Adsense

Fontboard For Arabic Writing

Fontboard adalah software yang akan memudahkan kita dalam menulis bahasa arab. Kalau secara default (QWERTY), sehabis kita menginstal font Arabic di windows, susunan bahasa arab pada keyboard boleh di kata kacau balau alias acak-acakan. Coba saja ketik A, maka yang akan keluar bukan huruf alif. Nah, agar efektifnya penggunaan software ini dan ketika Anda mengetik huruf A keluar alif, B muncul Ba, T muncul Ta, dan lain sebagainya sebagai abjad arab, maka software ini sangat kita perlukan. Software ini sangat berguna untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi islam. Sebelum menginstal software fontboard ini pastikan anda telah menginstall font Arabic di windows Anda, caranya : Pertama Masukkan CD Windows XP, selanjutnya masuk Ke Control Panel, pilih date, time, language, and regional options – Regional and language Option sampai muncul jendela pengaturan, kemudian klik language, maka akan keluar kotak dialog sebagai berikut :




Check List pada Install Files for complexs script and right-to-left languages. Klik apply. Proses instalasi bahasa arab akan berlangsung. Restart Computer Anda dan setelah itu, silahkan install software fontboard.

Kemudian masuk kembali ke Control Panel – Date, time, language, and regional options – Regional and language Option. Kemudian pada tab languages, klik Details, maka akan kotak dialog sebagai berikut :



Klik add, akan keluar jendela baru. Pada Input language, silahkan pilih Arabic (terserah Anda mau pakai negara apa), yang penting pada Keyboard layout / IME pilih Arabic ASDF (boleh eastern, boleh juga western). Klik OK dan fontboard arabic siap Anda gunakan.

Silahkan buka software pengolah kata, semisal openoffice writer atau Ms. Word. Perlu di ingat..! Untuk mengatur pilihan bahasa, silahan pilih pada language bar. EN berarti tulisan latin, AR berarti tulisan bahasa arab. Dan untuk melihat urutan atau aturan letak tulisan arab lihat pada penjelasan softwarenya di start – all programs – fontboard – Arabic ASDF Keyboard.

Tertarik? Silahkan download software fontboard pada link download di bawah ini. Semoga Bermanfaat. Salam Blogger

LINK DOWNLOAD SOFTWARE FONTBOARD



Posting Komentar

14 Komentar

  1. Kalo saya biasanya langsung pake alquran buat ms word. Sebenarnya didalamnya berisi surat2 dalam alquran tapi, kita juga bisa memakainya untuk menulis dengan huruf arab.

    BalasHapus
  2. BOle juga..Mas di coba!
    saia jg pake Alqouran for ms Word, seperti Bung Seno

    BalasHapus
  3. Aduh, aku belum pernah nyobaaa... Soalnya selama ini belum pernah ada kebutuhan untuk bikin bahasa Arab via kompy... Thanks infonya yaa :)

    BalasHapus
  4. wahh makasih share nya kang :) moga makin ngetop deee :) :thumbsup:

    BalasHapus
  5. keknya di kompi ku udah ada font arabicnya,
    makasih ya infonya...

    BalasHapus
  6. tank's untuk sofwarenya, kunjung ke blog saya ya...

    BalasHapus
  7. ini pantes buat yang kerjanya di MAN atau MTs atau Departemen Agama... soalnya banyak nulis arabnya dibanding nulis latin...

    BalasHapus
  8. wah bagus juga, siapa tau suatu saat butuh juga meskipun sekarang belum :)

    BalasHapus
  9. Mantep foel...download dulu ah...

    BalasHapus
  10. macem2 aja software jaman sekarang...... tapi nice post..... numpang teriak dech woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    BalasHapus

  11. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa