanfaatkan cuaca mendung sebagai reflektor alami, dan lain lain.


7. Pilih resolusi tertinggi

Jika kamera memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi. Saat kita memilih resolusi tertinggi berarti foto yang dihasilkan akan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar. Namun hal ini kemudian menjadi pertimbangan bagi yang memiliki memory dengan kapasitas yang kecil. Anda dapat menggunakan mamory tambahan atau lebih sering mentransfer file ke harddrive tambahan.


8. Pelajari pengaturan – pengaturan dasar pada kamera ponsel

Beberapa kamera pada ponsel / smartphone saat ini sebagian besar telah dilengkapi dengan pengaturan atau settingan kamera yang hampir sema dengan pengaturan manual pada kamera dslr atau mirrorless. Beberapa ponsel sudah dapat di atur secara manual meliputi iso, shutterspeed, diafragma, dan lain lain. Sebelum memulai untuk memotret sebaiknya pelajari dulu pengaturan yang sesuai dengan kondisi pengambilan foto. Meskipun hanya menggunakan ponsel, tidak ada salahnya mencoba menggunakan settingan kamera maunual.


9. Kenali waktu jeda shutter

Kamera ponsel memiliki apa yang disebut shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita menekan tombol shutter dan saat kamera mulai mengambil foto. Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet tombol shutter, beberapa ponsel masih lumayan lelet dalam hal shutter. Kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.


10. Memilih Aplikasi Editing yang sesuai

Keterbatasan dalam hasil kamera ponsel dapat pula disiasati dengan cara menggunakan aplikasi editing yang sesuai agar foto bisa menjadi lebih menarik. Namun pilihlah aplikasi foto yang sesuai dengan kebutuhan, dan sebisa mungkin tidak terlalu berlebihan dalam mengedit hasil foto. Keculali jika memang anda tertarik dengan teknik editing sperti HDR, Fantasy atau Surrealism Editing.


11. Gunakan kesempatan yang ada untuk mengambil foto sebanyak banyaknya

Kembali lagi ke permasalahan keterbatasan dalam penggunaan kamera ponsel. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengambil foto sebanyak – banyaknya saat ada kesempatan dan moment – moment yang menarik. Untuk kemudian nantinya anda dapat memilih foto yang mana yang frame nya paling menarik. Hal ini juag sebenarnya menjadi salah satu keuntungan di jaman teknologi yang sudah berkembang saat ini, bayangkan jika kita harus mengambil foto dengan kamera anolog (kamera film), bagaimana cara nya karna kita harus menggunakan film yang mahal degan sangat terbatas.


Demikianlah 11 tips yang dapat kami berikan kepada anda pecinta Photografi Ponsel / Smartphone. Tidak penting gear apa yang anda gunakan, tetapi bagaimana cara anda memanfaatkan gear tersebut. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil foto yang terbaik!

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon