Istilah dan Simbol di Twitter

Tags

Cara paling mudah menggunakan Twitter adalah mengenal apa itu Twitter? dan simbol serta istilah-istilah Twitter. Pastinya tips ini bukan untuk mereka yang sudah mahir, tips ini bagi sobat yang mungkin baru saja bersentuhan dengan jejaring sosial yang satu ini, mungkin karena sibuk, belum mood, dan sebagainya. Buat yang belum punya twitter bisa di lihat disini cara membuat twitter di sini. Bagi yang masih baru menggunakan Twitter ada istilah-istilah yang harus dipahami.

Istilah - Istilah di Twitter

  1. Follower : adalah orang yang mengikuti kita dan mereka akan menerima setiap pembaharuan status yang kita lakukan. Hampir sama dengan status di Facebook.
  2. Following : Berarti bahwa teman/orang yang kita ikuti untuk setiap aktivitas dan update di twitternya tersebut, sebagai followingnya kita akan menerima apapun update status yang dia lakukan dan aktifitasnya.
  3. Reply : balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet. Artinya kita akan membalas atau merespon status orang tersebut.
  4. ReTweet : Men-tweet ulang status orang lain atau menerbitkan status orang tersebut di status kita. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena statusnya menarik atau memberi inspirasi dan bermanfaat buat folower kita.
  5. Direct Message : sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.
  6. Trending Topic : topik/isu yang lagi hot atau sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.
  7. Favorites : dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).


Simbol - Simbol di Twitter

  1. @ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut atau untuk share status kita pada nama pengguna yang kita beri simbol. Sobat bisa berinisiatif menggunakan simbol ini pada sahabat, partner, atau rekan bahkan folower kita, sehingga mereka akan menerima tweet kita. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika sobat akan me-reply tweet seseorang.

    Contoh pemakaian :
    • @Fandy Have a nice day bro!
    • @Vivanews Ini beritanya manteb banget, cekidot ahh..!!!
    • bisa juga seperti ini
    • Have fun malem mnggu ma @Rangga jgn lpa bngkus gak pake cabe.!!
    • @nytimes: India Tightens Tourist Visa Rules http://bit.ly/7StSRO


  2. # (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.

    Contoh pemakaian:

    • #masakecilkurangbahagia ngantri di dufan, kepanasan bareng @Narji narsis abis
    • @NajwaShihab: Hd nice chat with Luna Maya. Curhat soal twitter & infotainment : ) Watch lengkapnya di #matanajwa http://tweetphoto.com/7001611

  3. RT adalah simbol untuk istilah ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berartisobat menerbitkan ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.

    Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @DuniaKomputer trik untuk mengakali RTO (request time out) http://bit.ly/aHjKO

    Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.


  4. OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.

    Contoh pemakaian : OH Inidia foto hot n macho pemain bola dunia


  5. HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.


Nah itulah beberapa istilah dan simbol dalam Twitter dan bagai mana cara menggunakannya. Dengan memahami istilah tersebut maka sobat pasti akan mengerti dan mahir Bagaimana Cara Menggunakan Twitter dengan baik dan Benar.

9 komentar


thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

Amin .....................
pengobatan gondok beracun alami


Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
Obat polip kandung empedu tanpa operasi


Thank you friend for the information very helpful at all .. !!
Obat Polip kandung Empedu Yang Alami


thank you very much gan on information that has been posted, I am personally very impressed with your article I wait for the next update ^^
Obat Amandel Yang Sudah Bengkak Dan Parah







it's amazing article I was reading thank you for the information may be worship goodness author
Cara mengobati infeksi saluran kencing pada ibu hamil secara alami

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa
EmoticonEmoticon