Adsense

Cara Ampuh Mengatasi Virus Shortcut di Flashdisk

Virus dalam teknologi komputasi merupakan sebuah program yang memiliki kemampuan menggandakan diri dan menyebar ke dalam program dan juga data-data lainnya. Biasanya para pengguna tidak sadar jika perangkatnya terkena virus.

Virus komputer memiliki banyak jenis dan salah satu yang cukup populer adalah virus shortcut. Sesuai Namanya, maka virus ini bekerja aktif dengan membuat sebuah shortcut palsu pada komputer melalui flashdisk yang diserangnya. Biasanya virus ini menyembunyikan file dalam flashdisk lalu menggantinya dengan shortcut palsu.

Kehadiran virus shortcut ini memang tidak terlalu membahayakan perangkat komputer. Namun, kemunculannya di flashdisk menyebabkan file tersembunyi dan bisa mengubah data menjadi shortcut. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda, terutama ketika bekerja. Karena di era saat ini, komputer menjadi salah satu barang yang penting.

Ciri-ciri Perangkat Terkena Virus Shortcut

Virus shortcut pada dasarnya hanya menyerang komputer atau laptop. Nah, jika Anda mendapatkan virus shortcut ini pada flashdisk, pastinya Anda telah memasang flashdisk tersebut ke laptop atau komputer dan lupa tidak melakukan eject sebelum melepasnya dari komputer.

Di bawah ini ciri-ciri flashdisk dan komputer terkena virus shortcut:

  1. Virus shotcut biasanya membuat file induknya dengan nama database.mdb. Biasanya file ini terletak di folder MyDocuments;
  2. Terdapat file-file autorun.inf pada tiap drive dan juga folder pada laptop atau komputer;
  3. Terdapat file shortcut palsu;
  4. Virus ini juga membuat file bernama thumb.db (bukan file thumbs.db). Virus shortcut juga membuat file microsoft.ink dan file-file berekstensi .ink di dalam folder dan drive perangkat;
  5. Terdapat sebuah file proses bernama wscript.exe yang berjalan pada sistem operasi laptop atau komputer.
Nah, jika Anda sedang mengalami flashdisk dan komputer terkena virus shortcut, berikut Cara Mengatasi Virus Shortcut di Flashdisk Cara mengatasi flashdisk yang terkena virus shortcut terkadang mudah dan terkadang susah. Hal ini didasarkan pada level permasalahannya yang berbeda-beda, walaupun masih satu masalah yakni terkena virus shortcut. Tapi, Anda tidak perlu risau, untuk mengatasinya gunakan Command Prompt.

Command Prompt memang tool berbasis perintah yang multi fungsi, didalamnya juga terdapat banyak sekali perintah perbaikan sistem yang dapat dipakai. Salah satu perintah tersebut dapat digunakan untuk mengatasi virus shortcut di flashdisk.

Berikut cara melakukannya :
  1. Tekan tombol kombinasi Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela Run;
  2. Pada jendela Run, silakan ketik CMD, lalu klik OK atau tekan Enter;
  3. Akan tampil jendela Command Prompt, pada jendela ini silakan ketik perintah CHKDSK /R /F E: lalu tekan Enter;
  4. Tunggulah sesaat, sampai prosesnya selesai. Huruf E pada perintah di atas silakan sesuaikan dengan letter flashdisk yang terpasang di komputer atau laptop;
  5. Selanjutnya, silakan ketikkan attrib -h -r -s /s /d *.* pada baris perintah baru dan tekan Enter
  6. Selesai
Silakan cek data-data di flashdisk, biasanya dengan teknik ini flashdisk akan normal kembali. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya kira pakai aplikasi..hehehe...

    ok dech info nya..trims

    http://trick-ponsel.blogspot.com

    BalasHapus

  2. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa