Hari ini :


Patriotisme 23 Januari 1942

Hari ini, Masyarakat Gorontalo kembali merayakan Hari Kemerdekaan, Hari Patriotik 23 Januari. Dimana masyarakat Gorontalo telah memproklamirkan Kemerdekaan Gorontalo tiga tahun sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945. Peristiwa ini pula - dan peristiwa patriostisme lainnya - yang kemudian mengantar Nani Wartabone dianugerahi Pahlawan Nasional pada 10 November 2003. Nama Nani Wartabone memang jarang terdengar di luar daerahnya, namun di Gorontalo, cerita kepahlawanannya tidak pernah surut hingga saat ini.


Bagi masyarakat Gorontalo. tanggal 23 Januari I942 dikenang sebagai momentum yang sarat nilai historisnya. Bila anda bertanya pada mereka, kapan proklamasi Kemerdekaan Indonesia, bisa jadi mereka yang sudah lanjut usia terutama yang tinggal di pedalaman akan berkata tanggal 23 Januari 1942, bukan 17 Agustus 1945. Mengapa demikian? Karena pada tanggal 23 Januari 1942 itu, Nani Wartabone bersama masyarakat memproklamirkan Kemerdekaan Gorontalo, bebas dari penjajahan. Bersamaan dengan itu mereka mengibarkan Sang Saka Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Perjuangan ini menjadi tonggak kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo, sekaligus membawa spirit yang sama, tidak saja bagi daerah-daerah sekitar secara sporadis, lebih dari itu, memberi inspirasi dalam perjuangan meraih kemerdekaan di Nusantara.

Peristiwa heroik 23 Januari 1942 - yang dikemudian menjadi hari kemerdekaan Gorontalo - menunjukkan bahwa masyarakat Gorontalo di bawah pimpinan Nani Wartabone tidak saja memiliki semangat patriotisrne, pengibaran bendera Merah Putih dan dinyanyikan lagu Indonesia Raya saat itu menonjolkan pula jiwa nasionalisme. Atas kepeloporannya itu, pemerintah Republik Indonesia menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional Perintis Kemerdekaan kepada Nani Wartabone.

Pada tanggal yang sama, 58 tahun kemudian, 30.000 masyarakat Gorontalo mendeklarasikan berdirinya Provinsi Gorontalo di Gelanggang Olah Raga 23 Januari 1942 di Telaga, Gorontalo. Upaya merealisasikan deklarasi ini berlangsung alot melalui serangkaian lobi dan perjuangan di Jakarta oleh Hj. (Haji) Roem Kono dan didukung Ketua Umum Lamahu Hi.Rahmat Gobel.

Setahun kemudian, hasil dari perjuangan masyarakat Gorontalo yang tidak kenal lelah baik di daerah maupun di perantauan,. berbuah manis dengan ditetapkannya secara definitif Provinsi Gorontalo melalui Undang-Undang Nomor 38 tahun 2000. Pada tanggal 16 Februari 2001 Menteri Dalam Negeri berkenan meresmikan Provinsi Gorontalo sekaligus melantik Tursandi Alwi sebagai Pejabat Gubernur. Setahun kemudian, Ir. Fadel Muhammad terpilih menjadi Gubernur Pertama Provinsi Gorontalo.

Pengen tahu bagaimana sejarah lengkap perjuangan Rakyat Gorontalo dalam merebut kemerdekaan? Silahkan Anda download E-booknya di sini

BANGSA YANG BESAR ADALAH
BANGSA YANG MENGHARGAI JASA - JASA PAHLAWANNYA


Referensi : Gorontalo.blogdetik.com

37 komentar:

  1. Prosesnya lama banget ya, masih banyak pahlawan2 terlupakan atau bahkan dilupakan.

    ReplyDelete
  2. wah kalo untuk gorontalo aku kenal, dia salah satu tempat yang menerapkan keuangan daerah yang bagus dalam kalo tidak salah menjadi peringakat 1 se indonesia yah, wah sungguh luar biasa perjuangan masayakat yang tak kenal menyerah untuk perluasan daerah yah kang

    ReplyDelete
  3. semoga perjuangan itu tidak berhenti dan berkelanjutan sampai tujuan yang diharapkan...

    ReplyDelete
  4. terus terang baru kali ini saya denger nama nani wartabone. mungkin juga krn baru diangkat sbg pahlawan nasional th 2003 saat saya udah lama meninggalkan bangku sekolah. siswa2 sekarang mungkin udah pd tau ya. thanks infonya

    ReplyDelete
  5. whew...tambahan ilmu buatku, baru tahu aku klo ada yg memproklamirkan merdeka sebelum 17 agustus 1945.

    ReplyDelete
  6. Ngintip Mas Ifoel he..he.. hidup Gorontalo

    ReplyDelete
  7. wah info nya bagus boss...hidup gorontalo

    ReplyDelete
  8. koq kayanya gak pernah ada di pelajaran sejarah terdahulu yah, kalo sekarang gemana? uff harusnya ada donk, kan bagian dari Indonesia juga:)

    ReplyDelete
  9. makasih mas...jadi tau nihh..tambah wwasan ttg sejarah gorontalo.

    ReplyDelete
  10. Nani Wartabone, trims telah memberi informasi tentang pahlawan dari Gorontalo ini. Jujur saja saya belum pernah dengar.

    Ternyata begitu banyak Pahlawan yang tulus memperjuangkan membela tanah air dengan menguras air mata, darah bahkan berkorban nyawa.

    ReplyDelete
  11. selamat ultah buat gorontalo, moga sukses terus. sekarang katany lagi dikembangkan budidaya jagung, dna hasilnya luar biasa. sukses buat gorontalo

    ReplyDelete
  12. Patriotisme merupakan sikap yang mesti dipupuk sepanjang zaman. Saatnya para pemimpin kita lebih menekankan nilai ini kepada diri sendiri dan yang dipimpinnya...

    ReplyDelete
  13. Waaah bagus nih postingannya, jadi tahu sejarah daerah lain...

    ReplyDelete
  14. nah ini nih yang jarang, review tentnag sejarah dan kepahlawanan.. hehe..

    ttp semangat deh!! salut buat jasa2 para pahlawan

    ReplyDelete
  15. Iya Mas Iffoel, bingung mo posting apa jadi posting kutil he.he...

    ReplyDelete
  16. Saya baru tahu neh kalo di Gorontalo, pada 23 Januari I942, diproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Apa hal ini udah masuk buku sejarah di SD yah?

    ReplyDelete
  17. Menarik sekali, menambah pengetahuan sejarah perjuangan rakyat.

    ReplyDelete
  18. pahlawan - pahlawan seperti itu lah yang seharusnya mendapat penggahrgaan ter tinggi ..

    ReplyDelete
  19. Selamat hari jadi Gorontalo.
    Semoga semangat perjuangan para pahlawan Gorontalo tak pernah padam

    ReplyDelete
  20. Selamat untuk Gorontalo.
    Semoga semangat juang yang tersurat dalam sejarah
    menjadi peletup nasionalisme generasi muda.

    Viva...!!!!

    ReplyDelete
  21. Info yang bagus
    HIDUP GORONTALO!!!
    mana daerah2 yang laen nie bang?
    masa cuman gorontalo aja yang di review :p

    ReplyDelete
  22. hayoh saatnya anak cucu nya nih yg berkarya

    ReplyDelete
  23. wew..wew...baru tau anna info ene....informative bgt bro....

    ReplyDelete
  24. Semoga tambah maju kota Gorontalo

    ReplyDelete
  25. Wah saya baru tahu nih ..
    Lagu kebangsaan itu liriknya sama seperti yang dikumandangkan pada 17 agustus 45?
    coba dunlut ebooknya ah
    Nice post!

    ReplyDelete
  26. Zaman sekarang banyak Pahlawan kesiangan foell ..bener gak?

    ReplyDelete
  27. sueer bro..dq blum pernah "kenal" dekat dengan Pahlawan Nasional Nani Wartabone, trims dah bagi info dengan ebooknya.. Mari kita lanjtkan perjuangan dan cita-cita beliau

    ReplyDelete
  28. mas ifoel salam kenal tah,...

    mantap pisan ini postingan ne!!

    ReplyDelete
  29. Mas Ifoell ini bener-bener anak bangsa yang sudah paham betul silsilah dan sejarah perjuangan bangsa kita...
    Saya sendiri jujur katakan tidak begitu memahami sejarah gorontalo, dan dari artikel ini saya menjadi tahu nih....
    Makasih artikelnya mas Ifoell...

    ReplyDelete
  30. To SUBHAN : Salam KEnal Balik..
    To Yophan : Wong saya orang Gorontalo kok.. jadi bisa tahu... kalo sejarah daerah lain, masih blum tahu nih.. hehehehe

    ReplyDelete
  31. hebat, emang indonesia penuh dengan orang orang yang patriotis, hidup Gorontalo, hidup Indonesia!!! merdeka!!

    ReplyDelete
  32. semoga perjuangan pahlawan terdahulu ga disia2kan oleh generasi penerus ya bang

    ReplyDelete
  33. wah... baru tau nih sejarahnya... maap nih ketinggalan berita. saya lagi kumat nih penyakitnya hehehe...

    ReplyDelete

  34. thanks for all the bloggers for the advice may be useful especially for me personally, generally for all of us, I hope we all launched online business

    Amin .....................
    pengobatan gondok beracun alami

    ReplyDelete


  35. nice article thanks to reading your article to my knowledge has increased and hopefully this article can be useful for everyone :)
    Cara mengobati amandel yang bengkak dan sudah parah

    ReplyDelete

Stop SPAM Comments