Adsense

Membuat Gagang Gergaji Besi Kecil Dari Gagang Pisau Cutter

Dalam kerajinan tangan, khususnya yang memanfaatkan limbah logam berupa besi kecil dan kawat sering menggunakan jenis gergaji besi atau yang dikenali juga dengan nama Hacksaw didalam Bahasa Inggris.

Gergaji besi kecil digunakan untuk memotong atau membelah benda keras seperti besi dan kawat dengan ukuran yang telah di tentukan. gergaji jenis ini memiliki keunikan yakni memiliki mata gergaji yang paling rapat dibandingkan dengan jenis gergaji lainnya. Selain digunakan untuk besi, biasanya hacksaw digunakan untuk memotong material pipa dan plastik.

Jika mata gergaji tumpul, kita harus menggantinya dengan mata gergaji yang baru. Ada kemiripan dengan Pisau Cutter. Nah, karena harga jual gergaji tangan jenis ini relatif lebih mahal terutama untuk gagangnya jika dibandingkan dengan gergaji lainnya, maka kita akan mencoba memodifikasi Gagang Cutter menjadi gagang gergaji besi kecil.


Dalam memodifikasi alat kerja ini sangat mudah, karena pada intinya kita hanya menggati mata pisau cutter dengan mata gergaji besi. Yuk, kita praktekkan step by step.

Siapkan alat dan bahan-bahannya :
  1. Gagang pisau Cutter, bisa yang baru, bisa juga bekas pakai;
  2. Mata gergaji besi kecil;
  3. Kikir;
  4. Tang potong untuk memotong mata gergaji besi.
Cara memodifikasinya :

  1. Langkah pertama, potonglah mata gergaji besi sesuai dengan ukuran mata pisau cutter;
  2. Selanjutnya besarkan sedikit lobang pada ujung mata gergaji besi dengan menggunakan kikir agar bisa dimasukkan pada lobang pisau Cutter;
  3. Jika sudah selesai kemudian pasang mata gergaji tersebut pada tempat masuknya gagang pisau Cutter seperti pada contoh gambar dibawah;
  4. Selesai, gergajinya siap digunakan untuk kerajinan tangan lainnya.

Mudah bukan? Selamat mencoba dan berkreasi. Tips agar gergaji besi tidak mudah karatan, bersihkan gergaji setelah dipakai menggunakan kain basah atau lap dan jangan letakkan gergaji tertumpuk dengan peralatan lainya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar