Hari ini :


Membuat Daftar Isi Blog Otomatis

Pentingkah daftar isi pada sebuah blog? Jawabannya mungkin Anda sudah tau. Disamping untuk menaikkan Page View suatu halaman artikel atau postingan yang diakses oleh pengunjung, sebuah daftar isi menjadikan sebuah referensi bagi pengunjung dalam mencari keseluruhan informasi dalam blog kita. Ibarat sebuah rumah makan, ketika ada tamu yang berkunjung dan ingin menikmati jenis-jenis menu, tentu melihat daftar menu terlebih dahulu. Kita sebagai pelayan restoran apakah harus terpaku untuk menyodorkan pada satu jenis menu makanan saja? Jawabannya Tentu tidak! Padahal masih banyak menu-menu menarik lainnya yang bisa kita sodorkan.

Nah, agar menu - menu tersebut terlihat komplit maka kita harus menyodorkan menu lainnya agar si tamu tadi tidak jadi pindah ke restoran lain, lalu apa yang kita lakukan? Kita sodorkan saja Daftar Menu tersebut pada tamu tadi agar mereka bisa memilih sesuka hati menu apa yang ingin mereka cari.

Untuk sebuah blog, Fungsi Daftar Isi ini akan memberi kebebasan untuk para pengunjung atau pembaca untuk menikmati semua artikel yang ada di dalam blog layaknya memilih makanan di daftar menu restoran. Manfaat lainnya dengan membuat daftar isi untuk blog, yakni :

  1. Artikel pada suatu blog akan lebih populer;
  2. Artikel yang lama akan lebih mudah ditemukan lagi
  3. Para pengunjung akan lebih bebas menemukan artikel tanpa harus mengetikkan keyword
  4. Blog akan terlihat lebih profesional dan lebih atraktif

Menarik bukan? dengan menambakan kode javascript pada halaman posting. Daftar isi atau sitemap akan berfungsi untuk membantu pengunjung agar mereka tidak kesulitan dalam mencari artikel yang mereka butuhkan. Langsung saja ke cara membuat daftar isi blog otomatis ya?

  1. Membuat Daftar isi Berdasarkan Label atau Kategori

    • Cara membuat daftar isi pertama ini dilengkapi dengan scroll, jadi mudah ditempatkan di widget sidebar atau dalam postingan Laman. Daftar isi akan berurut berdasarkan Kategori Artikel. Terdapat tambahan notice, New!! apabila postingan masih baru.
    • Buatlah sebuah posting kosong, beri judul "Daftar Isi" atau "Sitemap"
    • Copy kode dibawah ini kemudian paste pada postingan tersebut (paste kodenya pada edit html, bukan compose)

      <div style="background: transparent url(#) no-repeat; border: 1px solid white; height: 400px; overflow: auto; padding-left: 5px; width: 95%;">
      <script language="javascript">
      numposts=9999;
      home_page="URL_BLOG_ANDA";
      explanpost="new";
      </script>
      <ul><script src="http://yourjavascript.com/29102305526/sitemapblog-anakbangsa.js">
      </script></ul>
      </div>

    • Pada post option jangan ijinkan komentar, agar halaman daftar isi tidak dipenuhi komentar yang akan memberatkan blog anda.
    • Jangan lupa mengganti Tulisan tebal berwarna merah (URL_BLOG_ANDA) dengan alamat blog anda
    • Publish Post, Selesai
    •  
      Demo dari Daftar isi berdasarkan Label dapat Anda lihat disini

  2. Membuat Daftar Isi Berdasarkan Tanggal Postingan Menu Dropdown

    • Cara membuat daftar isi yang kedua ini makin komplit fiturnya, Selain berdasarkan tanggal postingan, ada menu pilihan dropdown untuk Kategori Artikel dan Pilihan Urutan. Selain itu tersedia rangkuman artikel jika di klik icon panah di depan judul. Menarik bukan? Gunakan kode dibawah ini. Copy dan paste kodenya pada edit html, bukan compose.

      <div id="cl_option">Loading... </div>
      <div id="cl_content_list"></div>
      <script type="text/javascript">var jumlah_kata_dalam_ringkasan = 500;</script><br />
      <script src="http://yourjavascript.com/71312621930/sitemapdropdown-bloganakbangsa.js"></script><br />
      <script src="http://URL_BLOG_ANDA/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=onLoadFeed&max-results=9999"></script>

    • Pada post option jangan ijinkan komentar, agar halaman daftar isi tidak dipenuhi komentar yang akan memberatkan blog anda.
    • Jangan lupa mengganti Tulisan tebal berwarna merah (URL_BLOG_ANDA) dengan alamat blog anda
    • Publish Post, Selesai

    Demo dari Daftar isi berdasarkan Tanggal Postingan, ringkasan artikel dan fasilitas menu dropdown dapat dilihat di Sidebar blog ini, pada menu Arsip Blog

Beda antara cara pertama dan cara kedua yaitu pada hasil sitemap yang dihasilkan, tapi berfungsi sama. Dua-duanya menginformasikan isi dari Blog Anda. Mudah bukan?


Semoga Bermanfaat....

1 komentar:

Stop SPAM Comments