Adsense

Tips Mudah Buat ID Fotografer.net

Pencinta fotografi atau fotografer di indonesia pasti kenal dengan situs fotografer.net. Situs netral dan terbuka. Siapa saja bisa bergabung, bisa memajang foto dan bisa mengkritik sekaligus dikritik. Anggota bisa memperoleh rating dengan memasang foto dan memberi kritik kepada foto-foto anggota yang lain. Selain itu, jika secara sukarela menulis artikel, tambahan rating juga bisa diperoleh dari anggota-anggota yang memperoleh manfaat dari membacanya. Di sinilah esensi dunia fotografi yang kental akan semangat kebersamaan dan saling bantu-membantu dalam arti positif sama-sama dipupuk.

Fotografer.net dibangun oleh Valens Riyadi dan Kristupa Saragih, dua sahabat yang sama-sama terobsesi oleh fotografi. Situs ini dibuat untuk mewadahi pecinta dunia fotografi, membuat ajang interaksi, dan mengasah ketajaman apresiasi hasil karya fotografi. Tujuan utama situs Fotografer.net adalah memberi kesempatan kepada fotografer untuk memajang hasil karyanya, untuk dievaluasi dan dikomentari oleh fotografer lain. Pada akhirnya evaluasi dan komentar tersebut diharapkan bisa membantu para fotografer untuk mengasah kemampuan memotret melalui kritik-kritik membangun.

Situs ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 30 Desember 2002, dengan mengalami 2 hari beta testing, dan persiapan pembuatan selama 1 minggu. Pada desain awal, pengerjaan teknis sepenuhnya dilakukan oleh Valens Riyadi, yang meliputi pengerjaan desain database, scripting, dan desain grafis. Beberapa script juga dikerjakan oleh Ronal Rivandi. Ide dan fungsi-fungsi yang tersedia didesain oleh Kristupa W. Saragih dibantu oleh Valens Riyadi. Pada tampilan pertamanya, fungsi yang tersedia hanya galeri foto, dengan berbagai keterbatasan fungsi. Namun seiring dengan perkembangan, beberapa fitur terus dibuat dan semakin melengkapi FN, antara lain Forum, Artikel, dan banyak detail fungsi lain yang turut menyemarakkan FN.

Ingin jadi member fotografer.net? Berikut cara buat ID member atau pendaftaran anggota baru di fotografer.net.

  1. Untuk mendaftarkan diri ke Fotografer.net (FN) calon anggota dipersilahkan untuk mengklik tulisan daftar yang ada pada bagian kiri atas halaman muka FN. Tautan pendaftaran berada di bawah formulir Login seperti nampak pada gambar berikut.

  2. Calon anggota akan dibawa menuju laman Pendaftaran seperti nampak pada gambar berikut ini.

  3. Sebelum mulai mengisi formulir pendaftaran, calon anggota FN diminta untuk membaca dan memahami aturan yang berlaku di FN. Aturan yang berlaku di FN dapat dilihat dengan mengklik tautan aturan yang terletak pada baris di bawah tulisan PROSES REGISTRASI.

  4. Jika calon anggota setuju terhadap aturan tersebut, maka calon anggota dipersilakan mencontreng pada tempat yang telah disediakan. Jika tidak dicontreng, maka formulir pendaftaran belum akan aktif dan belum dapat diisi.
  5. Setelah mencontreng, barulah formulir pendaftaran aktif seperti nampak pada gambar berikut ini:

  6. Calon anggota hanya perlu mengisi Nama Lengkap (sesuai kartu identitas diri yang berlaku), alamat email yang valid, UserId yang dikehendaki, dan Password (isian password diketikkan pada bagian Password dan diulangi pada Ulangi Password). Jika isian benar maka di sisi kanan formulir akan muncul tanda contreng hijau, tetapi jika isian salah maka di sisi kanan akan muncul tanda X beserta keterangan kesalahannya. Contoh nampak pada gambar di bawah ini:

  7. Calon anggota perlu untuk melakukan koreksi yang diperlukan. Setelah terisi semua dengan benar (seperti nampak pada gambar di bawah), calon anggota hanya cukup menekan tombol Send untuk mengirimkan isian fomulir pendaftaran ke server FN.

  8. Langkah selanjutnya, calon anggota akan dikirimi email verifikasi oleh server FN ke alamat email yang diisikan pada saat pendaftaran tadi. Di dalam email tersebut berisi metode untuk melakukan verifikasi alamat email. Mohon dipastikan alamat email yang diisikan tadi berfungsi dengan baik (tidak diblacklist, kuota masih mencukupi, dan lainnya). Jika email verifikasi tidak datang juga, mohon dicek folder spam.
  9. Metode verifikasi alamat email, dapat dilakukan secara langsung dengan cara mengklik link yang disediakan dalam body email. Metode kedua untuk verifikasi adalah dengan mengisikan kode verifikasi dan alamat email pada halaman verifikasi seperti nampak pada gambar berikut:

  10. Setelah terisi menekan tombol Submit Query, calon anggota akan secara resmi menjadi anggota FN. UserId dan Password yang diisikan pada saat pendaftaran dapat digunakan untuk Login ke FN.



Referensi : Fotografer.net


Posting Komentar

5 Komentar

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa