Adsense

Zakumi dan Sejarah Afrika Selatan

Siapakah sosok Zakumi yang digunakan sebagai maskot piala dunia 2010? Apakah ada hubungannya piala dunia 2010 dan sejarah afrika selatan? Inilah kisah ceritanya hubungan antara maskot Zakumi, piala dunia dan sejarah Afrika Selatan. Selama 40 tahun, tiap perhelatan Piala Dunia selalu memiliki maskot yang unik. Kali ini, Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan juga mempunyai maskot istimewa dengan latar belakang sejarah Afrika Selatan. Inilah Zakumi si macan tutul yang lahir pada 16 Juni 1994, tanggal dan tahun itu adalah momen bersejarah bagi Afrika Selatan. Tanggal 16 Juni 1976 merupakan awal pemberontakan kaum muda Soweto di Afrika Selatan.

Pada tanggal itu, anak-anak sekolah di Afrika Selatan turun ke jalan untuk memprotes apartheid (sistem pemisahan ras antara kulit putih dan kulit hitam yang saat itu diberlakukan oleh pemerintah Afrika Selatan). Banyak di antara anak-anak sekolah tersebut yang kemudian menjadi korban karena diberondong senapan polisi.

Sementara itu, tahun 1994 merupakan tahun ketika warga negara Afrika Selatan dari segala ras, baik kulit putih maupun kulit hitam, memberikan suara mereka untuk pertama kalinya dalam pemilu demokratis pemerintahan post-apartheid. Oleh karena itu, tanggal 16 Juni dan tahun 1994 dipandang sebagai simbol perubahan besar di Afrika Selatan.

Pesta akbar Piala Dunia digelar di Afrika Selatan pada tahun 2010, tepat 16 tahun sejak Afrika Selatan meraih demokrasi. Dengan kata lain, Zakumi merupakan duta besar dari seluruh harapan, mimpi, dan aspirasi rakyat Afrika Selatan. Lantas, seperti apakah Zakumi? Zakumi ialah macan tutul jantan dengan rambut gimbal berwarna hijau. Ia memiliki senyum yang lebar. Zakumi adalah macan tutul yang penuh semangat, vitalitas, senang bersosialisasi, percaya diri, ambisius, dan tentunya menyukai sepak bola. Itulah gambaran dari Zakumi – maskot resmi Piala Dunia 2010.

Slogan Zakumi ialah ‘Zakumi: the mascot with an attitude’ (Zakumi: maskot beretika). FIFA mendeskripsikan karakter Zakumi sebagai macan yang lincah, ramah, petualang, dan spontan. Singkatnya, Zakumi adalah sosok kawan yang cerdas.

Satu lagi, Zakumi mempunyai kecenderungan untuk membesar-besarkan sesuatu. Dengan kehangatannya, Zakumi merupakan simbolisasi Afrika Selatan dan keseluruhan benua Afrika. Zakumi selalu membawa bola, sebagai tanda kecintaannya pada sepak bola. Ia juga selalu mengundang orang untuk bermain bola dengannya. FIFA menyatakan, prioritas Zakumi adalah untuk menjadikan ajang Piala Dunia 2010 sebagai satu pesta besar berskala internasional yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Zakumi ingin menciptakan suasana yang menggairahkan untuk para fans di Piala Dunia 2010 yang pertama kali digelar di tanah Afrika. Zakumi sangat bangga dengan Afrika Selatan, dan ingin meyakinkan dunia untuk datang bersama dan bersatu di Afrika Selatan.

Desain fisik dan rancangan kostum Zakumi diproduksi secara eksklusif di Afrika Selatan. Awalnya, sejumlah perusahaan Afrika Selatan diminta untuk mendesain maskot Piala Dunia 2010 yang bisa mewakili Afrika Selatan dan seluruh Afrika sebagai satu kesatuan. Maskot tersebut harus mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam.

Setelah melalui proses eliminasi bertahap, FIFA akhirnya memutuskan untuk menggunakan desain milik perancang Cape Town, Andries Odendaal. Kostum Zakumi sendiri diproduksi oleh Cora’s Costume di Boksburg, sebelah timur Johannesburg. Cora’s Costume merupakan perusahaan milik Cora Simpson yang telah 22 tahun malang-melintang di bidang pembuatan kostum. Cora’s Costume jugalah yang merancang desain terkenal untuk figur kartun asal Amerika Serikat seperti Bugs Bunny dan burung Tweety.

Pria di balik proses kreatif Zakumi adalah David Mbewe. Ia telah bekerja dengan Cora’s Costume selama 20 tahun. Setelah meneliti dan memilih campuran kain dan warna yang tepat, ia dan para asistennya lantas merancang kostum Zakumi. Bukan pekerjaan yang mudah.



referensi : www.jekethek.blogspot.com

Posting Komentar

3 Komentar


  1. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    BalasHapus

  2. Thank you so much for the info, very interesting information we wait for the next update ^^
    Obat polip kandung empedu tanpa operasi

    BalasHapus

  3. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa