Adsense

Blogger For Word

Sejak dunia blogging mulai ramai, salah satu penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis yang kita kenal adalah Blogger. Situs Web yang telah diambil alih oleh Google ini dapat diakses oleh ribuan bahkan jutaan orang. Lewat blogger kita bisa mengekspersikan dan mengkreasikan diri serta berbagi ilmu pengetahun dan dapat menjalin persahabatan. Anda bisa langsung membuat blog, bikin tulisan, dan “menerbitkannya”, tanpa harus menunggu konfirmasi dari pimpinan Surat Kabar atau media cetak seperti pada koran - koran dan tabloid pada umumnya.

Untuk pendaftaran, Anda memang harus online. Akan tetapi, untuk menulis Anda tidak perlu online agar bisa menghemat biaya ber-Internet. Cara yang paling sederhana adalah dengan menulis blog dulu di penyunting teks, seperti Notepad atau Microsoft Word, secara offline. Kalau sudah selesai, baru online, kemudian buka situs Web layanan blog, login, lalu copy-paste hasil tulisan yang ada di penyunting teks. Trik manual ini pas buat blogger yang harus menggunakan jasa warnet.

Teknik diatas sebut saja cara manual. Cara yang akan dijelaskan berikutnya kita sebut dengan cara otomatis. Dan ini pas buat yang suka ngeblog tapi akses internetnya terbatas. Tulisan tetap dibuat secara offline. Online-nya baru nanti, setelah tulisan selesai dibuat.

Cara otomatis ini menggunakan Microsoft Word. Tapi, bukan sembarang Microsoft Word, melainkan Microsoft Word yang sudah dilengkapi dengan add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari bloggerforword. Ukuran paket instalasinya kecil, hanya berukuran 2 MB.

Cara pemakaiannya bisa diringkas seperti ini. Setelah Blogger For Word di-install, toolbar Blogger akan muncul pada Microsot Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa, tetapi jangan online dulu, offline saja. Kalau tulisan sudah selesai, nyalakan koneksi Intenet, lalu publish deh.

Nah, cara detailnya seperti ini :
  1. Klik [Add-Ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Insert], [Page Layout], dan lain-lain.
  2. Klik [Blogger Settings], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke Blogger. Klik [OK].
  3. Ketikkan isi blog di dalam Word. Kalau sudah selesai, online-lah. Kemudian, klik [Publish].
  4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Klik [Send]. Selesai.

Dengan trik ini Anda dapat membuat banyak draft dari tulisan Anda dengan tidak melakukan 'pemborosan' waktu dan Anda pun masih dapat mengoreksi tulisan Anda tanpa harus buru - buru di kejar waktu atau karena kondisi jaringan yang pas-pasan. Semoga Bermanfaat.


Sumber: PCplus

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Nice trik.. thanks for sharing....

    BalasHapus
  2. nice post bro............ manthafffffffff...... tapi ane bisa minta tolong gak bosssssss.......

    BalasHapus
  3. bagi yg pengen ngirit internet ehehhee

    BalasHapus
  4. oh bisa ya spt itu...oke juga nih infonya

    BalasHapus
  5. mesti ditelaah satu-satu neh hmmm step by step hmmm

    BalasHapus
  6. Wah ..terlambat aku bacanya ... sebuah tip berhemat yang cerdas nih

    BalasHapus
  7. mantap Seklai, tip yang sangat bermanfaat.
    memang benar sekali, khususnya bagi para bloger yang ingin berhemat dalam nulis di blognya, ini adalah tips yang tepat. karena kadang-kadang kalo nulis di blog langsung kadang-kadang kalo koneksinya lagi lemot sering buat jegkel..
    Stop Dreaming Start Action

    BalasHapus
  8. Bagusn infonya :)
    Tapi kalau langsung posting begitu, format2 yg ada di word bakal ke ikut gak ya? apalagi kalo pake word 2007, banyak bgt tuh format nya.
    takutnya bentuk dan ukuran fontnya jadi aneh gak?

    BalasHapus
  9. boleh juga nich infonya, bisa menghemat budget inet ;))

    BalasHapus
  10. terima kasih tipsnya...
    tips yang bermanfaat...
    karena menghemat pengeluaran tuh perlu bangedh..

    BalasHapus
  11. ada ga software kayak xamp, yang kalo dah buat posting tinggal upload aja (xamp kan buat wp). ada ga software yg kayak gitu buat blogspot??

    BalasHapus

  12. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa