Benarkah Minum Cukup Air Putih Bikin Kulit Cerah Bersinar? Yuk, Kita Simak dan Buktikan Sekarang Juga!

Fakta bahwa minum air putih secara cukup baik untuk kulit memang bukan berita baru. Dengan memastikan tubuh selalu terhidrasi, di saat yang sama juga akan membantu menjaga kulit tetap kenyal dan sehat.

Namun, walaupun sudah minum air putih seperti yang dianjurkan setiap hari, mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya, apakah bisa benar air putih bisa memberi kulit binar yang sehat. Atau butuh usaha yang lebih?

Dilansir dari laman Byrdie, tiga orang pakar, yaitu Caroline Cederquist, MD, penulis dari The MD Factor Diet; dermatolog Joshua Zeichner MD; dan dermatolog sekaligus dokter beda Margarita Lolis, MD akan memaparkan: apa sebenarnya efek minum air putih bagi kesehatan kulit.



Apakah minum air benar bisa menghidrasi kulit?

"Ya, tapi hal ini juga adalah kombinasi dari pola makan yang seimbang, yang meliputi protein dan lemak sehat sekaligus selalu cukup minum," ujar Cederquist.

Sementara itu, Lolis memiliki hipotesis lain. "Sebenarnya, ketika Anda minum air, hal itu tidak otomatis langsung menuju kulit. Air akan menghidrasi sel begitu terserap ke dalam aliran darah disaring oleh ginjal. Jadi pada tingkat selular, minum air putih itu bagus karena akan mengaliri sistem dan menghidrasi tubuh secara umum," ujarnya.


Ritual perawatan kulit

Lolis merekomendasikan melakukan ritual berikut ini setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit:
  1. Gunakan pembersih yang lembut untuk menggantikan sabun.
  2. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.
  3. Hindari paparan udara kering.
  4. Jangan mandi air hangat dalam waktu lama, dan selalu gunakan sarung tangan saat mencuci piring.
  5. Gunakan losion tepat setelah mandi, dan krim tangan setiap selesai mencuci tangan.

Sedangkan Zeichner menambahkan, kalau penggunaan pelembap jauh lebih efektif untuk kulit dibanding minum air.

"Pelembap mengandung tiga jenis bahan yang akan bekerjasama untuk membantu kulit. Anda juga tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan pelembap dengan kualitas bagus," jelas Zeichner.

Minum Air Putih seberapa banyak?

Harus minum berapa banyak air agar terus terhidrasi?

"Sekitar dua liter air per hari," Cederquist mengonfirmasi. "Aku menyarankan tambahan 250 ml untuk setiap kelebihan berat badan sebanyak 10 kg. Misalnya, jika seseorang kelebihan berat badan sebanyak 20 kg, dia butuh air sebanyak 2 liter ditambah 500 ml (250x2)."

Sedangkan Lolis menyarankan jumlah yang berbeda. "Menurut Institute of Medicine, sarannya adalah: untuk pria itu sekitar 13 gelas air setiap hari, dan setidaknya 9 gelas per hari untuk wanita," jelasnya.

"Namun jumlah ini mengacu pada keseluruhan asupan cairan yang dikonsumsi setiap hari," tambahnya. Dan hal ini termasuk juga makanan yang mengandung air, seperti buah dan sayuran.


Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon