Adsense

Blackberry GPS Tracking

Bagi Anda yang mempunyai Blackberry yang ada fasilitas GPS nya (global positioning system), pasti sudah sangat bersahabat dengan Blackberry Mapsnya. Hal ini sangat membantu Anda ketika sedang dalam suatu perjalanan, karena dengan GPS akan langsung diketahui posisi / titik dimana kita berada saat itu. Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana kita memanfaatkan GPS Blackberry sebagai GPS Tracker, sehingga perjalanan kita bisa dimonitor / dipantau dari jauh melalui internet secara real time. Tulisan ini hanya sebagai alternatif memanfaatkan fasilitas yang ada di Blackberry. Nah.. Pengen tahu caranya?
.


Caranya :

  1. Daftar (gratis) di www.instamapper.com/bb, pilih sign-up dan lengkapi data - data yang harus diisi. Setelah terdaftar nantinya kita akan diberi 'device key'(berupa sederetan angka-angka), device key ini yang akan digunakan dan dimasukkan pada blackberry kita.
  2. Pada blackberry harus installkan aplikasi GPS Tracker. Untuk menginstall gps tracker caranya Buka App World, gunakan search untuk mempermudah pencarian dengan kata kunci 'gps tracker' hasil pencarian ada banyak, dan yang harus kita pilih adalah GPS Tracker dari InstaMapper LLC. Kemudian download dan installkan.
  3. Setelah terinstal maka GPS tracker ini akan meminta nomor Device Key, masukkan device key yang telah didapatkan ketika register dari Instamapper tadi.
  4. Jalankan GPS Tracker di Blackberry (kalau sudah mendeteksi satelite, maka data GPSnya (longitude, latitude, altitude ) sudah langsung dikirim, dan sudah bisa dibaca melalui internet).



Untuk memonitor / memantaunya, buka internet di komputer dan masuk ke www.instamapper.com/bb kemudian login menggunakan user yang sudah didaftarkan tadi. Setelah login, kita bisa melihat posisi dimana blackberry berada dan pergerakannya.

Selain secara real time, data - data gps kita juga tersimpan di database instamapper, jadi kita masih bisa membuka / melihatnya di lain waktu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk Gps Blackberry tracking ini, antaranya yang pertama sudah barang tentu Blackberrynya harus yang ada GPSnya. Kemudian layanan Blackberry harus dengan layanan Full service. Pada waktu pengiriman data tentunya hanya bisa pada saat ada sinyal dari operator selularnya.
Untuk tracking dengan waktu yang lama (perjalanan yang jauh), karena proses pengiriman data dilakukan secara terus menerus, maka baterai akan lebih cepat habis, sebaiknya disiapkan juga power external (mobile charger).

Saat ini sudah banyak penyedia layanan GPS Tracking ini di sekitar kita yang dikelola secara professional, tidak gratis, kita harus beli / sewa perangkat dan service dari penyedia layanan gps tracking tersebut. Bisa untuk diterapkan di mobil-mobil rental, atau di aset-aset bergerak yang berharga lainnya.

Oh iya sobat, mungkin ini bisa dicoba pada perjalanan mudik atau perjalanan kembali dari mudik lebaran dan lain sebagainya. Keluarga / saudara menunggu kedatangan kita, informasikan keberadaan sobat dengan gps tracking ini, karena terkadang kita juga tidak tahu nama tempat yang sedang kita lalui, biarlah mereka melihat dan membacanya sendiri di peta melalui komputer secara lebih jelas. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. sebagai pilihan yang bagus sekali, agar kita bisa tracking dengan tepat

    BalasHapus
  2. sayangnya untuk beberapa gps tracking kurang memanage server mereka, di jakarta sudah banyak yang menyediakan jasa ini

    BalasHapus

  3. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    BalasHapus

  4. Thank you friend for the information very helpful at all .. !!
    Obat Polip kandung Empedu Yang Alami

    BalasHapus

  5. thank you very much gan on information that has been posted, I am personally very impressed with your article I wait for the next update ^^
    Obat Amandel Yang Sudah Bengkak Dan Parah

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa