28 March 2009

BAHASA DUNIA CHATING

Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia internet, Chating merupakan salah satu yang paling banyak di minati selain dunia blogging, tak mengenal faktor usia, karakter, latar belakang pendidikan, job dan lain - lain, chating masuk bagai menghipnotis ribuan penggunanya. Fasilitas Yahoo Messenger (YM) dan mIRC makin mendukung Fenomena ini. Di tambah lagi dengan perkembangan teknologi ponsel keluaran terbaru yang boleh untuk chating, dengan menggunakan Aplikasi Chating Mobile yang laris manis, Handphone Blackberry, dll. Chating di gunakan oleh jutaan orang, dan ribuan organisasi, untuk berkomunikasi, berbagi, bermain dan bekerja dengan satu sama lain pada jaringan di seluruh dunia. Internet melayani masyarakat selama lebih dari satu dekade, hal ini memungkingkan kita lebih berkembang menjadi maju.


Efek dari menjamurnya chating ini, munculah satu rumus bahasa resmi dalam dunia chating. Entah siapa yang memulainya, bahasa ini secara alamiah di sepakati oleh para maniak chating tanpa harus menunggu kaidah - kaidah dan aturan dari pakar - pakar bahasa. Ini salah satu fenomena betapa besar dan kuatnya pengaruh chating di Dunia Internet

Penasaran gimana bentuknya satu kaidah bahasa dalam dunia chating? Berikut ini ada beberapa kata - kata yang sering digunakan dalam chating. Pasti sebagian besar orang sudah tahu dan mungkin ada diantaranya yang anda belum tahu.


Abt : singkatan dari about (tentang).

ASAP : singkatan dari as soon as possible yang artinya secepat mungkin

Asl : singkatan dari age, sex, location, ini untuk menanyakan usia, jenis kelamin, dan lokasi. Contoh : 18/m/yk.

ATM : singkatan dari at this moment

B4 : singkatan dari before.

BF : singkatan dari boyfriend.

BTW : singkatan dari by the way (ngomong2) digunakan jika akan beralih ke topik yang lain.

GF : singkatan dari girlfriend.

CU : singkatan dari see you.

DND : singkatan dari do not disturb yang artinya "Jangan Ganggu"

DYK : singkatan dari do you know yang artinya "Kau tahu"

F2F : singkatan dari face to face. berhadap - hadapan

FOB : singkatan dari f**k off bitch.

GBU : singkatan dari God bless you.

Gtg : singkatan dari go to go digunakan untuk menyudahi percakapan.

H&K : singkatan dari hug and kiss.

HAND : singkatan dari have a nice day.

IDC : singkatan dari I dont care. Aku tak peduli

ILU : singkatan dari I love you. Aku Cinta kamu

IMU : singkatan dari I Miss you. Aku Rindu kamu

IS : singkatan dari I am sorry.

JK : singkatan dari just kidding. bercanda

Myb : singkatan dari maybe. Mungkin

OIC : singkatan dari oh I see.

Pls : singkatan dari please (tolong). Biasanya satu frase dengan asl pls.

Sry : singkatan dari sorry.

Thx : singkatan dari thank you.

U2 : singkatan dari you too.

U1 : singkatan dari you the first, yaitu bila kita menginginkan lawan chatting menjawab lebih dulu.

WAY : singkatan dari who are you .

WU : singkatan dari what's up?

Y? : singkatan dari why?

?4U : singkatan dari question for you.


Ini yang sekedar aku ketahui, Ada yang ingin menambahkan..? Silahkan ditambah pada kotak komen ya? Oh iya, bagi yang belum memiliki Aplikasi chating di handphonenya, Silahkan Anda download Aplikasinya di sini. Chat With Me di minoritasPLUS untuk berbagi informasi dan menjalin persahabatan. Aku tunggu ya..?

55 komentar:

wah banyak amat...saya tau cuma dikit

sayangnya aku kurang hobi chating...

boleh copas gak? bisa jadi bahan utk cerpen nih. tks ya.

Wah,sayang saya gak hobi chatting tuh.. Tapi lucu juga bacanya..

ga suka chattingan bang Ifoel...
jadi ga bisa bagi2 info... sorry

Referensi baru tuk chatting neh....makasih Bro...

hohohoho, seef lah, soalnya saya masih gaptek sama bahasa chating, ada yang bilang TTDJ, malah saya menafsirkannya sebgai artis :D

nice info....
sharing bahasa chating...
ini deh tambahannya (yg aku tahu)

4U : Untukmu
HWE : Hepi Week End
INU : I Need U
LGDMN : Lagi dimana
U2U : Up to You
IDLI : I Dont Like It

thx b4

sippp..sippp... raja chating situ ye..??
OL (On Line) sama BW (Blog Walking) terlewatkan bang... hehehhe.. :-)

@ David : ada YM ngga..?? adding di minoritasPLUS ya..?? teng kyu...
@ Gadis Rantau : yah.. di hobbi-hobbikanlah non.. hehehehe... kidding...
@ Fanny : OK deh Fan.. Silahkan.....
@ Ajeng : wah.. sama nih sama mba kristin.. ngga hobbi chating
@ Bunda : gpp deh bunda.... just sharing aja..
@ IjoPunk : teng kyu... sama2.. kalo punya YM adding di YM ku ya..??
@ JONK : hahahahahha.. Titi DJ (hati-hati di jalan) dan Titi Kamal (Hati-hati kalau malam).. xixixixixi
@ Anonim : Thx masukannya.. siapa pun Anda..salam kenal aja.. kok ngga ada link..??
@ SIP-R : siiiippp bang... ok deh thx.. situ yg rajanya chating...

iyo neh... ud lama ga pke asl/plz hehehhee...
jd keingat pertama knal chating,..

oww gitu yah?? lucu2 juga yah..tapi sekarang jarang chating nih

kalau JK sama dengan Just Kidding,
Klau SBY-JK apaann yaahhhh....
Btw, gak terbiasa chatting gituhhh... koneksi internetnya terbatas.

Emang tuh, penting banget pake bhs chatting, biar g klamaan ngetiknya he.he..

Coba kalo gue suka chating,,,
paasti seru nih

oh ya buat semuanya, jangan lupa liat blog aku ya!

Nice info Foell, maaf baru menjenguk nih abang

Selamat, anda mendapatkan award dari saya, lihat di blog saya :
www.anungcamui.blogspot.com

Cocok buat aku yang cupu dalam chit chat hehehe...
Maklum newbie huhuhu...thank's.

IMO : In My Opinion
SWT : Sweat (Cape deh ..)

Apalagi ya .. hmm

heheheh...jaman baru kenal chat sich sering banget ngapalin kata2 aneh dan singkatan. sekarang malah udah nggak lagi

Wah baru tau nie banyak bgt singkatan di chat...soalnya yang aku tau cuma asl sama Btw aja hihihihi...aku coba ah ntar kalo chat..

hehe, kok ada beberapa yang saya gak tau ya... agak asing :D

wah, aku baru tahu nih. kuper....he...he... thx

wooohh bnyak jg ya ternyata...
slama ini cuma tai BTW ama THX haha

banyak amat ya..ada juga kang ifoel..LOL
laugh out loud..artinya ngakak guling guling hehehe thanks postinganya, lumayan nambahin kosakata..

asik... jd tambah gaul ni saya..

Wah, masih kurang sekaleee nih Mas...aku punya list nya yg banyak soalnya..hehehhe....
IMHO this post very usefull...CMIIW...GBU :D

makasih infonya ni. main ya ke gudang hikmahku di http://newmasgun.blogspot.com/

inget jadul saat tebar pesona di Mirc

Bahasa sebagian familiar...sebagian baru tau diriku

OTW = On the way ... lagi jalan

wooooooiiiiiiiiiiiii...... ngetes aja...

Mau nambahin satu bang ifole...
HMSDB = Habis Manis Sempah Di Buang
trims..... :D

@ Blendunk's Blog : ohh.. jadi skrg ngga ngchat lagi ya..??
@ atca : heheh..sipp... gpp kok.. g ada yg maksa bunda rus chating.. hehehe :-)
@ Munawar : hehe.. kalo SBY-JK yah presiden ma awpres dong.. xixixixixi
@ Seno : iya bang.. kalo da YM adding di minoritasPLUS ya..??
@ Antaresa : wah.. berarti ngga pernah chating nih y? sipp, pasti berknjung balik deh.... thx knjungannya
@ Abang : gpp bang.. enjoy aja....
@ Anungcamui : Thanks atas awardsnya... sippp.. nanti aku jemut ya awardsnya
@ Arie : teng kyu bang...
@ Permata Jayanta : thanks masukannya.. thx dah berbagi..
@ INdira : cos blogging jadi lupa chating deh.. hehehehe
@ Reza Fauzi : silahkan di baca kalo blum tau :-)
@ Maskuncoro : :-)
@ RIP666 : Btw, lagi ngapain, thx ya.? hehehe, kan taunya hanya btw ma thx...
@ Mama HIlda : thank atas tambahan kosa katanya juga bunda....
@ IJal : heheheh....
@ Septian : wah.. sharing disini aja freind... bagi2 dong infonya...
@ gsyah : sippp.. ntar deh ke blog kamu.. thx knjungannya...
@ Miss Anna : hehehe.. doyan mIRC juga ternyata.. pelajari deh apa yg belum tau n bagi2 info disini tuk kosa kata yg Mba Anna ketahui.. :-)
@ Anonym : teng kyu masukannya..
@ INdra : hehehehe... teng kyu..

ASL please....
wakakakak... jadi inget jadul..dah lama gak buka Mirc

Wehehehehe,,, iya mas,,,, bahasa seperti ini dipakai dan disepakati begitu aja....

wah banyak banget koleksi ejaan chatnya. tak tambahin ya BBM : Blog Biru Muda *hallah *tampar eros

bener Mas Ifoel, saya prihatin atas kejadian yang menimpa sodara2 di gintung.

wakakakakakak!!! kalo aku kok jarang ya pake singkatan2 gitu, suka mengabsurbkan informasi wakakakkaak!! atau akunya aja yang dudut pol wakkakakakak!!

hehehe... jd inget jaman2nya suka chating, mesti kenalan pertaman ASL PLS hehehe... terus U1= kamu duluan

skrg jarang chating hehe...gak kek jaman muda dlu hehehe

hehehe koq jaraaaaaaaang banget nemu yg begituan yah bahasanya, apa karena pd gak gaul kali yah yg diajakin chatting juga:p

Hallo..wah berguna banget nih infonya...hebat lo

hmmm bisa dibikin kamus khusus

@ Sibaho : heheheh..ternyata doyan mIRC juga ya bang...
@ BlagaBloger : iya deh.. entah siapa penemunya, mpe skrg blu mjelas.. :-)
@ aR_eRos : hehehe gue pikir Bahan Bakar Minyak... :-)
@ Seno : :-) Yo'i mas.. memprihatinkan....
@ Senoaji : ngga masalah deh bang.. yg penting rajin mengetik yg lengkap2 aja kalimat chatingnya.. hehehe
@ Mba Lyla : ooohhhhh.... jadi bernostalgia nih mba.. hehehee...
@ Namaku Wendy : bukan masalah gaulnya or ngga..?? tergantung org yang kita ajak chating :-)
@ Romantic Lover : teng kyu... :-)
@ Attayaya : hehehe bisa aja lo sob.... :-)

Artikelnya bagus dan menarik, asik ni buat dibaca-baca..
hehehe..
mantab nih blognya.. =)

ngomng2 silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan berkomentar ria ya, soalnya BLOG HEBOH make sistem Dofollow

Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
Di tunggu yah kedatangannya,.

http://blogheboh.blogspot.com/

@ Rendy : ok deh, ntar ke tempat Anda... Salam Kenal balik n thx atas knjungannya...

klo wkwkwkkwkwkwkwkkwk
artinya apa bos?
hehehehehehe
lam kenal ya bro

ternyata lengkap juga tuh kamus
CU..he..eh,langsung praktek

@ Doel : kali aja bebek lagi mandi ya..?? xixixixixixixi, eh.. kalo tuh apa ya? hehe.. Slam Kenal Balik..
@ Nyante aza lae : teng kyu bro.... :-)

yang lagi mau jual kebun sengon mau bagi info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon bagi yang suka bertani

PHD = Pemberi Harapan Palsu..

Post a Comment

Informasikan ke Teman

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More