Adsense

Konsep Dasar Fotografi

Sebagian besar dari kita memang bukan fotografer profesional, tapi banyak dari kita walaupun amatir tetapi sangat serius dalam menggelutinya. Lambat laun, kita akan menyadari bahwa ada lebih banyak hal untuk dipertimbangkan dari sekedar pengambilan gambar. Bahkan, seorang fotografer yang serius pada hobinya harus belajar tentang hal-hal seperti lighting atau pencahayaan, exposure, komposisi dan camera angle atau sudut kamera, dan beberapa istilah lainnya.

Berikut adalah beberapa konsep dasar dalam fotografi :

  1. Lighting dan Exposure

    Apakah pernah mengambil gambar di tempat yang sangat terang atau gelap sehingga tidak bisa melihat object? Saya yakin anda pasti pernah mengalaminya. Nah, disini kita harus sadar betapa pentingnya pencahayaan dan exposure yang tepat dalam fotografi. Jangan sampai foto yang kita ambil hasilnya akan terlalu over atau terlalu under, karena akan menyulitkan kita nantinya dalam editing.

  2. Komposisi dan Sudut kamera atau Camera Angle

    Prinsip dasar lainnya dalam fotografi adalah komposisi, atau teknik pengaturan subjek dalam frame kamera. Komposisi yang tepat dari sebuah pengambilan gambar secara langsung berkaitan dengan sudut di mana fotografer mengambil gambar tsb.

    Dengan sudut kamera tertentu dan komposisi yang tepat, sebuah foto bisa menarik di mata orang yang melihatnya, menambah arti pada gambar tersebut.

    Dengan menarik mata orang yang melihat untuk bagian tertentu dari gambar, fotografer juga memberikan arti perasaan tertentu untuk gambar yg diambilnya. Tergantung pada subjek yang difotonya, penempatannya dalam frame dapat membuatnya tampak lebih misterius, kuat, sesuai, atau menarik.

  3. Konsep Fotografi yang lebih dalam

    Jika Anda ingin lebih memperluas pengetahuan Anda tentang konsep fotografi, mulailah bereksperimen dengan beberapa teknik yang lebih maju, seperti pengaturan bukaan, focal lengths dan pengaturan shutter speed.




Sumber : teknikfotografi.org

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Assalamu Alaikum. Mas ifoell saya mohon bantuanya... Saya minta agar bisa menjadi anggota Id Blognetwork tapi saya diminta agar bisa di rekomendasi oleh teman blog yang sudah mendaftar ke Id Blog Network.

    Berikut data Blog saya :
    Blog : http://idrusdama.blogspot.com
    Page view per bulan : 30.000
    Visitor : 10.000 per bulan

    Jika telah direkomendasi saya akan melakukan registrasi...!! Terima kasih atas bantuannya..!!

    BalasHapus
  2. Foto yang dihasilkan berawal dari cara memfotonya sesuai konsep dasar fotografi, nice info, komentar juga ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
  3. kunjungan siang dan pertama yang sekaligus menambah banyak pengetahuan saya, terimakasih banyak kami dari,, obat meningkatkan libido wanita

    BalasHapus
  4. Denny blogspot,,mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya ....selamat hari raya idul fitri...

    BalasHapus
  5. Selamat malam,
    Saya ingin menanyakan perihal guest post di http://ifoell.blogspot.com
    Saya berminat untuk mengkontribusi sebuah artikel dengan sebuah link ke blog client saya.
    Adapun topik artikel akan disesuaikan dengan topik blog anda. Tulisan akan menggunakan kaedah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Untuk artikel yang dipublish di blog anda, saya akan memberikan imbalan Rp.35.000,- sebagai kompensasi.
    Kompensasi akan ditransfer ke rekening bapak/ibu maksimal 2x24 jam.
    Jika anda setuju, mohon kabarin saya melalui email di sherwilling93 @ gmail.com.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Nambah ilmu nih saya, terimakasih untuk informasinya

    BalasHapus

  7. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    BalasHapus

  8. thank you very much gan on information that has been posted, I am personally very impressed with your article I wait for the next update ^^
    Obat Amandel Yang Sudah Bengkak Dan Parah

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa