Adsense

Offline Promotion Blog

Mempopulerkan website atau blog di internet bukan pekerjaan ringan dan asal - asalan. Butuh kematangan konsep dan teknik serta strategi yang matang, karena secara tidak langsung kita akan bersaing dengan jutaan webmaster dari seluruh penjuru dunia. Siapa juga yang ngga ingin blognya populer, pasti semuanya pengen jadi yang ter dan ter. Kita sudah cape – cape buat blog, trus sepi banget ngga ada pengunjung, kan lucu...

Jurus yang paling ampuh dan banyak di tempuh para webmaster adalah dengan mempromosikan website atau blog secara online. Yang mempromosikan blog secara offline pun ngga sedikit, tapi dari sekian banyak yang menggunakan teknik ini masih banyak yang merasa pesimis dan pasti beranggapan teknik ini kurang berhasil.

Bukan karena isi situsnya kurang menarik tapi karena teknik promosi yang disajikan kurang racikannya, sehingga menimbulkan rasa rendah diri dan ogah – ogahan.

Mengapa Promosi offline dipandang perlu? Karena tidak semua pengguna internet paham dengan bagaimana menggunakan search engine untuk menemukan alamat website kita dan tidak semua orang memiliki waktu dan kesempatan yang cukup untuk mencari – cari sebuah URL.



Demi sebuah kesuksesan dalam mempromosikan blog Anda, dan mengingat kegiatan promosi tidak mengenal istilah “cukup”, semoga tips – tips di bawah ini dapat membantu Anda mempromosikan website secara off line, walau di nilai agak sedikit gokill.


  1. Buatkan stiker untuk kenderaan pribadi kita. Misal, mobil atau motor. Atau setiap aksesoris yang sering kita gunakan, misal gitar atau tas. Kita gunakan stiker dengan warna kontras yang mengundang perhatian. Dengan mendesain sendiri stikernya atau minta bantuan yang ahli bagi yang ngga tahu membuatnya.
  2. Sablonlah kaos dengan URL blog Anda pada bagian belakangnya atau bagian yang mudah dilihat orang banyak. Dengan memadukan warna yang kontras juga tentunya. Misal, kaos Anda berwarna hitam, kita cetak atau bordir dengan tinta atau benang warna putih atau kuning. Selain kaos, jaket dan topi juga dapat Anda modifikasi buat mempromosikan blog Anda.
  3. Buatkan semacam tanda tangan dalam template SMS dengan URL blog Anda. SMS yang selalu terkirim ke sahabat – sahabat atau orang terdekat pasti akan selalu di sertai dengan URL blog kita. Apalagi kalo sering sering kirim SMS Lucu, siapa tahu SMS kita di forward ke orang lain. Dalam 1 hari, minimal 10 orang yang mendapatkan SMS yang menyertakan sign URL kita, dalam 1 bulan sudah 300 orang yang sudah tahu keberadaan blog kita.
  4. Buatkan wallpaper untuk Handphone atau Komputer Anda dengan melampirkan tulisan URL blog. Siapa tahu ada yang ingin minjam komputer atau handphone kita, trus langsung kecantol sama URL link dan menanyakan lebih lanjut tentang URL tersebut.
  5. Tulis URL blog Anda pada pintu depan rumah atau pagar. Dan selipkan di setiap poster dan gambar yang ada dalam ruangan rumah Anda. Minimal 1 untuk setiap ruangan. Kalo perlu untuk kamar mandinya juga di pasang stiker kecil pada cerminnya. Atau tulis URL di depan kamar kos untuk Anda yang sedang hidup di kos – kosan seperti aku. Hehehe...
  6. Blogger kawula muda, pasti banyak yang punya kebiasaan coret – coret tembok atau dinding. Bukannya merestui kalo perbuatan itu terpuji. Dari pada Anda menuliskan kata – kata jorok, mendingan tuliskan deh URL blog kita. Pasti orang sekampung dapat melihatnya.
  7. Sering – seringlah aktif dalam organisasi, walau hanya 1 organisasi saja. Dan sering – seringlah buat kegiatan atau event program, trus masuk kepanitiaaan. Langsung deh, minta promosikan acara tersebut lewat blog Anda. Dan ketika acara tersebut diiklankan di radio atau TV lokal, pasti deh URL blog kita akan di sebutkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan tersebut.
  8. Ceritakanlah ke 10 teman disaat senggang tentang keberadaan blog Anda, plus kontennya, dimana dan kapan saja, dan akhiri percakapan dengan teknik menggantung biar mereka penasaran. Kalo beritanya menarik, target promosi website dari mulut ke mulut dapat dengan cepat menarik banyak pengunjung. Ini adalah teknik tradisional dan aset yang besar.
  9. Buka setiap percakapan di telepon Anda dengan menyebutkan URL blog, ibarat sebuah agen khusus yang ingin memberikan solusi dari setiap permasalahan. Misal, hallo.. blablabla.blogspot.com di sini, ada yang bisa saya bantu?
  10. Sisipkan penyebutan URL Anda pada setiap penukaran cendera mata atau ucapan terima kasih, walau hanya sekedar basa basi. Paling pas ini di selipkan pada Kartu Cendera mata atau Kartu Privacy Anda. Kartu sederhana yang di desain sendiri. Ngga perlu terlalu lengkap isinya, yang penting URL dan deskripsi blog Anda sangat jelas.


Segala macam cara dapat di tempuh untuk mendapatkan sebuah popularitas website, sepanjang itu ngga mengganggu ketenangan orang lain, ya sah – sah saja. Anda pun tinggal memilih kesepuluh tips diatas, mana yang ingin di coba dan pas dengan latar kehidupan dan aktifitas Anda. Ada saran sedikit nih, untuk memilih URL blog, sebaiknya menggunakan URL yang mudah di ingat. Percuma deh Anda promosikan website secara off line jika URL nya susah untuk di ingat.

Misal :
- akupengen-cobangeblog.blogspot.com
- diaryharianku-online.wordpress.com
- pengenberbagiduit-010479.com

Pasti susah deh untuk di ingat – ingat. Apalagi menyertakan angka angka, makin membingungkan orang. Gunakanlah URL yang singkat dan tepat serta sedikit unik, demi sebuah kesuksesan Anda. Selamat mempromosikan website atau blog. Ada yang ingin menambahkan teknik promosi di atas? Bagaimana menurut Anda?


(Artikel Kontes Blog Hakimtea.com)
http://ifoell.blogspot.com

Posting Komentar

8 Komentar

  1. wah, thx banget infonya mas.
    -
    tapi kalau asal corat-coret ditembok gitu, image blog kita bisa jelek. kan sandingannya kata-kata jorok yang telah ada dari dulu

    BalasHapus
  2. Wew..
    Harus seperti itu ya mas..
    Promosi online dan offline..
    Thx infoe ya mas..
    Hehehe.. ;)

    BalasHapus
  3. Saya dah coba bikin sticker, bro. Hehehe...

    BalasHapus
  4. hehehhe aku mo buat stiker dengan tulisan "attayaya.com" bagus ga ya?
    cuma duitnya kurang

    BalasHapus
  5. wah...., bole juga ni e usulnya...., tapi lok mau promosi blog secara gratis bisa ke tempatku..., bisa pasang iklan baris secara gratis tanpa daftar....

    BalasHapus
  6. Mengenai off line promotion ini memang kalo aku blom pernah jalani.. ribet aja sih

    BalasHapus

  7. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    BalasHapus


  8. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    BalasHapus

Stop Komentar SPAM
Berkomentarlah dengan Sopan
Salam Anak Bangsa